Bos Chery : Jaguar Land Rover Adopsi Platform Milik Chery

by  in  Berita & Cherry & International
Bos Chery : Jaguar Land Rover Adopsi Platform Milik Chery
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau sebuah brand China menggunakan teknologi dari brand Eropa atau Jepang, nampaknya kita semua bisa paham. Karena industri otomotif di China terbilang lebih muda ketimbang Eropa dan Jepang. Namun bagaimana jikalau brand Eropa menggunakan teknologi China? Ini baru beda. Dan Chery telah membuktikan bahwa mereka berhasil mengembangkan teknologi yang mature sehingga bisa diadopsi oleh brand Eropa seperti Jaguar Land Rover.

Chery M3X Platform

Dua Platform Bakal Dipakai JLR : PHEV & BEV

Chairman Chery Automobile, Yin Tongyue mengkonfirmasi bahwa Jaguar Land Rover akan mengadopsi platform milik Chery. Platform yang dimaksud adalah M3X platform dan E0X plaftorm milik Chery. FYI, platform M3X adalah platform yang digunakan oleh sejumlah model premium Chery lewat brand Exeed seperti Exeed RX PHEV, Chery Fulwin T9, dan sebagainya. Sedangkan platform E0X adalah platform mobil listrik premium milik Chery yang digunakan oleh Exlantis ES, Exlantis ET, Luxeed S7 dan Luxeed R7. Nah, uniknya, platform E0X adalah hasil pengembangan Chery bersama dengan Huawei dalam aliansi HIMA.

Chery E0X Platform

Keputusan JLR ini sendiri merupakan hasil dari persetujuaan kerjasama antara JLR bersama dengan Exeed yang baru-baru ini diumumkan. Jadi, mobil-mobil PHEV dan BEV dari JLR di masa depan akan menggunakan kedua platform tersebut. M3X platform untuk PHEV, dan E0X platform untuk BEV. Keduanya punya keunggulan masing-masing. M3X platform punya modal berupa DHT atau dedicated hybrid transmission pertama di dunia yang bisa mengakomodir mesin ICE dan 2 motor listrik. Bahkan, ada kombinasi 11 gear dan 9 mode operasional yang bisa digunakan di DHT milik M3X platform.

Kesepakatan Chery dan Tata?

Sedangkan E0X platform memiliki sistem high voltage 800V yang cocok untuk BEV dan EREV. Selain itu, platform ini juga mendukung teknologi otonom, suspensi udara, dan beberapa teknologi lain. Pertanyaannya, kenapa JLR lebih memilih platform Chery ketimbang platform milik Tata? Kan JLR dimiliki oleh Tata? Nampaknya, ini kesepakatan antara Chery dan Tata untuk pasar China. Dengan basis dari Chery, JLR bisa lebih fleksibel dalam pengembangan produk yang sesuai untuk konsumen China. Dan harus kita akui, pasar otomotif China adalah yang terbesar di dunia saat ini.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next:

Satria Katana Satu - satunya member AutonetMagz yang Domisili di Surabaya, dan punya Hobi Fotografi, Riding, & Kepo Informasi Dunia Otomotif | IG : @Satriakatana