Beberapa Masalah Paksa Mercedes-Benz Recall Ribuan Unit Mobil

Beberapa Masalah Paksa Mercedes-Benz Recall Ribuan Unit Mobil
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebuah program recall secara sukarela sudah sering sekali kita dengar, dan walaupun ada sekelumit kekecewaan terkait kondisi produk yang ‘cacat’, pada kenyataanya setidaknya pihak pabrikan mau bertindak untuk memperbaiki kesalahan mereka, bukan sekedar lempar handuk saja. Dan kali ini sebuah kabar terkait recall kembali hadir dari pabrikan asal Jerman, namun kali ini cukup unik.

Apanya yang unik? Apakah kerusakan produk Mercedes-Benz-nya yang unik? Hmmm, tidak. Kerusakan yang dialami oleh mobil – mobil Mercedes-Benz ini umum saja, namun yang unik adalah unit yang di-recall ini berbeda – beda, dan masalahnya pun berbeda – beda. Jadi bisa dikatakan bahwa recall Mercedes-Benz kali ini adalah recall massal, namun dengan problem masing – masing. Selain itu, unit mobil yang terkena masalah kali ini juga bukan unit mobil sembarangan, karena melibatkan beberapa pemuncak di lini produk Mercedes-Benz.

Yap, ada beberapa produk tenar seperti Mercedes-Benz AMG GT, Mercedes-Benz G550 4×4, dan juga Mercedes-Benz Maybach S600 di dalam recall kali ini. Dan seperti yang kami katakan sebelumnya, masalah yang membuat mobil  – mobil ini di-recall pun juga bermacam – macam, mulai dari masalah di sistem penguncian pintu, hingga pada lampu utama mobil. Angka yang terbesar dalam recall massal multiproduk ini sendiri disumbangkan dari jajaran Mercedes-Benz GLE Class, Mercedes-Benz GLS Class, dan Mercedes-Benz S-Class termasuk di dalamnya seri Maybach S600 dengan 8.700 unit. Beberapa seri produk Mercedes-Benz yang bermasalah ini merupakan produksi tahun 2017 – 2018.

Masalah yang menimpa beberapa produk Mercedes-Benz ini adalah pada kait yang berada di pintu penumpang belakang sebelah kiri. Kait yang bertugas memastikan pintu terkunci dengan sempurna ini tak bekerja dengan semestinya, dan membuat pintu tak terkunci. Mercedes-Benz sendiri akan membongkar dan mengecek bagian ini dan mengganti mekanisema penguncian pintu dengan komponen yang baru. Berikutnya, angka recall yang besar juga disumbangkan oleh Mercedes-Benz GLC yang terhitung sebanyak 8.134 unit. Masalah yang muncul di Mercedes-Benz GLC ini sendiri adalah pada bagian lampu utamanya yang perlu dicek dan diatur ulang.

Berikutnya, 432 unit dari Mercedes-Benz G550, termasuk seri 4×4 juga harus di-recall karena adanya masalah pada bagian pengeremannya. Tenaga pengereman yang diproduksi oleh Mercedes-Benz G550 ini sendiri mengalami anomali dan harus dicek dan disetel ulang. Dan yang terakhir adalah recall  yang melibatkan 10 unit Mercedes-Benz AMG GT. Mobil kentjang ini sendiri mengalami masalah di bagian interiornya, dimana unit yang mendapatkan paket opsional berupa AMG Performance Seat harus melakukan penyetelan ulang pada software mobil sehingga airbag di sisi penumpang bisa bekerja dengan baik. Selain itu kursi untuk penumpang di Mercedes-Benz AMG GT ini juga perlu diganti seat cushion-nya.

Di-Recall-nya beberapa produk Mercedes-Benz ini sendiri merupakan dampak dari hasil temuan NHTSA, dan kesemua kampanye recall ini sendiri akan mulai dilaksanakan bulan ini. Namun untuk recall yang melibatkan Mercedes-Benz G-Class, dan Mercedes-Benz AMG GT memerlukan satu atau dua bulan lebih lama untuk bisa mendapatkan komponen yang benar – benar cocok. Bagaimana menurut kalian? Banyak juga ya yang di recall.

Read Prev:
Read Next: