First Impression Review Suzuki Address FI [Galeri Foto]

by  in IMOS 2014&Review&Suzuki
First Impression Review Suzuki Address FI [Galeri Foto]
0  komentar

Suzuki Address review kelebihan dan kekurangan versi Indonesia by AutonetMagzAutonetMagz.com – Ketika mendatangi gelaran IMOS 2014 di JCC Senayan, sebetulnya kami agak kecewa, sebab di hampir semua booth, tak ada motor yang diselubungi kain sebelum pameran resmi dibuka. Kami sempat berkesimpulan bahwa tak ada peluncuran motor baru di pameran ini, hanya sebatas pameran biasa dan penampilan motor konsep serta display saja. Untungnya, ada secercah harapan di booth Suzuki, sebab kami melihat beberapa motor yang diselubungi kain putih, yang berarti akan ada launching motor baru dari merek berlogo S ini.

Benar saja, Suzuki Motor Indonesia menggunakan kesempatan ini untuk memperkenalkan Suzuki Address yang digadang-gadang sebagai penerus skutik mereka, Nex. Dengan harga OTR Jakarta 13,89 Juta rupiah, Suzuki mengatakan bahwa Address memiliki sejumlah kelebihan dibanding kompetitor lainnya di kelas skutik 110 cc injeksi. Penasaran apa saja yang ditawarkan oleh motor yang mejeng duluan di Intermot 2014 Jerman ini? Yuk kita kupas tuntas motor ini.

Desain Suzuki Address

Sebagai penerus Nex, Suzuki sama sekali tidak meninggalkan jejak desain Nex pada bodi Address, malah kami merasa motor ini agak mirip dengan Yamaha Mio J.

Lampu depan ori Suzuki Address 110 cc

Ubahan dari desain depannya dibanding Nex ada di lampu depannya yang kini pindah posisi ke setang, layaknya Mio J atau motor bebek lainnya.

Lampu sein dan senjanya dibuat menyatu, dengan porsi lampu sein yang lebih besar agar terlihat jelas saat lampu yang berguna untuk isyarat belok ini diaktifkan.

Bentuk desain motor skutik Suzuki Address 110 injeksi

Bila dibandingkan dengan Honda Vario 110 FI, kami merasa garis desain tampak depan motor ini sedikit lebih tajam, namun desain tajam ini masih kurang serasi dengan bentuk headlamp yang cenderung biasa. Sebenarnya tidak terlalu masalah sih, karena ini kembali ke selera masing-masing.

Dilihat dari samping, skuter ini masih terlihat kompak dan tidak terlalu gemuk seperti Honda Spacy. Ini menjadi poin plus bagi kita yang sering berjibaku di kemacetan.

Harga Suzuki Address 110 injeksi skuter matik injection

Sebenarnya, motif stripping yang diberikan Suzuki kepada Address tidak berkesan norak, tapi kami lebih suka tampilan Suzuki Address versi Eropa yang mejeng di Intermot 2014, karena tampil polos tanpa sticker striping, hanya ada logo Address di bodi samping belakang.

Bagi anda penggemar MotoGP, khususnya tim Suzuki, ada Suzuki Address edisi MotoGP dengan balutan stiker ala livery GSX-RR yang keren.

Motor Suzuki Address dengan striping ala MotoGP Suzuki

Lampu belakang motor ini dibuat melancip dengan lampu rem di tengah dan lampu sein di kanan dan kirinya dengan mika transparan. Spakbor belakangnya juga cukup panjang, dengan harapan motor ini tidak akan terlalu banyak mencipratkan air ke pengendara di belakang ketika dibawa saat hujan.

Desain lampu dan body belakang Suzuki Address

Knalpot Suzuki Address juga sudah dilengkapi cover yang sporty, lalu behelnya diberi warna silver. Secara keseluruhan setelah memeriksa kualitas pengerjaan dan bahan dari skutik terbaru Suzuki ini, kami menilai build quality motor ini sangat rapi.

Address menggunakan pelek 14 inci 5-spoke berwarna hitam dengan ban berukuran 80/90 di depan dan 90/90 di belakang, sama seperti Vario dan Spacy.

Cover knalpot skuter matik Suzuki Address

Skutik ini juga dilengkapi rem cakram di depan dan teromol di belakang. Urusan bobot, Address memiliki berat 97 kilogram, yang berarti lebih ringan 2 kilogram daripada Spacy namun masih lebih berat 2 kilogram dibanding Vario, apalagi dibandingkan dengan Mio J yang paling ringan, hanya 92 kilogram saja.

Rem cakram depan Suzuki Address

Spidometer Address memiliki tata letak yang nyaman untuk dilihat, tapi desain font dan aksen spidometernya sendiri menurut kami cenderung simpel dan jauh dari kata sporty secara visual. Kami menganggap kalau Vario 110 FI masih memiliki desain font dan lingkar spidometer yang lebih sporty dibandingkan dengan Address .

Suzuki Address 2015 speedometer fitur

Fitur Suzuki Address

Untuk bersaing di segmen skuter matik Indonesia yang sangat besar pangsa pasarnya, Suzuki tak lupa meningkatkan daya saing Address dengan sejumlah fitur. Contohnya, Address dilengkapi dengan Shutter Key bermagnet untuk menutup lubang kuncinya dari tangan-tangan jahil yang tak bertanggung jawab.

Tapi kunci pengaman ini tak langsung menutup otomatis meski posisi kunci telah di Lock dan kuncinya anda cabut, jadi masih harus ditutup secara manual.

Suzuki Address dengan fitur kunci pengaman magnet

Selain itu, kunci Address bisa berfungsi sebagai tombol pembuka jok ketika kita ingin mengambil sesuatu di bagasi atau mengisi bensin. Tapi sebenarnya Address belum selengkap Vario yang dilengkapi dengan fitur Answer Back System yang cara kerjanya mirip alarm mobil, yang akan membuat motor berbunyi saat kita menekan sebuah tombol. Padahal fitur ini cukup berguna saat kita lupa di mana kita memarkir motor ini.

Headlamp motor ini akan langsung menyala berbarengan dengan hidupnya mesin motor, itulah alasannya kenapa kita tidak menemukan tombol untuk mengaktifkan headlamp di area setang sebelah kanan maupun kiri.

Suzuki Address injeksi auto headlight on AHO fitur

Sayangnya, headlamp motor ini masih terlihat kalah canggih dari Vario 110 FI terbaru yang kini telah dilengkapi lampu LED.

Fitur brake lock untuk rem belakang sangat membantu saat kita berhenti di tanjakan dalam jangka waktu yang lama. Dengan ini, kita tak perlu berlama-lama menarik tuas rem dan membuat jari kita pegal dan lelah, dan mencegah motor nyelonong mundur di tanjakan.

Suzuki Address 110 FI parking brake fitur

Sayangnya, fitur side stand switch masih absen di motor ini seperti halnya Suzuki Nex. Cukup mengejutkan, mengingat fitur safety tersebut sudah jadi standar di kompetitornya.

Di depan pengendara, ada sepasang kantung dengan kapasitas masing-masing 500 ml dan 600 ml, cukup untuk menaruh botol air mineral ukuran kecil. Diantara kedua kantung itu, ada sebuah pengait yang mampu menggantung beban hingga seberat 1,5 kilogram.

Kotak penyimpanan storage Suzuki Address

Oh ya, Suzuki menempatkan aki Address di bawah headlamp, persisnya di antara lampu sein dan kantung depan. Ini membuat kelistrikan Address tetap aman meski kita harus melewati jalanan yang tergenang air cukup tinggi.

Tangki bensin Address memiliki kapasitas yang besar. Dengan kemampuan menampung hingga 5,2 liter bensin, Address unggul 1,5 liter dari Vario yang hanya berkapasitas 3,7 liter ataupun Mio GT dengan kapasitas 4,8 liter, namun masih kalah 0,3 liter dari tangki Spacy yang bisa menampung 5,5 liter bensin.

Kapasitas bagasi Suzuki Address

Nah, di dekat tangkinya ini ada bagasi yang sangat luas untuk ukuran skuter matik 110 cc. Jika menurut anda bagasi Vario terbaru yang 13 liter sudah lega, atau anda bangga dengan bagasi Spacy yang 18 liter, siap-siaplah gigit jari. Address memiliki bagasi sebesar 20,6 liter, dan ini adalah kapasitas terbesar di kelasnya. Helm full face pun bisa masuk dengan mudah dan masih ada sedikit ruang untuk menaruh sarung tangan atau kotak kacamata anda.

Bagasi Suzuki Address muat helm full face dan tas berisi laptop 14 inci

Menurut kami, pengetesan dengan helm full face mungkin terlalu mainstream. Maka dari itu, kami menggunakan sebuah tas berisi laptop 14 inci untuk dimasukan ke dalam bagasinya. Hasilnya? Tas ini mampu disimpan dengan baik dan jok masih bisa ditutup dengan normal. Tapi tidak disarankan menaruh laptop di dalam bagasi ketika berkendara, karena selain suhu panas dari mesin, guncangannya pun dikhawatirkan bisa merusak laptop.

Ergonomi Suzuki Address

Saat dinaiki oleh tester dengan tinggi badan 178 cm dengan kaki yang agak panjang, Address masih tergolong nyaman untuk dikendarai. Suzuki juga mengklaim bahwa floor board Skutik ini lebih lega dari kompetitor. Namun faktanya, ketika saya menaiki motor ini dengan sepatu olahraga yang umumnya berukuran besar dengan ukuran 43 ke atas, ujung depan dan belakang sepatu saya akan mentok, tapi sepertinya tak akan masalah jika kita menggunakan alas kaki lainnya.

Riding position Suzuki Address posisi mengemudi skutik

Ergonomi motor ini juga masih nyaman, termasuk dari segi kenyamanan posisi setang dan posisi berkendara ideal, baik bagi pengendara maupun pembonceng. Joknya pun tergolong tebal meski bagasinya luas, padahal kami kira bagasinya yang luas akan mengorbankan ketebalan jok. Dengan ini semua, sepertinya Address tidak akan membuat kita cepat lelah dalam berkendara, khususnya untuk jarak jauh.

Mesin Suzuki Address

Suzuki masih menggunakan mesin yang sama dengan Suzuki Nex untuk digunakan oleh Address, yaitu mesin 113 cc SOHC berpendingin udara dan sudah mengadopsi Fuel Injection. Alasan penggunaan mesin ini cukup logis, sebab selain untuk mengurangi biaya produksi, mesin SOHC memiliki keunggulan di bobot yang lebih ringan daripada mesin DOHC.

Menurut spesifikasi mesin standar Suzuki Nex, mesin ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 9,4 PS dan torsi 8,7 Nm, tapi Address memiliki torsi lebih baik di angka 9,1 Nm. Lebih besar daripada Spacy yang hanya 8,67 PS dan 8,89 Nm, Mio GT yang ada di angka 7,75 PS dan 8,5 Nm atau Vario dengan 8,52 PS dan 8,72 Nm.

Sticker striping MotoGP livery Suzuki Address injeksi

Dengan rasio kompresi 9,4 : 1 , kami menyarankan penggunaan bensin dengan nilai oktan minimal 90 bila anda ingin performa dan efisiensi terbaik dari motor ini.

Di atas kertas, nilai power-to-weight ratio (PWR) Address lebih unggul dibanding Vario maupun Spacy. Coba saja dihitung perbandingan tenaga dan bobotnya, Address menghasilkan angka 0,096 PS/kg, lalu Vario ada di angka 0,089 PS/kg dan Spacy 0,087 PS/kg, sementara Mio GT menjadi yang terbelakang dengan 0,084 PS/kg. Dengan nilai PWR besar, diharapkan akselerasi Address bisa lebih baik dari kompetitornya.

Suzuki mengklaim bahwa Address bisa menempuh jarak 53 kilometer untuk setiap liter bensin. Bila klaim tersebut benar, maka jika dihitung secara matematis, Address siap menempuh jarak sejauh 275,6 kilometer dari kondisi tangki penuh sebelum harus isi bensin lagi.

Mesin Suzuki Address FI injection engine

Sebagai gambaran, figur ini sangat cukup bila kita ingin berangkat dari Bandung dengan kondisi full tank ke Jakarta lalu pergi lagi ke Bogor tanpa harus mampir ke SPBU untuk beli bensin sesampainya di Bogor. Cukup menarik bukan?

Kesimpulan

Setelah meneliti motor ini, kami menilai Suzuki telah berhasil mengatasi beberapa kelemahan yang dimiliki Nex saat mereka membangun Address. Dibandingkan kompetitornya seperti Yamaha Mio J, Honda Vario dan Honda Spacy, kapasitas bagasi Address layak dibanggakan oleh Suzuki untuk mengangkat motor ini sebagai skutik yang praktis. Mesin Nex juga memiliki value yang lebih dibanding motor lainnya, terutama dari segi performa dan klaim konsumsi BBM yang menggiurkan bagi konsumen.

SPG IMOS 2014 Suzuki Angels

Namun ada baiknya Suzuki memperhatikan kekurangan Address pada sejumlah fitur yang mungkin cukup vital, seperti side stand switch dan shutter key yang langsung menutup lubang kunci saat kunci dilepas, mengingat fitur-fitur keamanan tersebut juga menjadi nilai jual yang tak kalah penting.

Dengan harga jual OTR Jakarta sebesar 13,89 juta Rupiah serta pilihan warna merah dan biru, Suzuki Address adalah pilihan terbaik bagi konsumen yang menginginkan skuter dengan kepraktisan tinggi namun tidak memiliki bodi gemuk seperti Honda Spacy, apalagi performa dan efisiensinya terdengar menjanjikan.

Review Suzuki Address FI injeksi 2015 dari IMOS 2014

Belum lagi Suzuki Indonesia akan mengekspor skuter matic ini ke pasar Eropa, Australia dan Jepang, sehingga kita tak perlu sangsi akan kualitas Suzuki Address yang jadi motor global ini. Siapa sangka bila Suzuki Address yang nanti akan wara-wiri di Inggris ternyata buatan Tambun, Bekasi?

Sampaikan komentar anda mengenai skutik ini di kolom komentar!

What we like :

  • Bodi lebih proporsional daripada Nex namun tetap compact
  • Bagasi sangat luas, terbesar di kelasnya
  • Posisi aki tinggi
  • Kapasitas tangki BBM besar
  • Nilai power-to-weight ratio sangat baik

We don’t like :

  • Tidak ada fitur side stand switch
  • Shutter key tidak langsung menutup saat kunci dicabut
  • Desain headlamp kurang selaras dengan bodi
  • Baru tersedia warna merah dan biru saja, warna lainnya masih harus menunggu, termasuk versi MotoGP Edition
Read Prev:
Read Next:
  • hanip

    Sepertinya motor ini akan cocok bagi mahasiswa yang ogah menggendong laptop di punggungnya saat berangkat kuliah, mengingat biasanya laptop 14 inci cukup berat, ==> ngawur nih .. bukan untung tapi laptop yang bermasalah krn bagasi dekat ruang mesin yang artinya suhu bagasi bisa diatas 35 derajat C & ditambah macet_macetan, suhunya bisa naek lagi ..

    • AutonetMagz

      Terima kasih koreksinya.

      Betul juga, kasihan laptopnya. Penulis terlalu bersemangat, yang dimaksud saking leganya bagasi Address, tas berisi laptop 14 inci pun bisa masuk.

      Tapi ya betul, sebaiknya laptop tidak disimpan dibagasi selama perjalanan, selain panas, guncangannya bisa merusak laptop.

    • tim

      Apalagi klw laptopnya lebih mahal dri motornya…

      • hanip

        laptop alienware :v

  • Maman

    keren nih suzuki, motornya masuk juga ke pasar eropa, brarti standarnya udah gak usah ditanya lg salut dech!

  • gtrr35

    Paket kepraktisan lengkap dari suzuki address di kelasnya:
    bagasi luas
    bobot ringan
    body ramping
    mesin irit
    Performa dipercaya baik melihat performa suzuki nex lalu pun sudah sangat baik di kelasnya.
    tinggal modelnya saja masih kurang stands out.

  • anis_wn

    Satu lagi ttg built quality spasi. Punya OB di kantor ane, plastik hitamnya (bag blkg dasbor) masih cakepan skywave 2008 ane, padahal umur beda jauh. Glitter di SW juga sampe skrg masih ‘nyala’, lho. Padahal ya gak dirawat banget2.
    Kalo Address ini glitternya manteb banget. Terkesan mewah. Semoga gak beda kualitas dgn SW.
    Oiya, warna putih ready dlm waktu 2 minggu.

  • Tommy Haryadi

    Secara keseluruhan menurut saya OK lah, cuma kapasitas mesinnya kecil ya, cuma 113cc. Kalau 125cc pasti keren bgt tuh. Kira2 bisa gak ya diakali pakai seher dan setang sehernya spin?

  • oye

    g lagi2 beli suzuki r2….!!!
    kapok….!!!
    beli merk y ma h aj…!!!
    pengalaman pribadi…

  • gondes

    lirik sana lirik sini, honda atau yamaha, eh ternyata ada alternatif lain buat nggantiin metic istri yang sudah mulai menua ^^

  • Gus Sis

    Selamat dan sukses buat suzuki address. Semoga suzuki juga membuat yang 2Helm In (bagasinya muat 2 helm) seperti suzuki nex di taiwan. Aku tunggu, saya salah satu penggemar sepeda motor matic bagasi besar.

  • Feelza

    Menarik, kualitas eropa, pasti bagus sekali…saya berminat sekali. Sayang, ga ada fitur SSS nya. Ga jadi deh, pilih Vario aja yang ada SSS nya.
    Buat Suzuki rombak lagi dong, tambahin SSSnya.

  • Tommy Haryadi

    Kenapa ya saya belum melihat satupun Suzuki Address yg wira wiri di jalanan2 kota Madiun? Apa promosinya kurang gencar? Sedangkan Yamaha Mio 125 M3 dan all new Vario 125&150 cc udah mulai banyak tuh bersliweran di jalana2 kota Madiun. Mohon dibalas. Trims.