Tes Tabrak Euro NCAP : Suzuki Vitara dan Renault Espace 5 Bintang, Mazda 2 dan Fiat 500X 4 Bintang

by  in  Berita & Fiat & International
Tes Tabrak Euro NCAP : Suzuki Vitara dan Renault Espace 5 Bintang, Mazda 2 dan Fiat 500X 4 Bintang
0  komentar
Suzuki-Vitara-Euro-NCAP

AutonetMagz.com – “Mobil harus punya tingkat keselamatan yang bagus,” begitulah salah satu pertimbangan utama masyarakat Eropa saat memilih mobil. Yang menjadi rujukan mereka tentu hasil tes tabrak Euro NCAP yang standarnya cukup tinggi. Nah, Euro NCAP baru-baru ini sudah resmi merilis hasil pengujian mereka terhadap 4 mobil baru, yaitu Suzuki Vitara, Renault Espace, Mazda 2 dan Fiat 500X.

Hasilnya, Suzuki Vitara dan Renault Espace menjadi yang terbaik dengan memperoleh 5 bintang, sementara Mazda 2 dan Fiat 500X sendiri tidak buruk dengan rating 4 bintang yang berhasil diraihnya. Uniknya, di antara Vitara dan Espace, tingkat perlindungan milik Vitara lebih unggul daripada Espace.

tes-tabrak-depan-suzuki-vitara

Beginilah detail hasilnya : Vitara memperoleh skor proteksi penumpang dewasa 89%, proteksi penumpang anak-anak 85%, proteksi pejalan kaki 76% dan fitur penunjang keselamatan 75%. Salah satu fitur yang amat membantu meraih skor ini adalah Autonomous Emergency Braking sebagai salah satu syarat utama jika ingin meraih hasil 5 bintang.

Sementara Espace, harus puas di urutan kedua dengan skor proteksi penumpang dewasa 86%, proteksi penumpang anak-anak 89%, proteksi pejalan kaki 70% dan fitur penunjang keselamatan 80%. Pada skema tabrakan frontal, rancangan dashboard Espace ternyata berpotensi melukai penumpang depan meski sudah ada airbag.

hasil-tabrak-samping-renault-espace

Sementara pada tes tabrak samping, hasilnya sedikit lebih mengerikan. Saat ditabrak, pintu baris kedua malah terbuka dan bisa membuat penumpang terlempar keluar, padahal seharusnya pintu baris kedua tetap terkunci. Hal ini jelas berbahaya, dan inilah yang mengurangi skor total Espace sehingga harus berada di bawah Vitara.

Sementara Fiat 500X di tempat ketiga meraih skor proteksi penumpang dewasa 86%, proteksi penumpang anak-anak 85%, proteksi pejalan kaki 74% dan fitur penunjang keselamatan 64%. Mazda 2 menjadi yang terakhir dengan skor proteksi penumpang dewasa 86%, proteksi penumpang anak-anak 78%, proteksi pejalan kaki 84% dan fitur penunjang keselamatan 64%.

tes-tabrak-depan-fiat-500x

Apa yang menyebabkan Euro NCAP tidak memberikan bintang 5 untuk Fiat 500X dan Mazda 2? Jawabannya, keduanya tidak menawarkan Autonomous Emergency Braking sebagai standarnya, jadi maksimal hanya 4 bintang. Adakah yang unik dengan pernyataan yang kami kutip dari Euro NCAP ini? Sebenarnya ada, terutama jika kita bandingkan fitur mobil di Eropa dengan Indonesia.

tes-tabrak-depan-mazda-2-merah

Mazda 2 yang kita kenal di sini sudah punya Autonomous Emergency Braking yang dinamai Smart City Brake Support, meski hanya di tipe GT, namun Euro NCAP menyatakan pada standar Mazda 2 Eropa yang menjadi mobil tes, fitur tersebut tak ada sebagai standar, hanya sebagai opsi tambahan saja. Artinya, jika menambahkan fitur ini, ada kemungkinan Mazda 2 dan Fiat 500X versi Eropa bisa meraih 5 bintang juga seperti Vitara dan Espace.

Bagaimana menurut anda tentang hasil tes tabrak keempat mobil baru ini? Sampaikan di kolom komentar, dan bagi yang ingin tahu proses pengujiannya dan hasilnya, silakan simak galeri fotonya dan mainkan keempat video di bawah ini!

Photo courtesy : Euro NCAP

Read Prev:
Read Next: