Daihatsu Move Custom 2015 Wajahnya Mirip Alphard Mini

by  in Daihatsu&Mobil Baru
Daihatsu Move Custom 2015 Wajahnya Mirip Alphard Mini
0  komentar

Daihatsu Move 2015 city car mirip Alphard baruAutonetMagz – Mungkin desainer Daihatsu dihasut oleh desainer Toyota yang bisa secara bebas membuat desain revolusioner dan kontroversial, salah satunya adalah Toyota Alphard terbaru yang wajah depannya menimbulkan kontroversi. Alih-alih ingin menciptakan mobil seperti Toyota Alphard, namun karena Daihatsu lebih fokus untuk membuat mobil kecil dan selalu bermain aman dalam hal desain, mungkin akhirnya desainer Daihatsu membuat Daihatsu Move Custom baru seperti Alphard versi mini yang masuk kedalam kategori Kei Car.

Dari depan, mudah sekali kita mengatakan bahwa desain depan mobil ini Alphard banget, lihat saja lampu depannya, tarikan garis LEDnya, dan tarikan bumper bawahnya  yang membentuk huruf X secara tidak langsung seperti Alphard 2015. Hanya saja Daihatsu tidak mengikuti grille aneh Alphard terbaru dan menggantinya dengan grille berbilah chrome horizontal sebanyak 4 buah, lebih aman dan proporsional menurut saya.

Daihatsu-Move-Custom-Jepang

Meskipun Daihatsu mencoba membuat tampilan depannya mirip dengan garis desain Alphard, namun ketika kita melihat bagian belakangnya justru sama sekali tidak mirip dengan Toyota Alphard. Karena Kei Car harus memberikan ruang yang lega dan panjang mobil kurang dari 3,4 meter, terpaksa Daihatsu mendesain bagian belakang mobil ini seperti Daihatsu Sirion yang menabrak tembok ketika mundur. Yap, bagian belakangnya rata dan tegak seperti papan triplek.

Tapi tidak masalah sebenarnya mengingat pemiliki Kei Car sudah sangat mentolerir bentuk mobil mereka yang kotak-kotak agar mendapatkan interior yang sangat lega. Begitupula dengan kompetitornya yang sama-sama berbentuk seperti kotak amal masjid ditambah 4 buah roda agar mudah digeser-geser saat kotbah Jum’at berlangsung.

Daihatsu Move mirip dengan wajah Toyota Alphard baru

Mobil kecil umumnya selalu dipandang sebelah mata dari sudut pandang safety dan kelengkapan fitur. Namun jika anda berpikir demikian, tentunya anda salah besar. Karena mobil ini memiliki fitur yang sangat lengkap, bahkan bisa mempencudangi Toyota Fortuner sekalipun yang jauh lebih besar dan memiliki kasta lebih tinggi.

Daihatsu Move Custom tipe tertinggi sudah dilengkapi dengan teknologi kekinian. Sebut saja 6 buah airbags, hill start assist, stability control, traction control dan autonomous brake yang bisa mengerem otomatis dibawah 30 kilometer perjam baik saat maju maupun mundur. Lucunya lagi, fitur autonomous ini justru belum ada di Toyota Alphard, eh di adik tirinya malah ada!

Daihatsu menyebut paket fitur keselamatan yang ada di mobil mereka dengan nama D’s Technology Smart Assist agar lebih kekinian, seperti halnya Mazda yang menyebut paket teknologi keselamatan aktif mereka dengan nama i-Activsense biar lebih kece di lidah.

Daihatsu-Move-Custom-instrumen

Masuk ke dalam interior Daihatsu Move Custom ini juga sama seperti eksteriornya yang tampil futuristik, hal ini lagi-lagi diluar kebiasaan Daihatsu yang lagi-lagi selalu bermain aman. Mulai dari tarikan garisnya yang tidak biasa, aksen-aksen dashboard yang mendetail dan instrumen seperti speedometer, panel ac dan head unitnya terasa mewah, mungkin cocok kalau mobil ini dibilang memiliki interior layaknya Alphard mini.

Mobil ini juga sangat praktis untuk dipakai sehari-hari, pintunya bisa dibuka hingga 90 derajat, konfigruasi kursinya sangat fleksibel dan bisa dibuat menjadi tempat tidur, bagasinya bisa dibuat menjadi lebih dalam, headroom dan legroom mobil ini sangat besar dan tidak lupa tempat penyimpanannya juga sangat banyak. Sayangnya pintu belakangnya tidak dibuat electric sliding door agar lebih mirip dengan Toyota Alphard.

Daihatsu-Move-Custom-Dashboard

Daihatsu Move Custom ini tidak sendiri, karena varian non custom yang memiliki wajah lebih culun ini juga tersedia dengan harga yang lebih murah. Mobil ini dibanderol dengan harga mulai dari 1.4 juta Yen hingga 1.7 juta Yen untuk tipe tertingginya. Sedangkan untuk model Daihatsu Move standar tanpa embel-embel custom dijual dengan harga mulai 1.1 juta hingga 1.4 juta Yen. Cukup signifikan bedanya ya dari segi harga.

Sebagaimana Kei Car umumnya, mobil ini tentu saja tidak akan masuk ke pasar Indonesia. Sayang sekali mengingat mobil ini bisa menjadi pelipur lara bagi mereka yang bercita-cita untuk memiliki Toyota Alphard, ya kalau belum mampu beli Alphard, minimal kamu bisa Move On ke Daihatsu Move Custom. Hehehe…

Read Prev:
Read Next:

Ridwan Hanif Penulis sekaligus pecinta dunia otomotif, kadang-kadang suka ngebut walaupun hanya pada saat jalanan sepi, paling benci dengan kemacetan Jakarta tetapi enggan untuk pindah keluar kota. Soal irit-iritan konsumsi BBM jangan ditanya, dia jagonya... Maksudnya jago ngabisin bensin... Hehehe | twitter: @ridwanhr