Review Chevrolet Spin Activ test drive by AutonetMagz IndonesiaJakarta, AutonetMagz – Setelah kami membuat video test drive review Chevrolet Spin Activ beberapa minggu lalu, kami juga memberikan hasil Test Drive dalam bentuk review tulisan di AutonetMagz.com, Mari kita bahas satu-persatu dari eksteriornya.

Eksterior

Chevrolet Spin Activ yang dirilis oleh PT General Motors Indonesia pertengahan bulan April 2014 ini masih memiliki basis model yang sama dengan varian Spin LTZ, hanya saja ubahan yang dilakukan Chevrolet pada varian tertingginya ini sangat banyak, tidak sekedar menambahkan aksesori tempelan yang dapat dipasang sendiri melalui toko-toko aksesoris.

Desain bumper depan Chevrolet Spin Activ crossover

Pada bagian depannya, kita akan menemukan lampu depan baru dengan frame reflector berwarna hitam, dan bumper depan mobil ini juga turut mengalami ubahan yang cukup berbeda dengan varian standarnya karena adanya body moulding dan under bumper guard berwarna silver.

Over vender spakbor Chevrolet Spin Activ

Sebagai pembeda dengan varian standar, di bagian samping pun diberikan body moulding berwarna hitam doff yang menyatu dengan over fender untuk memberikan kesan sporty layaknya sebuah SUV. Velgnya tidak mengalami ubahan berarti karena masih menggunakan model yang sama, hanya saja kini warnanya menjadi abu-abu gelap dan terakhir cover spion turut diberikan warna hitam.

Dari belakang, kita akan mendapatkan lampu belakang baru yang lebih gelap dengan aksen smoke dan detailing yang luar biasa, bahkan seperti layaknya mobil mahal, kita akan menemukan logo Chevrolet di dalam plastik mika lampu belakang mobil ini.

Detail perubahan pada Chevrolet Spin Activ crossover style

Sedangkan desain belakangnya cukup menjanjikan dengan bumper baru yang terdapat tulisan ACTIV besar, pintu belakang baru dengan back door finisher dan background logo Chevrolet berwarna abu-abu dibawah kaca belakang. Sedangkan untuk tinggi kendaraan sama sekali tidak berubah meskipun ubahan ini bertema croosover.

Interior

Masuk ke dalam interior Chevrolet Spin Activ, kita akan menemukan warna baru yang serba menghitam dibandingkan dengan Chevrolet Spin LTZ dan LS.

Black dashboard hitam Chevrolet Spin Activ

Penggunaan warna baru ini membuat tampilan interiornya lebih mewah dan terasa lebih kontras di malam hari karena dibekali dengan warna iluminasi biru yang lembut pada speedometer dan layar head unit-nya.

Audio steering switch control pada setir Chevy Spin Activ

Fiturnya juga bertambah, kita akan dibekali dengan Steering Switch Control yang berfungsi untuk mengatur volume, forward and reverse termasuk tombol mengangkat dan menutup telepon. Lingkar kemudinya juga sudah dibalut dengan kulit agar lebih nyaman di genggam.

Sedangkan untuk head unit masih sama dengan model LTZ, dengan kualitas suara yang masih sama dan belum dilengkapi dengan tweeter, namun untuk kualitas suaranya sudah cukup menjanjikan, bahkan mungkin bisa dibilang yang terbaik di kelasnya.

Audio system head unit Chevrolet Spin Activ

Tombol-tombol yang ada pada audio system Chevy Spin Activ ini terasa berkelas dari penggunaan bahannya meskipun bentuknya yang konvensional dan tidak begitu mewah.

Membuka pintu mobil, kita akan disuguhkan dengan lampu ornamen dashboard dan speedometer yang menyala seperti menyambut kita masuk, di malam hari fitur ini sungguh berkesan.

Speedometer digital Chevrolet Spin Activ 1.5 Automatic

Speedometer digitalnya akan terasa sangat canggih dan modern dibandingkan dengan rival-rivalnya yang masih menggunakan speedometer analog, hingga menjadikan Chevrolet Spin ini satu-satunya mobil low MPV yang sudah menggunakan speedometer model digital.

Tombol pengaturan lampu Chevy Spin Activ

Selain itu kita juga akan menemukan switch lampu di bawah ventilasi AC pengemudi dan pengaturan MID (Multi Information Display) speedometer melalui tuas sein yang terletak di balik kemudi sebelah kanan.

Chevrolet Spin ini cukup unik, karena meskipun dirancang sebagai mobil Amerika, ia memiliki tuas sein disebelah kanan, keunikan lainnya juga ada pada mode pengunciannya yang ditandai dengan gagang pembuka pintu yang akan masuk ke dalam jika anda menguncinya. Kita juga bisa mengatur hal ini dari center cluster (peragaannya bisa dilihat di video dibawah artikel).

Detail material bahan kursi jok Chevrolet Spin Activ

Kursi Chevrolet Spin kini menggunakan warna hitam dengan jahitan putih yang menonjol, kita juga akan menemukan logo huruf “A” yang seperti gunung di punggung kursi depan mobil ini. Jok Chevrolet Spin Activ tidak seperti kompetitor yang dibuat tipis untuk mendapatkan kelegaan kabin maksimal, namun penggunaan bahan kursinya yang tebal malah terasa terlalu keras dan kurang nyaman.

Duduk di bangku pengemudi mobil ini terasa cukup aneh karena memiliki driving position yang tinggi meskipun sudah memiliki lantai yang rendah. Posisi ini sedikit aneh untuk test driver yang memiliki tinggi 170 cm, rasanya posisi kemudi terlalu maju dan jika kursi dimundurkan justru pedalnya terasa terlalu mundur.

Posisi mengemudi driving position pada Chevrolet Spin Activ

Dengan posisi mengemudi seperti ini terasa seperti mengendarai mobil Rally yang sengaja di desain dengan kemudi tinggi dan mendekat agar pengemudi tidak cepat lelah.

Lucunya mobil ini dilengkapi dengan Seat Height Adjuster yang dapat membuat kursi pengemudi lebih tinggi lagi, namun saya yakin anda tidak akan meninggikan kursi mobil ini lebih tinggi lagi dari jarak terendah. Namun driving position seperti ini memiliki nilai plus seperti jarak pandang yang lebih luas dan memaksa anda untuk mengemudi dengan posisi duduk tegak yang ditujukan untuk ketahanan mengemudi jarak jauh.

Luas kabin belakang jok baris kedua Chevrolet Spin Activ

Masuk ke dalam bangku baris kedua, Chevy Spin Activ ini memiliki legroom dan headroom yang lebih dari cukup. Posisi duduknya pun masih sama seperti kursi depan dengan konsep low floor high seating, sehingga kaki penumpang akan terasa jatuh kebawah dibandingkan dengan lurus ke depan seperti kompetitor.

Di ruang belakangnya, kita akan diberikan dua lubang ventilasi AC bundar yang menyatu dengan plafon hingga baris ketiga, dan sekali lagi AC hingga baris jok ketiga Chevrolet Spin ini menjadi satu-satunya di kelas low MPV.

AC Chevrolet Spin hingga bangku jok barus ke tiga di belakang

Masuk ke bangku baris ketiga, sangat disayangkan mobil ini tidak memiliki fitur sliding pada bangku baris keduanya agar ruang kaki penumpang belakang dapat ditambah. Headroom terasa lebih dari cukup, bahkan headroom mobil ini paling lega diantara kompetitor, namuan sayang legroomnya bukan yang terluas dan posisi duduknya bukan yang paling nyaman. Saya sangat yakin baris terakhir bisa lebih lega lagi jika bangku baris kedua dapat diatur fleksibilitasnya dengan mode sliding yang dapat digeser maju mundur, karena bangku baris keduanya masih memiliki legroom yang cukup lega.

Bagasi Chevrolet Spin Activ dan tempat ban serep

Buka bagasi, kita akan disuguhi bagasi yang cukup luas diantara mobil sekelasnya, memang tidak seluas Honda Mobilio, namun sudah lebih besar dibandingkan dengan Toyota Avanza. Pelipatan bangku belakang masih konvensional dan tidak dapat dilakukan terpisah antara sandaran kursi kiri dan kanan. Namun bagian terbaiknya ketika kursi belakang ditekuk, kita bisa membuka bagian bawah karpet yang berisi ban serep. Sehingga sangat mudah untuk dikeluarkan tanpa harus menurunkan dari bawah, penempatan tool kit juga sangat rapih di dalam ban cadangan.

Kenyamanan

Chevrolet Spin Activ merupakan mobil yang cukup nyaman dibandingkan dengan mobil sekelasnya, suara kabin sangat kedap untuk ukuran kelas low MPV meskipun belum se-kedap Suzuki Ertiga dan kami sangat menyukai suara mesin yang memiliki nada rendah seperti mobil dengan isi silinder besar, sehingga suara mesin sengaja dibuat masuk ke dalam kabin ketika kita menyentuh Rpm lebih dari 4.000

Suspensi Chevrolet Spin Activ Indonesia

Suspensinya memang tidak se-empuk Nissan Grand Livina di kecepatan rendah dan ketika melewati jalan bergelombang bodi mobil ini terasa mengikuti kontur jalan. Namun jika kita melewati polisi tidur dengan kecepatan yang sedikit tinggi, kenyamanan-nya terasa luar biasa, pantulan suspensi terasa pas dan cepat meredam benturan, sehingga kami tidak perlu melambatkan kecepatan secara signifikan ketika melewati polisi tidur dan jalan rusak (lihat peragaannya di video di bawah ini).

Nah umumnya mobil yang memiliki suspensi nyaman memiliki pengendalian dan grip yang buruk, namun tidak pada Chevrolet Spin Activ ini. Meskipun terasa nyaman, sebenarnya mobil ini memiliki suspensi yang cukup kaku namun terasa lembut karena ditekan oleh bobot bodi yang berat, maka tidak heran jika body roll terasa minim meskipun mobil ini memiliki bodi lebih tinggi dibandingkan dengan Honda Mobilio atau Nissan Grand Livina. Grip yang diberikan ban juga sangat baik untuk sebuah LMPV, perasaan understeer juga masih fair enough. Bahkan kami berani melakukan manuver sedikit pada mobil keluarga ini.

Chevrolet Spin Activ ngepot ngedrift slalom

Bicara tentang kemudi, Chevrolet Spin memiliki kemudi yang terasa sedikit lebih berat dibandingkan dengan MPV masa kini yang umumnya sudah menggunakan Electronnic Power Steering (EPS), karena Chevrolet Spin masih menggunakan Hydraulic Power Steering (HPS). Namun berita baiknya, karena menggunakan model hidrolik, rasa pengendalian masih dapat dinikmati dibandingkan EPS yang cenderung seperti membawa sebuah mobil mainan.

Dengan handling yang baik serta suspensi yang nyaman untuk sebuah mobil keluarga, Chevrolet Spin rasanya menjadi pilihan menengah antara kenyamanan dan pengendalian.

Performa

Chevrolet Spin dibekali dengan mesin 1.500 cc bertenaga 109 Ps di 6.000 Rpm dan torsi 142 Nm. Tidak ada yang spesial dari mesin ini kecuali suara mesinnya yang sangat nikmat di dengar untuk ukuran LMPV. Baik akselerasi dan konsumsi BBM-nya cenderung menengah, ia tidak terlalu irit dan tidak terlalu kencang, namun masih tetap bisa dibilang irit dan kencang. Tenaganya juga tidak menyentak-nyentak seperti mobil Jepang kebanyakan, Chevrolet membuatnya halus dan tenaganya terasa linear dari Rpm rendah hingga Rpm tinggi.

Mesin S-TECH III 16 Valve Chevrolet Spin Activ 1.5-liter

Bagian terbaik dari sistem mekanis penggerak Chevrolet Spin Activ ada pada transmisi Automatic 6 percepatannya. Transmisi ini adalah transmisi automatic satu-satunya di kelas low MPV yang memiliki mode Shiftronic seperti layaknya mobil manual di kelas ini. Pada tuas transmisi D, transmisinya sangat halus dan sangat cepat perpindahan gigi-nya ketika kita membutuhkan akselerasi spontan untuk mobil di kelas ini.

Namun satu hal yang kami tidak suka dari transmisi Shiftronic 6 percepatan ini ada pada akurasi perpindahan giginya yang kurang akurat, ketika menekan tombol untuk menaikan gigi, kita akan mengalami jeda sepersekian detik yang membuat kami harus menebak-nebak kapan waktu yang pas untuk memindahkan gigi. Namun ketika menurunkan gigi, transmisi ini sangat cepat dibandingkan menaikannya, sehingga jika kita butuh menurunkan gigi di saat ingin menyusul, rasanya fitur ini sangat tepat.

Tuas transmisi automatic AT Shiftronic Chevrolet Spin Activ

Bisa disimpulkan dari segi transmisi, mobil ini memiliki transmisi automatic yang sangat baik untuk sebuah MPV, namun anggap saja anda tidak memiliki mode manual karena kurang akurat, toh posisi “D” di Chevrolet Spin ini jauh terasa lebih responsif dibandingkan dengan mobil-mobil sekelasnya.

Akselerasi mobil ini dari 0 ke 100 km/jam kami dapat kan di angka 15.3 detik pada mode transmisi “D”, karena kami tidak mendapatkan hasil yang baik pada mode manual dikarenakan perpindahan gigi yang tidak akurat, jika pengemudinya sudah terbiasa membawa mobil ini dan mengetahui waktu yang tepat untuk menaikan gigi, kami yakin mobil ini bisa berada di angka 13 hingga 14 detik.

Test drive Chevrolet Activ Indonesia

Dalam artian, untuk posisi transmisi “D” atau posisi biasa, mobil ini dapat berakselerasi dengan baik tanpa harus menggunakan mode sport atau manual. Dan lagi mobil ini juga memiliki bobot yang cukup berat di kelasnya karena plat bodi yang tebal. Sayangnya kami tidak mendapatkan referensi bobot resmi kendaraan ini, namun di versi Amerika yang memiliki mesin 1.800 cc, mobil ini memiliki bobot hampir 1.7 Ton. Varian 1.500 cc pasti lebih ringan.

Ketika mengemudikan mobil ini di jalan tol, kami merasa mobil ini masih stabil dan tidak menunjukan gejala limbung. Peredaman suara di kecepatan tinggi juga sangat baik karena penggunaan 6 gigi yang memiliki rasio lebih luas dibandingkan dengan transmisi 4 Р5 percepatan otomatis biasa.

Fitur dan Keamanan

Chevrolet Spin Activ memiliki fitur yang lengkap mulai dari audio dengan Bluetooth, USB, AUX dan CD MP3 serta Steering Switch Control pada setir. Dari segi pengemudi, kita mendapatkan speedometer digital lengkap dengan MID yang cukup mendetail, kursi dengan pengatur ketinggian dan Tilt Steering. Oh iya, kita juga mendapatkan Immobilizer Key model lipat yang nyaman dimasukan dengan mudah ke dalam saku celana.

Kunci Key Immobilizer dengan alarm Chevrolet Spin Activ

Sedangkan untuk penumpang, kita disuguhkan dengan AC Double Blower yang merata hingga baris ketiga, 4 buah Power Window, fitur Follow Me Home Headlights dan untuk keamanan mobil MPV dari Chevrolet Indonesia ini sudah dibekali dengan ABS (Anti-lock Braking System) dan dua buah Airbag.

Uniknya mobil ini memiliki kekurangan di sektor yang jarang kita temukan seperti power window tanpa Auto up/down para bagian jendela pengemudi dan tidak adanya sensor parkir. Tapi konon katanya sensor parkir dijadikan bonus dari sales.

Desain bumper belakang Chevrolet Spin Activ 1.500 cc

Kesimpulan

Boleh dibilang Chevrolet Spin Activ ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan kompetitornya, bagian yang terbaik ada pada suspensinya yang memberikan kemampuan menyenangkan antara kenyamanan dan pengendalian. Lalu audio yang memiliki suara terbaik, transmisi automatic terbaik dan penampilan yang tidak sekedar menambahkan aksesoris belaka pada varian ultimate Spin ini.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dari dua video review Chevrolet Spin Activ dibawah ini

What we like :

- Ubahan yang cukup signifikan dibandingkan dengan model standar

- Tranmisi AT cepat dan responsif pada posisi “D”

- Suspensi yang baik antara kenyamanan dan pengendalian

- Suara mesin yang merdu

- Kualitas audio sangat baik

- Peredaman kabin cukup baik

- Speedometer canggih

- Akses mudah pada ban cadangan

- AC hingga baris ketiga

- Visibilitas pengemudi yang baik

- Headroom baris ketiga terlega di kelasnya

- Folding Key with Immobilizer

We don’t :

- Posisi mengemudi terlalu tinggi

- Jok terasa keras

- Bangku baris kedua tidak sliding

- Mode manual yang tidak akurat

- Tidak tersedianya power window auto up/down dan sensor parkir

Review Interior dan Eksterior Chevrolet Spin Activ

Driving Impression Chevrolet Spin Activ

Chevrolet, Desain Bumper Depan Chevrolet Spin Activ Crossover: Test Drive Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT by AutonetMagz [with Video]Chevrolet, Over Vender Spakbor Chevrolet Spin Activ: Test Drive Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT by AutonetMagz [with Video]Chevrolet, Detail Perubahan Pada Chevrolet Spin Activ Crossover Style: Test Drive Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT by AutonetMagz [with Video]Chevrolet, Black Dashboard Hitam Chevrolet Spin Activ: Test Drive Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT by AutonetMagz [with Video]Chevrolet, Audio Steering Switch Control Pada Setir Chevy Spin Activ: Test Drive Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT by AutonetMagz [with Video]Chevrolet, Audio System Head Unit Chevrolet Spin Activ: Test Drive Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT by AutonetMagz [with Video]Chevrolet, Tombol Pengaturan Lampu Chevy Spin Activ: Test Drive Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT by AutonetMagz [with Video]Chevrolet, Speedometer Digital Chevrolet Spin Activ 1.5 Automatic: Test Drive Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT by AutonetMagz [with Video]Chevrolet, Detail Material Bahan Kursi Jok Chevrolet Spin Activ: Test Drive Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT by AutonetMagz [with Video]Chevrolet, Posisi Mengemudi Driving Position Pada Chevrolet Spin Activ: Test Drive Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT by AutonetMagz [with Video]Chevrolet, Luas Kabin Belakang Jok Baris Kedua Chevrolet Spin Activ: Test Drive Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT by AutonetMagz [with Video]Chevrolet, AC Chevrolet Spin Hingga Bangku Jok Barus Ke Tiga Di Belakang: Test Drive Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT by AutonetMagz [with Video]Chevrolet, Bagasi Chevrolet Spin Activ Dan Tempat Ban Serep: Test Drive Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT by AutonetMagz [with Video]Chevrolet, Suspensi Chevrolet Spin Activ Indonesia: Test Drive Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT by AutonetMagz [with Video]Chevrolet, Chevrolet Spin Activ Ngepot Ngedrift Slalom: Test Drive Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT by AutonetMagz [with Video]Chevrolet, Review Chevrolet Spin Activ Test Drive By AutonetMagz Indonesia: Test Drive Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT by AutonetMagz [with Video]Chevrolet, Mesin S TECH III 16 Valve Chevrolet Spin Activ 1.5 liter: Test Drive Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT by AutonetMagz [with Video]Chevrolet, Tuas Transmisi Automatic AT Shiftronic Chevrolet Spin Activ: Test Drive Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT by AutonetMagz [with Video]Chevrolet, Kunci Key Immobilizer Dengan Alarm Chevrolet Spin Activ: Test Drive Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT by AutonetMagz [with Video]Chevrolet, Test Drive Chevrolet Activ Indonesia: Test Drive Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT by AutonetMagz [with Video]Chevrolet, Desain Bumper Belakang Chevrolet Spin Activ 1.500 Cc: Test Drive Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT by AutonetMagz [with Video]

Tags : audo head unit Chevy Spin Activ, Mesin Chevrolet Spin Activ, Pemaparan detil Chevrolet Spin Activ, laporan ulasan detail Chevrolet Spin Activ, Chevrolet Spin Activ review, review Chevrolet Spin Activ,