Bagaimana Jika Toyota Sienta Hadir di Indonesia?

Bagaimana Jika Toyota Sienta Hadir di Indonesia?
0  komentar
Toyota-Sienta-2016-Indonesia

Jakarta, AutonetMagz – Untuk anda yang pernah ke Jepang, pasti beberapa kali anda menemukan sebuah mobil MPV kompak dengan lampu bundar dan pintu geser elektrik ini cukup banyak di jalanan. Itulah di Toyota Sienta, mobil yang diluncurkan Toyota pada tahun 2003 silam namun hingga sekarang belum mendapatkan all-new-model karena masih laris di Jepang hingga saat ini.

Jika anda pikir Honda Freed adalah pelopor MPV 7 seater 1.500 cc dengan dual electric sliding doors, mungkin untuk pasar Indonesia bisa dikatakan iya. Namun di Jepang, sebenarnya Honda Freed adalah mobil yang di desain untuk melawan dominasi Toyota Sienta, bahkan ternyata Freed tidak mampu bersaing dengan mobil ini dari segi penjualannya.

Toyota-Sienta-Interior

Mengapa mobil ini sangat laris di Jepang? Mungkin beberapa poin ini bisa menjawab, pertama, Toyota Sienta  memiliki bodi yang sangat kompak, panjangnya hanya 4.1 meter (Vios saja panjangnya 4.4 meter, Honda Freed 4.2 meter), lebarnya hanya 2.7 meter. Namun jika masuk ke dalam Toyota Sienta, ruang dalamnya bisa terasa lebih lega dibandingkan dengan Toyota Avanza sekalipun, radius putarnya juga sangat baik di angka 5.2  meter saja, sehingga sangat mudah dikendarai dan di parkir-kan di jalanan Jepang.

Kedua, mobil ini dibanderol dengan harga yang terjangkau mulai dari 1.6 hingga 1.8 juta Yen di Jepang, belum lagi menurut beberapa forum, mobil ini memiliki biaya service yang tergolong ringan dan cukup tangguh karena mesin 1NZ-Fe yang digunakan olehnya sudah terbukti di beberapa negara, termasuk Indonesia. Di Jepang, ini adalah MPV termurah dari Toyota yang bisa anda beli, sebagai komparasi, Honda Freed dijual di Jepang mulai 1.7 juta Yen hingga 2.3 juta Yen.

Toyota-Sienta-Model

Ketiga, mobil ini sangat fleksibel, bahkan lebih fleksibel dibandingkan dengan Honda Freed, ia memiliki dua buah electric sliding doors, kursi baris terakhir yang bisa dilipat rata lantai, dan kursi tengahyang bisa dilipat maju ke depan sehingga bisa memberikan ruang yang sangat lega bagi penumpang belakang. Hal ini sangat disukai dengan pasar Jepang yang seringkali sebuah mobil dibutuhkan untuk membawa barang bawaan lebih.

Nah, dari tiga poin tersebut, Toyota masih bisa menjual Toyota Sienta dengan baik di Jepang meskipun masih memiliki model yang tidak berubah sejak tahun 2003 (hanya ada beberapa kali facelift ringan). Di tahun 2011, Toyota meluncurkan Toyota Sienta Dice yang memiliki wajah lebih sporty dari Toyota Sienta dan interior berwarna hitam.

Toyota-Sienta-Dice-Interior

Nah, sebenarnya seru nih jika Toyota Sienta masuk ke Indonesia untuk mengisi celah kosong antara Toyota Avanza dan Toyota Kijang Innova, apalagi menurut prediksi kami, kenaikan harga Toyota Kijang Innova generasi terbaru yang sudah beberapa tertangkap kamera akan membuat jarak antara Avanza terlalu jauh.

Jika Toyota Sienta hadir di Indonesia dengan rentang harga 230 hingga 270 juta Rupiah dengan tipe-tipe yang beragam, sepertinya akan menarik, karena mobil tersebut merupakan alternatif dengan harga yang lebih murah dan lebih segar (untuk Indonesia) dibandingkan dengan Honda Freed yang terus menurun penjualannya. Hmm… Atau jangan jangan Toyota sedang menyiapkan Sienta generasi terbaru yang akan hadir di Jepand dan Indonesia? Wah lebih menarik lagi nih!

Read Prev:
Read Next:

Ridwan Hanif Penulis sekaligus pecinta dunia otomotif, kadang-kadang suka ngebut walaupun hanya pada saat jalanan sepi, paling benci dengan kemacetan Jakarta tetapi enggan untuk pindah keluar kota. Soal irit-iritan konsumsi BBM jangan ditanya, dia jagonya... Maksudnya jago ngabisin bensin... Hehehe | twitter: @ridwanhr

  • subaru

    gile masih make 1NZ-FE jadul, ga jepang ga indonesia masih sama aja konservatifnya

    • AE86

      Mang knapa om, ad raziah mesin dijalan ya om, hehe… Selagi durability mesinnya masih bisa diandalkan, hemat bbm dan pasti emisinya masih diambang standart disuatu negara tsb kan gk ad haramnya om masih digunakan.

  • tioz

    Menurut sy sih lebih baik jgn lah dimasukan ke indonesia..nasibnya nungkin gak jauh beda dgn kakaknya nav1..mengisi celah dibawah alphard/velfire tapi nyatanya alphard/velfire yg ttp laris..

    mslhnya avanza maupun inova uda punya tempat yg kuat di hati konsumen..apalagi ini mobil imbang freed pasti sempit lah utk sebuah mobil keluarga..modelnya jg kurang bagus dgn interior yg standard sekali..

  • siEG

    Yg lampu kotak stylenya JDM bgt

    Uda masukin aja pasti laku, valco aja ada yg khilaf beli, toyotaaaa… hehe

  • orrtix

    bisa jadi sih, apalagi kalau dikasih embel embel Japan Domestic Market. Untuk eksterior memang secara selera konsumen indonesia lebih suka dengan model freed (masih asumsi) tetapi siapa tahu kalau didatengin ngegusur pasar freed.

  • Rafa

    saya pakai mbl ini ketika tinggal di Jepang.
    Memang mesin lama, tp sgt sgt mumpuni untuk travel jauh dari kota ke kota yg ada di jepang (travel hingga 1000km, ketika liburan panjang).

    Keunggulan mbl ini lebih ke riding comfort + NVH + fleksibilitas kursi, saya suka dengan mbl ini.

    Walaupun hanya 1,500cc tp dengan full loading saat itu jauuuhhh lebih baik dr Freed (saya juga punya Freed waktu di Indonesia, dan sgt kecewa -.-. Sorry to say, to mbl boyok bgt + boros).

    Intinya dari pengalaman saya selama lebih dr 2 th mengendarai mbl ini (bukan hanya liat ekterior & interior saja & komen tanpa pernah merasakan seblumnya), mbl ini sgt mumpuni untuk kebutuhan keluarga yg dinamis.

    • 86driver

      Setuju sama bung Rafa.. honda freed ga enak, pertimbangan beli cuma karena sliding door. sisanya :thumbsdown

    • Ridwan Hanif

      temen juga ada yang pake Sienta di Jepang, katanya mobilnya enak and praktis, ternyata disini ada yang pernah pake juga… hehehe

    • wowkeren

      Lah justru sebaliknya. Saya pake freed 2014 terbaru, itu nyaman banget. Kursinya empuk tapi tebel, ga kayak jazz baru. Mesinnya malah irit bensin, di tol aja bisa 19 km/l. Dalkotnya aja bisa 15 km/l. Mesin yaris juga cuma bisa 15 km/l buat rute tol. Tenaga juga gedean freed daripada mesin tua itu. Apalagi freed headroom sama legroom gede.

      • big hero 6

        bener bang

      • big hero 6

        bener bang

  • Taoeviq

    jangan dimasukin lah.. kan celah antara avanza ma innova ada si rush

    • akm

      klo rush kn kls SUV & klo sienta MPV jd nmnya bkn celah….

  • Shing Khong Khe Djoe

    Mendingan Toyota masukkin Passo kesini buat ngegantiin Etios jelek itu. Lumayan jg kan si Sirion ada kembarannya. Unyu2 pula.

  • gaps

    Sienta oke sih,cm model depannya agak bikin ilfeel yah. Mending masukin yg tipe sportnya. Menurut saya sih bakal oke nih kl nglawan Freed
    Tp,lebih baik sih Toyota cari model yg buat gantiin Etios deh. Sumpah itu jelek bgt. Daihatsu aja keren tuh masukin Sirion facelift..masa Toyota yg katanya merk besar beraninya masukin Etios doang?

  • Tomingseu

    “lebarnya hanya 2,7 meter”
    Kayaknya itu perlu dikoreksi jadi 1,7 meter deh. Kalau 2,7 meter sama kayak bis dong :s

  • haris

    Ide bagus nih artikelnya, mas Ridwan. someday bisa bikin artikel yg bisa push back ke automaker supaya masukin model tertentu yg banyak disukai konsumen Indonesia.

    • Ridwan Hanif

      mereka baca kok, makanya komentar kalian disini sangat berarti…. hehehe

      • haris

        siap boss…
        komen saya utk Sienta: Konsumen Indonesia mulai cerdas. Sienta bisa saja sukses, karena akomodasi yang baik dan fitur yg dimiliki. Bisa buat alternatif dari model yg sudah beredar di pasaran skrg… (halah.. bahasanya macem reporter aja).
        Desainnya cukup unik, bukan termasuk yg mudah disukai semua orang. dashboard terlalu polos, tapi jadi ok krn banyak kantongnya. jelas nih head on sama Freed, jadi tinggal adu di fitur dan irit2an..
        kesimpulan: Sienta akan ada penggemarnya, meskipun tidak akan jadi best seller.

  • akm

    ngga d indo ngga d jpng trnyta sma aj….

  • akm

    sm2 ga ad inovasinya..

  • Ajoe

    Itu sih, karimun + splash. Cuma di ganti lampunya doang. Harga nya juga mending beli innova meskipun nambah dikit.

  • Bro Lut

    Bro…dlm industri otomotif dimungkinkan ngisi celah kosong tp konsekuensinya either produk itu mati atau makan pangsa pasar produk yg hampir serupa….mari ambil contoh nav1 dan freed….nav1 adalah contoh produk baru buat ngisi celah alpard dan innova but men koit diskon gede2an…..freed buat ngisi celah compact mpv ngegantiin stream yg udh leverage posisinya dipsr indonesia krn kalah sama psr livina 1.8 terpaksa hrs dianak tirikan dan hampir mati krn hadirnya brio bahenol alias mobilio….klo gw jd toyota gw gak mau ambil resiko membunuh pasar gw yg udh mature enough #bljrdrnav1

    • supercar

      nav1 bukan mengisi celah pasar antara tokinov sama alphard keles, tapi buat nyaingin serena sama biante, cuma bentuknya jelek makanya nggak laku. ada duit segitu mending ambil serena sama biante yang jelas lebih keren daripada granmax mewah…

  • m15a

    Nanggung banget sih klo masuk ke indo buat isi celah avanza sm innova, kalo liat harga avanza sm innova hampir gak ada celah kyknya. Avanza veloz luxury A/T udah sekitar 220 jt, sementara innova J M/T start dari 228 juta. Nanggung banget, mending ganti tuh etios sama passo

  • wowkeren

    Kalo dijual di sini berarti honda freed ada pesaingnya hehe. Masukin aja, terus diadu deh mana yang paling oke

  • erik

    Masukkin aja biar rame,
    suant sini sana ntar harga 11 12 ama avanza br seru tuh biar.
    sy berani taruhan bakal makan mobilio dan ertiga kalo di perkotaan.
    semoga TAM baca komen ini trus sadar kalo ada mobil keren alpa di bawa ke Indo.
    soale ane jg masih pake Toyota Raum 2004 mesin sm persis INZ-Fe alias Vios masih AMAN ke mana2 pdhl kilomeer udah 300 ribuan. Yg penting ruwatannya.

  • einz

    Laku di jepang belum tentu sukses di Indo. Selera desain org jepang utk city mpv lebih ke bentuk lucu/cute makanya banyak model kecil dan kayak kutu. Silahkan cek di indo,rata2 org sini lebih suka design sporty yg kuat kayak avanza,innova atau mobilio. Tampilan jadi salah satu point utama dalam memilih mobil.

  • LOKI

    Jatuh cinta sama si 1NZ FE, ini mesin juwara bandelnya. Sebelumnya pake si Kappa dari korea rewel abis tiap service ada aja rusaknya -_-

    • Masa sih? Kok saya ngga ya?

  • Klo masuk ke indonesia toyota sienta lebih dihadikan taksi,, pasti banyak yang naik…

    Klo untuk ngisi pasar celah avanza – innova,, knapa gak buat avanza brmesin 1.8..??

  • WOW just what I was searching for. Came here by searching for
    parket kayu

  • mike

    Bukannya dulu 2 tahun yg lalu kejepret dites di jalanan indo yaa……?