Daihatsu Move Custom 2015 Wajahnya Mirip Alphard Mini

by  in Daihatsu&Mobil Baru
Daihatsu Move Custom 2015 Wajahnya Mirip Alphard Mini
0  komentar

Daihatsu Move 2015 city car mirip Alphard baruAutonetMagz – Mungkin desainer Daihatsu dihasut oleh desainer Toyota yang bisa secara bebas membuat desain revolusioner dan kontroversial, salah satunya adalah Toyota Alphard terbaru yang wajah depannya menimbulkan kontroversi. Alih-alih ingin menciptakan mobil seperti Toyota Alphard, namun karena Daihatsu lebih fokus untuk membuat mobil kecil dan selalu bermain aman dalam hal desain, mungkin akhirnya desainer Daihatsu membuat Daihatsu Move Custom baru seperti Alphard versi mini yang masuk kedalam kategori Kei Car.

Dari depan, mudah sekali kita mengatakan bahwa desain depan mobil ini Alphard banget, lihat saja lampu depannya, tarikan garis LEDnya, dan tarikan bumper bawahnya  yang membentuk huruf X secara tidak langsung seperti Alphard 2015. Hanya saja Daihatsu tidak mengikuti grille aneh Alphard terbaru dan menggantinya dengan grille berbilah chrome horizontal sebanyak 4 buah, lebih aman dan proporsional menurut saya.

Daihatsu-Move-Custom-Jepang

Meskipun Daihatsu mencoba membuat tampilan depannya mirip dengan garis desain Alphard, namun ketika kita melihat bagian belakangnya justru sama sekali tidak mirip dengan Toyota Alphard. Karena Kei Car harus memberikan ruang yang lega dan panjang mobil kurang dari 3,4 meter, terpaksa Daihatsu mendesain bagian belakang mobil ini seperti Daihatsu Sirion yang menabrak tembok ketika mundur. Yap, bagian belakangnya rata dan tegak seperti papan triplek.

Tapi tidak masalah sebenarnya mengingat pemiliki Kei Car sudah sangat mentolerir bentuk mobil mereka yang kotak-kotak agar mendapatkan interior yang sangat lega. Begitupula dengan kompetitornya yang sama-sama berbentuk seperti kotak amal masjid ditambah 4 buah roda agar mudah digeser-geser saat kotbah Jum’at berlangsung.

Daihatsu Move mirip dengan wajah Toyota Alphard baru

Mobil kecil umumnya selalu dipandang sebelah mata dari sudut pandang safety dan kelengkapan fitur. Namun jika anda berpikir demikian, tentunya anda salah besar. Karena mobil ini memiliki fitur yang sangat lengkap, bahkan bisa mempencudangi Toyota Fortuner sekalipun yang jauh lebih besar dan memiliki kasta lebih tinggi.

Daihatsu Move Custom tipe tertinggi sudah dilengkapi dengan teknologi kekinian. Sebut saja 6 buah airbags, hill start assist, stability control, traction control dan autonomous brake yang bisa mengerem otomatis dibawah 30 kilometer perjam baik saat maju maupun mundur. Lucunya lagi, fitur autonomous ini justru belum ada di Toyota Alphard, eh di adik tirinya malah ada!

Daihatsu menyebut paket fitur keselamatan yang ada di mobil mereka dengan nama D’s Technology Smart Assist agar lebih kekinian, seperti halnya Mazda yang menyebut paket teknologi keselamatan aktif mereka dengan nama i-Activsense biar lebih kece di lidah.

Daihatsu-Move-Custom-instrumen

Masuk ke dalam interior Daihatsu Move Custom ini juga sama seperti eksteriornya yang tampil futuristik, hal ini lagi-lagi diluar kebiasaan Daihatsu yang lagi-lagi selalu bermain aman. Mulai dari tarikan garisnya yang tidak biasa, aksen-aksen dashboard yang mendetail dan instrumen seperti speedometer, panel ac dan head unitnya terasa mewah, mungkin cocok kalau mobil ini dibilang memiliki interior layaknya Alphard mini.

Mobil ini juga sangat praktis untuk dipakai sehari-hari, pintunya bisa dibuka hingga 90 derajat, konfigruasi kursinya sangat fleksibel dan bisa dibuat menjadi tempat tidur, bagasinya bisa dibuat menjadi lebih dalam, headroom dan legroom mobil ini sangat besar dan tidak lupa tempat penyimpanannya juga sangat banyak. Sayangnya pintu belakangnya tidak dibuat electric sliding door agar lebih mirip dengan Toyota Alphard.

Daihatsu-Move-Custom-Dashboard

Daihatsu Move Custom ini tidak sendiri, karena varian non custom yang memiliki wajah lebih culun ini juga tersedia dengan harga yang lebih murah. Mobil ini dibanderol dengan harga mulai dari 1.4 juta Yen hingga 1.7 juta Yen untuk tipe tertingginya. Sedangkan untuk model Daihatsu Move standar tanpa embel-embel custom dijual dengan harga mulai 1.1 juta hingga 1.4 juta Yen. Cukup signifikan bedanya ya dari segi harga.

Sebagaimana Kei Car umumnya, mobil ini tentu saja tidak akan masuk ke pasar Indonesia. Sayang sekali mengingat mobil ini bisa menjadi pelipur lara bagi mereka yang bercita-cita untuk memiliki Toyota Alphard, ya kalau belum mampu beli Alphard, minimal kamu bisa Move On ke Daihatsu Move Custom. Hehehe…

Read Prev:
Read Next:

Ridwan Hanif Penulis sekaligus pecinta dunia otomotif, kadang-kadang suka ngebut walaupun hanya pada saat jalanan sepi, paling benci dengan kemacetan Jakarta tetapi enggan untuk pindah keluar kota. Soal irit-iritan konsumsi BBM jangan ditanya, dia jagonya... Maksudnya jago ngabisin bensin... Hehehe | twitter: @ridwanhr

  • Afal Revix

    hahaa, bang ridwan bang ridwan :v, paragraf 3 dan 4 bikin ngakak :v, sipp” bang ridwan, klau buat beritanya yg kyk begini biar ngakak terus :v. hahaa.., jempol dah AutonetMagz

  • wowkeren

    Masuk indo ga? Harusnya sih masuk. Mungkin kelasnya agak special nih nantinya

    • subaru

      Engga bakal masuk

  • Haris Nurfadhilah

    Gue gak ngerti kenapa sepertinya artikel ini mesti mengecilkan desain mengotak seakan-akan itu jelek dan pantas diolok-olok. Desainer mobil Jepang melakukannya selama puluhan tahun untuk mobil-mobil kei car mereka untuk alasan bagus, desain mengotak memaksimalkan ruang pada kendaraan yang biasanya terbuang ‘hanya untuk alasan styling’ (kenapa styling saya kasih tanda kutip begini karena bagaimanapun kei car tidak dibuat untuk ngebut, jadi aerodinamika tidak terlalu penting).

    Ini menjadi semakin relevan dilakukan oleh Daihatsu, yang dulu pernah berslogan
    ‘We Make It Compact’ memang selalu membuat mobil-mobil dengan efisiensi ruang yang bagus. Lihat saja Daihatsu Luxio di sini, atau Daihatsu Sirion yang tidak mengotak kalau dibandingkan dengan kompetitornya. Intinya, desain itu dibuat degan tujuan, dan kalau bentuknya dirasa jelek, itu hanya masalah selera dan tidak perlu sampai mengejek bukan? Apa karena di Jepang tidak banyak kotak amal mesjid sehingga mobil seperti ini masih laku dijual sampai sekarang? Sayang sekali kalau autonetmagz yang ingin dilihat sebagai media otomotif yang meyakinkan melakukan hal seperti ini.

    Demikian kritik saya yang bukan orang Daihatsu, hanya penggemar mobil-mobil mengotak karena menurut saya mereka unik dengan caranya sendiri 🙂

    • AutonetMagz

      Terima kasih mas Haris Nurfadhilah sudah mengkritisi gaya penulisan kami.
      Peace, salam otomotif 🙂

      • AE86

        kalau bisa gak pake nama Kotak amal mesjid om,,, agar tidak terjadi kesalahan persepsi. trims

        • roadrunner

          Itu sama kayak kotak amal masjid di deket tumah ane juga pakek gituan

    • orrtix

      bro yg satu ini kurang piknik kali ya, serius banget hihi

    • bojes

      Santai broo.emng kenyataan kyk kotak sabun..desain sknrg bulat2 ujungnya atau runcing2..

      fiat keicar tenaga nya besar bisa dibawa ngebut

    • Dio Puja Altha

      menurut saya ini bukan ejekan atau semacamnya, ini hanya semacam analogi saja. Lagi pula bukan hanya Daihatsu saja yang menganut desain Boxy ini, Honda juga melakukannya dengan N-One, Suzuki dengan Alto yang juga dikenal sebagai Mazda Carol (kembaran Alto sepeti Xenia-Avanza), atau Nissan dengan Dayz. jadi sekali lagi ini bukan ejekan atau sindiran, melainkan analogi saja. Dan memang kebanyakan Kei-Car di Jepang menggunakan konsep desain Boxy demi kelegaan kabin, walaupun tidak semuanya seperti Honda S660 dan Daihatsu Copen.

    • dik

      Jangan baper gitu lah bro

    • dik

      Jangan baper gitu lah bro

    • rafa22

      Yaelah bro itu udah ditulis demi interior yg lega, makanya baca baik2 jgn asal bacot.

    • Tresna Wardana

      wahaha, santai broh.
      berita ini dibuat seperti itu biar santai.

  • Ardhie Yoodha

    Klo masuk indo,, mending daihatsu move costum desain’a jdi MPV 7seater buat ganti daihatsu luxio,, pasti keren…

    Klo di jepang mobil kotak / kei car sudah ciri khas mungkin…

    • Akbar Prananta N

      Setuju banget! Kalo bisa jadiin all new Luxio bagus nih, 7-seater yg bener2 Kei Car, pake electric sliding door, Stoplamp pake LED, kalo berani sih panoramic roof. huehehe

  • motorfreaks

    Imut banget yah
    Coba sirion dikasih tampang kek gitu
    Interior juga jeren

  • Peny

    Facelift Luxio harusnya begini nih.
    Luxio kan dikenal sbg miniatur Alphard.

  • Jefri Dwiantoro

    muka alphard, pilar c honda freed, jendela belakang sirion. krisis identitas nih. bahahaha.
    tapi kalo dimekarin jadi 7 seater, kasih mesinnya xenia (opsi 1000cc atau 1300cc), masukin indonesia, bakalan laku nggak yah? secara desainnya jdm banget.

  • Jefri Dwiantoro

    muka alphard, pilar c honda freed, jendela belakang sirion. krisis identitas nih. bahahaha.
    tapi kalo dimekarin jadi 7 seater, kasih mesinnya xenia (opsi 1000cc atau 1300cc), masukin indonesia, bakalan laku nggak yah? secara desainnya jdm banget.

  • wawan

    Waw….
    Kalau ane sih suka…
    Malahan menurut ane wowwww banget….
    Tergantung selera sendiri sih….

  • bimz11

    banyak yang lebay menangapi review “nyeleneh”. hidup jangan serius2 lah, malah seru kali review out of the box.
    btw, kei car itu apa ya? 🙂

    • gtd

      yoih gw setuju broh. gw enak aja kok baca artikelnya.. gak ngerasa gimana2 jg. wajar2 ajalah. mobilnya bentuknya imut n lucu yah knp gak diulas dg gaya lucu jg haha.

    • Alfian

      Mungkin Kei Car Itu LCGC Versi Jepang Kali Ya Hehehehe

  • alif

    Kotak amal….

  • A.J.

    Lampu kayak alphard banget dan gril kayak terios…

  • novi andy

    apa ada yang salah yach dengan kotak amal mesjid??? kok di jadikan lelucon???

    • gtd

      set dah. cuma bentuknya aja broh yg kuotak bingits ituh yg djd bahan becandaan. easy. lighten up a little bit. jgn yg halah dikit2 tersinggung lah.. Lanjutkan masbro Hanif gak ada yg salah gw rasa. Gw enjoy bgt kok baca artikelnya.

  • Walter White

    Tambahin lagi aja jadi varian LCGC biar ada 2 macam Datsun.

  • Andro

    beli ngk pakai mikir kalau masuk Indonesia tanpa sunatan fitur.. 😀

    • Alfian

      Tapi Kan Nggak Mungkin Sunatan Fitur,Mobil Ini kan Harganya murah Secara Kei Car 660 cc Ramah Lingkungan Pasti Sunatan Fiturnya Sedikit

  • Amar Akira

    Enjoy aja lah, gk ada yg ngejek kok. Ini untuk hiburan semata, bentuk pasti disesuaikan untuk kebutuhan, jadi secara overall semua bentuk bagus

  • jeh

    dan ternyata mobil ini masuk malaysia namanya daihatsu kenari vx sedih dah