First Impression Review Mini Cooper 2014 Dari Bangkok Motorshow

First Impression Review Mini Cooper 2014 Dari Bangkok Motorshow
0  komentar

Review MINI Cooper S 2014#BangkokMotorShow2014, #AutonetMagz – Indonesia kali ini keduluan dari Thailand meskipun Indonesia mendapatkan unit New BMW X5 2015 lebih cepat dibandingkan di Thailand. Jelas saja, karena di Bangkok anda tidak begitu sulit untuk menemukan Mini Cooper di jalan raya, disana mobil ini cukup laris lho, lebih laris daripada di tanah air. Mini Cooper baru saja mendapatkan ubahan major change yang membuat mobil ini semakin besar dibandingkan dengan versi sebelumnya, Beruntungnya AutonetMagz dapat melihat mobil ini live dari Bangkok Motor Show 2014.

Grille MINI Cooper S

Dari segi eksterior, kami melihat MINI mencoba mengembalikan aura klasik dari MINI Cooper dengan menggunakan elemen-elemen grille, lampu, bumper yang lebih kental nuansa klasiknya dibandingkan model sebelumnya. Mungkin ketika pertama kali melihat mobil ini melalui gambar akan terlihat aneh, namun ketika melihat secara langsung, mobil ini tampak lebih manis.

Di Thailand, Mini Cooper tersedia dalam 3 pilihan model mulai dari MINI Cooper, MINI Cooper S dan MINI Cooper D yang memiliki mesin diesel, di negara gajah putih ini mesin diesel berkembang lebih cepat dibandingkan dengan Indonesia. Untuk spesifikasi lebih lanjut sepertinya kita butuh penerjemah Bahasa Thailand, karena di Bangkok Motor Show hanya menyediakan bahasa lokal saja (nanti akan di update).

Projection headlam MINI S

Jika anda pengagum detail, maka tidak perlu meragukan detailing Mini Cooper terbaru ini, bahkan jika dibandingkan dengan Mini Cooper sebelumnya yang sudah memiliki detailing unik, maka model terbaru ini dibuat lebih unik lagi, lihat saja headlight depannya yang di desain cantik lengkap dengan LED DRL (Daytime Running Light) melingkar.

Front fascia MINI Cooper S

Untuk varian Mini Cooper S, kita akan mendapatkan tampilan yang lebih sporty pada bagian bawah bumper yang dilengkapi dengan dua buah air intake dengan finishing chrome yang lebih sporty meskipun terlihat seperti aksesoris. Okay, menurut kami bagian ini mungkin satu hal yang kurang dari Mini Cooper S terbaru.

MINI Cooper tahun 20142014 MINI Cooper

2014 MINI Cooper S2014 MINI Cooper S

Bentuk belakang dari MINI Cooper 2014 terlihat lebih luas, lebih lega dan lebih simpel. Memang secara dimensi mobil ini lebih besar dibandingkan dengan model sebelumnya, dan itu terlihat jelas dari bodi belakangnya.

Doortrim MINI Cooper 2014

Buka pintu mobil ini dan… hmmm… frameless door tetap masih dipertahankan pada generasi terbaru ini, dan untuk bentuk door trim, jika anda hanya memperhatikan secara sekilas, mungkin anda tidak akan merasa bahwa door trim MINI Cooper terbaru ini sama persis dengan varian sebelumnya, nyatanya jika kita bandingkan secara apple-tp-apple sungguh jauh berbeda.

Jok MINI Cooper 2014

Varian MINI Cooper S, anda akan mendapatkan jok yang lebih sporty dengan model semi bucket seat berbahan kulit hitam yang sedikit keras jika diduduki, khas mobil Eropa. Posisi mengemudi masih nyaman, nyaris tidak ada perbedaan dibandingkan model sebelumnya.

Interior MINI Cooper S 2014Speedometer MINI Cooper 2014

Model dashboard mobil ini jauh berbeda dibandingkan dengan MINI sebelumnya, kini dibuat lebih manusiawi dengan panel speedometer di balik kemudi (varian sebelumnya ditengah) dan tombol-tombol dashboard yang dibuat lebih besar untuk memudahkan. Sayangnya kami tidak begitu banyak mengambil gambar interior karena cahaya yang kurang bagus menyebabkan grain pada foto.

Controler iDrive ala BMW kini menjadi lebih besar, lebih mudah digunakan dan tentunya memiliki interface yang lebih menarik. Bahkan ketika memegang controler ini kami merasa fitur ini “iDrive” banget.

Dashboard MINI Cooper 2014

MINI memberikan dashboard yang lebih simpel dengan sebuah layar membulat besar dibagian tengah dashboard. Lucunya meskipun bundar, ternyata layarnya tidak membulat seperti yang anda bayangkan, masih kotak dengan haris lurus pada sisi atas dan bawahnya, namun yang menarik pada bagian lingkarannya memiliki lampu LED yang warnanya dapat berubah sesuai dengan mode berkendara.

Bagasi MINI Cooper 2014Finishing dan detailing bagasi MINI Cooper 2014

Bagasi belakangnya tentu bertambah luas, di bawah bagasi masih ada storage yang cukup besar karena MINI 2014 ini menggunakan ban berteknologi Run Flat Tyre yang juga digunakan oleh BMW, sehingga tidak perlu lagi menyediakan ban serep.

Kesimpulan kami dari MINI Cooper terbaru ini, kami merasa MINI Cooper mencoba membuat mobil yang lebih nyaman, lebih manusiawi namun tetap mempertahankan unsur-unsur seni dan nilai estetis seperti sebuah MINI Cooper classic di MINI terbaru ini. Kami sangat mengapresiasi produsen dalam memberikan kemudahan-kemudahan yang akan anda dapatkan di MINI Cooper baru ini jika dibandingkan dengan varian sebelumnya, namun masalah desain mungkin kembali ke selera masing-masing, jika prediksi kami benar, rasanya kehadiran MINI Cooper terbaru tidak akan terlalu berdampak terhadap harga jual varian lama. Gimana, nunggu hadir di Indonesia terus menukarkan dengan MINI lama anda? 😀

AutonetMagz melaporkan langsung dari gelaran Bangkok Motor Show 2014. Nantikan artikel deep review kami selanjutnya!

Read Prev:
Read Next:
  • nikko

    Waaah. Kayaknya mini nih mobil pertama dengan desain dual pipe knalpot di bemper depan…. manstab