Cara Vespa Rayakan Ulang Tahun Ke-75

by  in Berita&Vespa
Cara Vespa Rayakan Ulang Tahun Ke-75
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika membahas sejarah Piaggio Vespa, banyak hal menarik yang patut untuk di-highlight. Dari mulai perancangan Vespa yang dibuat compact untuk penerjun payung, hingga menjadi prototipe yang merevolusi konsep yang telah mendominasi susunan sepeda motor klasik saat itu. Motor dengan desain tawon tersebut diciptakan untuk memiliki stress-bearing body (monokok), penggerak langsung, dan perpindahan gigi di stang-nya.

Seakan keluar pakem dari motor klasik pada umumnya, fungsi front fork digantikan swingarm satu sisi yang membuat penggantian ban lebih mudah. Terlebih sasis rangka yang digantikan oleh bodi monokok mampu melindungi pengendara dari kotoran. Dari sinilah sebuah trademarkItalian scooter lahir, bahkan hingga kini beberapa revolusi tersebut tetap dipertahankan untuk Vespa modern. Lalu tepat pada Kamis (23/04) 75 tahun yang lalu, Piaggio mempatenkan Vespa.

Mencapai Penjualan Hingga 19 Juta Unit

Vespa merayakan dirgahayu ke-75 tahun dengan mencapai tonggak sejarah luar biasa melalui 19 juta unit Vespa yang diproduksi, dimulai dari musim semi pada 1946. Hingga saat ini Vespa sendiri diijual di 83 negara pada setiap benua, dan dalam satu dekade terakhir telah memproduksi lebih dari 1 juta unit. Hal tersebut merupakan pencapaian yang baik mengingat pertumbuhan produksi dari 50 ribu unit di pertengahan dekade, naik hingga 200 ribu unit pada 2018.

Memang apa yang membuat brand Vespa sebegitu terkenalnya? Adalah konsistensi mengadopsi teknologi terkini, bergaya unik, mengiring fashion dan tren, serta terampil ber-inovasi namun tetap setia pada nilai aslinya. Bahkan jika disuruh untuk menyebutkan perbedaan skuter kebanyakan dengan Vespa, mungkin dengan mudah anda bisa menjawabnya. Ciri khas tersebut yang membuat motor ini mudah dikenali di jalan raya, bukan karena dipakai kaum ‘ngab‘ ya.

Livery Spesial 75 Tahun

Di hari jadinya yang ke-75 tahun, Vespa memperkenalkan Vespa Primavera dan Vespa GTS 75th Anniversary. Diproduksi secara terbatas, skuter ini menghadirkan warna baru 75th metallic giallo yang menafsirkan kembali warna populer di tahun empat puluhan. Angka 75 turut hadir pada bagian ‘tepong’ dan spatbor depan dengan warna yang lebih beraksen menambah kesan elegan. Tak lupa di bagian depan, bentuk ‘dasi’ diperhalus dengan warna matte yellow pyrite.

Dirakit langsung di tempat bermulanya produksi Vespa yaitu Pontedera, Tuscany, Italia, inilah cara Piaggio merayakan ulang tahun paten Vespa ke-75. Mencapai 19 juta unit produksi hingga saat ini, adalah sebuah pencapaian baik dari produsen motor hobi. Dengan terus melakukan inovasi namun tetap mempertahankan ciri khas, Vespa sulit terlekang oleh waktu.

Read Prev:
Read Next: