Selama 25 Hari Jelajahi Eropa, Honda Civic Tourer Diesel Catat Rekor Dunia Guiness untuk Konsumsi BBM Teririt

by  in  Berita & Honda & International
Selama 25 Hari Jelajahi Eropa, Honda Civic Tourer Diesel Catat Rekor Dunia Guiness untuk Konsumsi BBM Teririt
0  komentar
honda-civic-tourer-pecahkan-rekor-guiness

AutonetMagz.com – Bulan lalu, Honda Eropa berkata kalau mereka akan melakukan perjalanan jauh mengelilingi 24 negara Eropa bersama Honda Civic Tourer Diesel untuk membuktikan kalau efisiensi BBM mesin i-DTEC-nya bukan isapan jempol kaki belaka? Nah, rupanya Honda Civic versi mobil keluarga yang sudah menempuh jarak sekitar 13.498 km itu tidak pulang dengan tangan hampa, sebab ia diganjar penghargaan sebagai mobil dengan konsumsi BBM teririt versi Guiness World Record. Wow!

Lebih jelasnya lagi, gelar resminya adalah “Lowest fuel consumption – all 24 contiguous EU countries (all cars)”. Perjalanan menempuh 24 negara di Eropa selama 25 hari ini membuahkan konsumsi BBM rata-rata sekitar 2,82 liter/100 km alias 35,4 km/liter. Ini lebih baik daripada klaim Honda sendiri yang mematok angka 3,8 liter/100 km bagi mesin 1.600 cc 4 silinder i-DTEC milik Civic Tourer.

pengemudi-honda-civic-tourer-diesel

Dua pengendara yang berjasa mencetak rekor ini adalah tim Riset dan Pengembangan Honda Eropa, namanya Fergal McGrath dan Julian Warren. Sebagai gambaran, jarak 13.498 kilometer adalah perkiraan jarak yang ditempuh kalau mau berkendara bolak-balik dari jalanan Anyer-Panarukan yang dibuat saat jaman penjajahan hingga 6 kali lalu stop di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk lesehan.

Setiap tangki Civic Tourer penuh dengan bahan bakar diesel, rata-rata jarak tempuhnya bisa mencapai 1.500 km, dan selama 25 hari tersebut, total biaya yang dihabiskan untuk bahan bakar adalah 645 Euro, atau sekitar 9,42 juta Rupiah. Mahal? Relatif, tapi kalau untuk menempuh jarak hampir 13.500 kilometer, kedengarannya murah juga.

honda-civic-tourer-diesel-keliling-eropa

Perjalanan panjang nan lama ini dimulai di Aalst, Belgia pada 1 Juni lalu, dengan mengelilingi Eropa searah jarum jam. Mereka kembali ke titik awal pada Juni lalu, dan baru kemarin hasil resminya diumumkan. Baik Fergal maupun Julian masing-masing berkendara selama 7,5 jam sehari dengan jarak tempuh masing-masing 600 kilomter. Sisa waktu mereka dipakai untuk istirahat.

Apa rahasia mereka sehingga bisa memperoleh konsumsi BBM yang irit? Maaf-maaf saja, mereka tidak mau membeberkan semua rahasianya, mereka hanya bilang,”Yang penting itu metode-metode logis, perencanaan rute yang baik dan hati-hati, berkendara secara halus tanpa berakselerasi atau ngerem secara kasar, mengantisipasi kondisi jalan di depan, membuang beban yang tak perlu, dan kondisi mobil harus prima setiap hari.” Selain itu, mereka selalu mematuhi batas kecepatan dan bisa mengikuti ritme lalu lintas yang mereka lewati.

Nah, sudah diberi tips mengemudi irit tuh dari pencetak rekor dunia Guiness untuk konsumsi BBM teririt, monggo dipraktekkan di kondisi berkendaramu sehari-hari. Atau ada yang mau mencoba memecahkan rekor mereka? Berapa sih konsumsi BBM teririt yang pernah kamu capai dengan mobilmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: