Aston Martin DB11 Pasang Mesin V8 Twin Turbo Mercedes-AMG?

0  komentar

AutonetMagz.com – Aston Martin DB11 yang belum lama meluncur di Indonesia adalah sebuah mobil GT yang sekaligus menjadi hasil bagaimana kalau Daimler – dalam hal ini, Mercedes Benz dan AMG – membantu Aston Martin meneruskan keluarga DB. Jadi, kalau mau bilang Aston Martin DB11 ini blasteran Inggris-Jerman, ada benarnya juga. Bahkan mesin 5.200 cc V12 twin turbo bawaannya dibantu AMG saat tahap perancangan.

Namun saat melihat data di atas kertas, mungkin mesin bertenaga 600 hp dan torsi 700 Nm ini punya sedikit fakta saat disuruh berlari. Dari 0-100 km/jam butuh 3,9 detik dan kecepatan maksimal 322 km/jam. Ya, itu kencang, tapi jika fokus ke performa dan lupakan aspek lain, banyak mobil yang spek mesinnya tidak seheboh Aston Martin DB11 tapi larinya mirip, malah lebih kencang. Contoh : Nissan GT-R, Audi R8, McLaren 650S, Porsche 911, dan masih banyak lagi.

Mesin Mercedes Benz AMG GT

Entah terpengaruh oleh angka performa ini atau ada pertimbangan lain, Aston Martin DB11 rupanya tengah dipersiapkan dengan mesin 4.000 cc V8 twin turbo buatan Mercedes-AMG. Mudah untuk mengetahui mesin ini datang dari mana, karena nyaris semua Mercedes-AMG seperti C63 dan AMG GT , GT-S atau GT-R pakai mesin 4.000 cc V8 twin turbo ini. Sebuah video menunjukkan Aston Martin DB11 prototype tengah dites di Nurburgring baru-baru ini.

Meski ditutupi kamuflase, kelihatan kalau itu Aston Martin DB11, namun bagi yang telinganya khatam akan suara mesin mobil, pasti tahu kalau suara mesin DB11 yang satu ini beda dari biasanya, dan lebih mirip suara mesin V8 twin turbo di AMG GT-S misalnya. Kalau bicara kemampuan mesin ini, kita harus melihat Mercedes AMG GT-R, yang mampu mengeluarkan 577 hp dan 699 Nm. Beda tipis dengan mesin V12 twin turbo DB11 kan?

MErcedes-AMG-GTR-Indonesia

Ada kemungkinan Aston Martin DB11 bermesin V8 twin turbo ini sengaja direncanakan untuk duduk sebagai versi “masuk akal” di bawah versi V12 twin turbo. Aston Martin pastinya akan mengubah spek mesinnya supaya tidak sama dengan milik Mercedes, tapi entah apa yang diubah. Selain DB11, mesin V8 twin turbo akan duduk manis juga di Aston Martin Vantage baru. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio