Waduh, Bus Bertenaga Kotoran Manusia Sedang Diuji di Inggris!

by  in  Berita & International
Waduh, Bus Bertenaga Kotoran Manusia Sedang Diuji di Inggris!
0  komentar
Cover-Bus-Tenaga-Kotoran

AutonetMagz.com – Semakin menipisnya cadangan minyak bumi mengharuskan beberapa ilmuwan menemukan bahan bakar alternatif secepatnya. Beberapa syarat energi alternatif yang dituntut dunia adalah terbarukan, ramah lingkungan dan bisa didapat dengan mudah. Yang belakangan ini sedang terkenal adalah hidrogen dan tenaga surya, namun bus di Inggris ini bisa dibilang aneh, sebab sumber tenaganya berasal dari (maaf) kotoran manusia.

Bio-Bus-Tenaga-Kotoran

Pelaku proyek yang terdengar sedikit menjijikkan ini adalah perusahaan bus Bath City, bermitra dengan Wessex Water dan perusahaan energi GenECO, bus ini diuji coba hari Senin lalu (24/11). Gas bio-metana yang dihasilkan oleh kotoran kita akan menjalankan mesin bus, emisinya pun diklaim lebih rendah daripada mesin diesel biasa. Selain kotoran, makanan yang sudah busuk juga bisa menjadi sumber energi bus ini.

Bio-Bus-Inggris

Pengujian bus ini akan berlangsung selama 4 minggu, “Kami berharap, bus ini dapat mengangkut 10 ribu penumpang selama masa percobaan empat pekan. Selain jalur A4 (Bristol-Bath), kami juga menyediakan bus untuk perjalanan lokal di sepanjang rute melalui Saltford, Keynsham, Brislinton, Knowle, dan Hengrove,” ujar Direktur Teknik Bath Bus, Collin Gield. Dengan tangki penuh, bus ini bisa berjalan sejauh 300 kilometer.

Bus-Bertenaga-Kotoran-Manusia

Di Eropa sendiri, Biofuel tidak kalah serius pengembangannya jika dibandingkan dengan tenaga listrik atau hidrogen. Biodiesel adalah biofuel yang paling umum, seperti yang biasanya digunakan sebagai aditif diesel untuk mengurangi kadar partikulat, karbon monoksida dan hidrokarbon dari kendaraan bertenaga diesel.

Kami sendiri sih sangat menghargai usaha ilmuwan pencetus ide ini, tapi kami berharap agar tangki penampungan kotorannya tidak bocor, sebab mungkin normal kalau melihat tangki bensin mobil biasa bocor, tapi kalau tangki mobil ini bocor? Sudah bau, jijik pula. Hehehe

Read Prev:
Read Next: