Rumor: Kado Ultah Honda Ke-70 Adalah S2000 Generasi Baru?

by  in  Honda & International
Rumor:  Kado Ultah Honda Ke-70 Adalah S2000 Generasi Baru?
0  komentar

AutonetMagz.com – Putar jarum jam ke belakang hingga sekitar tahun 1998-an, di situlah ada peristiwa penting bagi Honda, di mana mereka meluncurkan S2000 yang legendaris bersamaan dengan usia Honda yang ke-50. Sepertinya Honda ingin membuat sejarah berulang kembali, karena belakangan ini beredar kabar kalau mereka hendak merayakan usia ke-70 mereka dengan sebuah mobil yang disinyalir adalah S2000 terbaru.

Menurut sumber yang berbicara kepada Caranddriver, tidak hanya mobil saja yang akan diluncurkan, tapi sebuah motor baru juga.”Motornya nanti pakai basis RC213-V di MotoGP, hanya settingnya dijinakkan sedikit,” Hm, kok terlintas Honda RC213V-S ya di pikiran saya? Soal mobilnya,”Akan menjadi sebuah mobil yang spesial. Ukurannya bakal mirip Mazda MX-5, tapi Honda akan memberikannya tenaga lebih besar.”

acura nsx blue

Tapi untuk saat ini, Honda tidak punya platform spesial untuk layout FR (mesin depan, gerak roda belakang). Kalaupun ada, paling MR (mesin tengah, gerak roda belakang) seperti Honda S660, makanya kemarin sempat ada kabar kalau Honda S2000 teranyar akan mengusung penggerak AWD dengan format bodi sebuah coupe. Mmm… Bakal kontradiktif tidak ya? S2000 kan terkenal sebagai roadster RWD yang gesit.

Meski demikian, masih ada harapan. Honda bisa saja mengambil basis dari konsep Acura Precision yang merupakan sebuah konsep mobil hybrid FR dengan mesin 2.000 cc. Ekspektasinya adalah, Honda S2000 baru tidak akan berbobot lebih dari 1.315 kg, tapi sepertinya itu agak sulit deh kalau sudah bahas pakai hybrid dan lain-lain. Mau bukti? NSX dulu ringan, tapi NSX sekarang berat karena sistem hybrid, SH-AWD dan tetek bengek lainnya.

Honda-S660-roadster

Dan sama seperti NSX, S2000 berikutnya diklaim tidak akan murni mobil JDM, karena seluruh engineering dan pengujiannya akan dilakukan di Amerika Serikat. Begitu pula kemungkinan produksinya, diklaim akan bersebelahan dengan produksi NSX di pabrik Honda di Ohio, karena sudah ada banyak orang R&D Honda Jepang yang siap mengurus generasi baru S2000 di sana. Akankah terwujud? Kita lihat saja. Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: