Honda Bangun Pabrik Khusus Mobil Listrik di China, Mulai Produksi 2024!

by  in Berita&Honda&International
Honda Bangun Pabrik Khusus Mobil Listrik di China, Mulai Produksi 2024!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah bukan rahasia lagi kalau elektrifikasi menjadi tren baru di dunia otomotif, terlepas pada pro dan kontra yang mewarnai perkembangannya. Oleh karenanya, hampir semua pabrikan otomootif besar di dunia mulai melangkahkan kaki mereka ke segmen ini. Ada yang terang – terangan, ada juga yang malu – malu namun sebenarnya mau. Nah, kali ini, kabar muncul dari pabrikan asal Jepang, yaitu Honda. Baru – baru ini, Honda meresmikan rencana pembangunan pabrik baru di China, dan pabrik ini akan khusus memproduksi mobil listrik saja, Yuk kita bahas.

Bangun Pabrik Khusus EV di Wuhan

Honda Motor (China) Investment Co., Ltd. sebagai anak perusahaan Honda di kawasan China baru saja mengumumkan bahwa Dongfeng Honda Automobile Co., Ltd., akan membangun pabrik produksi kendaraan khusus untuk kendaraan bertenaga listrik (EV). FYI, Dongfeng Honda sendiri merupakan salah satu dari 2 Joint Venture Honda di China, selain Guangqi Honda. Tujuan Honda membangun pabrik khusus EV ini adalah untuk membangun sistem dan kemampuan produksi yang memadai sebagai persiapan untuk memperluas jajaran mobil EV di masa depan. Kasarnya, fasilitas ini akan menjadi modal awal Honda untuk bersaing serius di segmen EV. Pabrik EV khusus milik Honda ini akan dibangun di Zona Pengembangan Ekonomi yang berada di kota Wuhan di Provinsi Hubei, China. Yap, kalian tentu tidak asing dengan nama Wuhan kan. Fasilitas produksi ini akan memiliki ukuran lot 630.000 m2, dan kapasitas produksi tahunan dasar sebanyak 120.000 unit. Honda pun memiliki rencana untuk memulai produksi massal EV di pabrik ini pada tahun 2024 mendatang.

Pabrik ini akan dirancang sebagai pabrik dengan fungsi yang efisien dan cerdas yang mampu memproduksi EV dari proses awal hingga akhir. Pabrik baru di Wuhan ini akan melakukan proses lengkap untuk memproduksi EV, termasuk proses stamping, pengelasan, pengecatan, perakitan, dan inspeksi kendaraan secara lengkap. Pabrik ini nantinya juga akan berusaha mencapai tingkat otomatisasi terdepan di industri otomotif, terutama di area perakitan. Jadi, terlihat bahwa Honda akan mengerahkan semua resources-nya untuk pabrik mobil listrik ini. Selain itu, pabrik EV tersebut akan secara proaktif mengejar inisiatif keberlanjutan. Yang artinya, pabrik ini akan memanfaatkan sumber energi terbarukan seperti tenaga surya. Hal ini dilakukan supaya pabrik ini bisa mencapai realisasi netralitas karbon, penggunaan air daur ulang dan langkah-langkah konservasi sumber daya lainnya serta pengurangan emisi Volatile Organic Compounds (VOC), sumber utama polusi udara. Jadi, Honda berkomitmen bahwa yang ramah lingkungan bukan hanya mobil produksinya saja, namun juga pabrik perkaitan dan juga proses produksi di dalamnya. Kasarnya, dari hulu ke hilir dipastikan akan ramah lingkungan.

Produksi Model Apa?

Lalu, mobil listrik apa yang akan diproduksi oleh Honda di pabrik perakitan ini? Nampaknya belum ada informasi resmi terkait rencana model apa yang akan diproduksi. Apakah Honda e yang akan diproduksi? Memang saat ini nama Honda e menjadi satu – satunya mobil listrik murni yang dipasarkan massal. Namun, bukan berarti mobil ini yang akan diproduksi. FYI, Honda sendiri sudah mencanangkan rencana untuk memperkenalkan 10 model mobil listrik di China melalui Dongfeng Honda dan Guangqi Honda. Kasarnya, jikalau 1 JV memiliki 1 model, dan model yang serupa dimiliki JV lain, maka setidaknya akan ada 5 model mobil listrik baru di China dalam 5 tahun ke depan. Hadirnya pabrik perakitan EV di China ini juga nampaknya sejalan dengan visi Honda yang disampaikan oleh CEO mereka, Toshihiro Mibe, tahun lalu. Honda memiliki niatan untuk menjadikan seluruh line up mereka menjadi mobil listrik pada tahun 2040 mendatang. Yap, 18 tahun lagi. Dan ini merupakan ambisi yang cukup berani.

Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: