GIIAS 2017 : Inilah Nissan Note e-Power di Booth Nissan Indonesia

GIIAS 2017 : Inilah Nissan Note e-Power di Booth Nissan Indonesia
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz – Nissan Indonesia rupanya punya kejutan buat kita. Diam-diam ternyata mereka sedang mempersiapkan sebuah mobil baru untuk dipamerkan di gelaran Auto Show bertaraf international, Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017 atau biasa disingkat GIIAS 2017 yang akan berlangsung Kamis, 10 Agustus lusa. Mobil di bawah ini adalah sosoknya, dan itu bukan sembarang Nissan Note, melainkan Nissan Note e-Power.

Basisnya ya jelas Nissan Note, yang notabene merupakan hatchback Nissan yang masih punya hubungan darah dengan Nissan Livina yang sudah lama wara-wiri di Indonesia. Nissan Note e-Power ini beda dengan Nissan Note biasa, terutama tampilannya yang dilengkapi gril warna biru di depannya. Beda warna gril doang? Tidak juga, soalnya jika Nissan Note biasa pakai mesin bensin atau diesel, ini pakai mesin plug-in hybrid yang cara kerjanya mirip Fisker Karma.

Bagaimana sistemnya? Well, dia memakai mesin listrik yang mendapat tenaga dari baterai dan mesin bensin 1.200 cc berkode HR12DE yang sudah kita kenal baik di Nissan March. Normalnya, kita akan menganggap mesin bensinnya itu akan memutar roda via girboks manual atau otomatis, tapi rupanya tidak demikian. Yang bertugas memutar roda adalah baterai dan mesin listriknya, sementara mesin HR12DE milik Nissan Note e-Power hanya bertugas sebagai genset.

Jadi, sekalinya mesin listriknya sudah kekurangan tenaga baterai, mesin bensin akan aktif dan bertindak sebagai genset, sebab ia akan menghasilkan tenaga listrik tambahan untuk menjadi asupan energi bagi baterai dan mesin listriknya. Alhasil, secara konsep penggerak sebenarnya Nissan Note e-Power ini adalah mobil listrik, tapi punya genset 1.200 cc berbahan bakar bensin, dan ini beda total dengan Nissan Leaf yang 100% mobil listrik.

Namun jika Nissan Leaf hanya bisa bergantung pada colokan listrik PLN (terlepas adanya opsi panel surya kecil), Nissan Note e-Power tidak hanya bergantung pada listrik PLN, namun juga bisa mengandalkan bahan bakar fosil kala butuh energi listrik tambahan. Tolong catat, Note ini hanya buat dipamerkan saja bersama Nissan Bladeglider, tidak untuk dijual. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: