Review Ford EcoSport 1.5L tipe Titanium oleh AutonetMagz [with Video]

by  in  Ford & Mobil Baru & Review
Review Ford EcoSport 1.5L tipe Titanium oleh AutonetMagz [with Video]
0  komentar

Review Ford EcoSport tipe Titanium Indonesia 2014Jakarta, AutonetMagz – Di Eropa, pasar mobil sub-compact yang dihuni oleh Honda Jazz, Toyota Yaris dan Ford Fiesta sudah mulai bergeser ke arah compact SUV atau crossover semenjak Nissan memperkenalkan Nissan Juke. Kali ini AutonetMagz akan mencoba sebuah mobil baru dari PT Ford Motor Indonesia di kelas compact SUV yaitu Ford EcoSport yang menjadi kandidat kuat untuk memulai perubahan trend sub compact hacthback ke compact SUV karena memiliki rentang harga yang sebanding. Yuk mari kita bahas secara mendalam!

Eksterior

Ford EcoSport merupakan mobil global yang akan dijual hampir di seluruh belahan dunia. Untuk pasar Indonesia, kita mendapatkan unit rakitan Thailand. Namun secara garis besar, desain mobil ini sama seperti Ford EcoSport yang kita temukan di negara lain karena filosofi “One Ford”.

Komparasi visual Ford EcoSport dengan Nissan Juke

Secara desain, mobil ini terlihat besar, namun ketika Anda melihat secara langsung, ternyata Ford EcoSport memiliki ukurang yang sangat kompak, bahkan ketika kami memarkir mobil ini di salah satu pusat perbelanjaan terasa sangat mudah untuk diparkirkan sendiri seperti layaknya Ford Fiesta atau sekelasnya.

Desain depannya menganut filosofi desain Ford terbaru yaitu Kinetic Design yang saat ini sedang diaplikasikan di seluruh model Ford terbaru, lampu depannya dibuat sipit tanpa projector, di bagian bawah lampu kita akan menemukan LED stripe memanjang yang tidak menyala di siang hari karena lampu LED tersebut digunakan sebagai lampu senja. Saran kami, jika berkendara di siang hari tidak ada salahnya dinyalakan agar terlihat seperti LED DRL (Daytime Running Light).

Lampu senja LED Ford EcoSport

Untuk varian Titanium yang AutonetMagz test, grille dan housing fog lamp-nya sudah dilengkapi dengan ornamen chrome. Dibawah fog lamp kita akan menemukan bentuk bumper yang memiliki alur rumit untuk menambah aerodinamika. Bahkan setiap detail di mobil ini sengaja dibuat untuk meminimalkan hambatan angin. Maka tidak heran meskipun Ford EcoSport memiliki desain yang besar serta ground clearance tinggi, namun mobil ini mencatatkan nilai hambatan angin hanya 0.36 cd saja, sangat baik untuk sebuah SUV.

Ground clearance Ford EcoSport

Dari belakang, kita akan menemukan tampilan yang sebagian orang menganggapnya sudah ketinggalan jaman, karena adanya ban cadangan yang di ‘gendong’ dengan desain cover sederhana, namun ini kembali kepada selera masing-masing. Hal yang unik pada Ford EcoSport ada pada desain door handle pintu belakang yang berada di sebelah kanan (mobil sejenis lain di Indonesia ada di sebelah kiri) dan di kamuflasekan dengan desain lampu belakang.

Rear fog lamp Ford EcoSport

Selain itu, Ford EcoSport sudah dibekali dengan roof rail, frameless wiperfog lamp belakang dan velg 16 inchi dengan desain unik. Yang menarik, meskipun Ford menyebutnya urban SUV (SUV perkotaan), EcoSport justru memiliki kemampuan off-road yang cukup oke berkat ground clearance 200 mm dan water wading 550 mm, sehingga tidak perlu takut ketika menerabas banjir.

Interior

Masuk ke dalam kabin EcoSport, interiornya tidak jauh berbeda seperti milik saudaranya yaitu Ford Fiesta, bentuknya sangat identik, hanya terjadi beberapa ubahan kecil yang seperti pada ventilasi AC dan door trim. Sisanya sama saja seperti Ford Fiesta karena memang mobil ini masih menggunakan platform yang sama.

Interior dashboard Ford EcoSport

Meskipun tidak ubahnya seperti Fiesta, namun kualitas pengerjaan dan bahan materialnya terasa sangat baik untuk mobil dengan harga dibawah 300 juta. Masuk ke dalam interior, kita akan disambut dengan jok kulit yang memiliki jahitan berwarna merah. Yang menarik ketika kita duduk di bangku pengemudi, kita akan menemukan pengaturan yang sangat kaya mulai dari setir yang memiliki pengaturan tilt and telescopic, jok dan seatbelt yang sudah dilengkapi height adjuster, lumbar support untuk mengatur ketebalan sandaran punggung dan handrest, beuh!

Speedometer dan stir dengan audio switch control pada Ford EcoSport

Tidak hanya sampai duduk saja, saat menggenggam kemudi pun kita akan merasakan kemudi dengan balutan kulit dan speedometer yang memiliki warna icy blue. Seperti layaknya mobil Eropa dan Amerika lainnya, EcoSport memilki tuas sein di sebelah kiri dan tombol pengatur lampu pada dashboard sebelah kanan dengan model putar.

Centre cluster dashboard dari Ford EcoSport sangat identik dengan Ford Fiesta, teknologi Ford SYNC™ dengan sebuah layar LCD monochrome berwarna senada dengan speedometer memberikan kesan futuristik sekaligus rumit, karena kita akan menemukan banyak tombol mulai dari pilihan mode sumber audio dan angka-angka yang biasa kita temukan pada telepon genggam.

Audio Ford Sync di Ford EcoSport

Ini dikarenakan Ford Ecosport memiliki on board computer seperti layaknya i-Drive pada BMW namun lebih sederhana. Teknologi Ford SYNC™ ini mampu menjaga konsentrasi mengemudi tanpa harus terganggu pengaturan audio, kita dapat memilih lagu, memilih frekuensi radio, melakukan panggilan telepon, membaca dan membalas SMS hanya dengan perintah suara yang terhubung melalui smartphone lewat Bluetooth. Sayang, layar tengah Ford EcoSport tidak bisa memutar video.

Teknologi Ford SYNC™ yang digunakan sama persis pada Ford Fiesta, kami sudah pernah mengulasnya dalam video di bawah ini.

Utilitas dari mobil ini bisa diacungi jempol bila dibandingkan dengan mobil-mobil lain sekelas dengan harga dibawah 300 juta-an. Sebut saja Ford EcoSport memiliki door trim dengan dua buah cup holder dan door pocket yang sangat luas serta sebuah umbrella holder tersembunyi. Pada centre cluster terdapat dua buah card holder dan di konsol tengahnya kita akan menemukan ruang yang sangat besar dengan cup holder.

Storage laci mobil Ford EcoSport

Glove box Ford EcoSport tergolong cukup unik karena memiliki dual layer dan sebuah ventilasi AC untuk menjaga minuman tetap dingin. Tidak lupa kita akan menemukan sebuah laci dibawah kursi penumpang depan untuk menaruh sepatu kesayangan ataupun komputer tablet.

Cukup lengkap kan?

Akomodasi

Dari review yang dilakukan oleh tester AutonetMagz, akomodasi pada penumpang depan dan belakang sudah lebih dari cukup. Kita akan menemukan ruang kaki dan kepala yang ideal tanpa harus terasa berlebihan.

Duduk di bangku belakang juga tidak terasa di anak tirikan, karena kita dapat mengatur reclining kursi belakang hingga 5 step dan kita juga akan menemukan sebuah colokan listrik di bangku sebelah kanan.

Seperti layaknya sebuah hatchback, rupanya EcoSport tetap memiliki utilitas yang sama baiknya berkat sebuah tray modal tarik yang dapat digunakan untuk menaruh barang bawaan. Tray ini juga bisa dilepas dengan mudah untuk menambah kapasitas bagasi.

Bagasi luas Ford EcoSport

Bagasi belakangnya bisa dibilang cukup luas bila dibandingkan dengan Nissan Juke, juga lebih besar bila dibandingkan dengan sub compact hatchback, namun terasa kecil bila dibandingkan dengan Toyota Rush 5 seater. Kapasitas 362 liter bagasi mobil ini bisa ditambahkan menjadi 705 liter jika kursi belakang terlipat, namun model pelipatannya terasa sangat sederhana seperti kompetitor di kelasnya.

Tool kit tersimpan rapi dibawah lantai bagasi belakang. Satu hal unik, Ford memberikan ruang lebih pada bagasi EcoSport dengan memberikan cekungan ke dalam pada door trim belakang mobil ini, boleh juga.

Fitur

Sebenarnya sedikit malas untuk menulis fitur pada Ford EcoSport karena mobil ini dijejali fitur yang sangat banyak untuk ukuran mobil dibawah 300 juta, karena sepertinya akan menjadi tulisan yang sangat panjang.

Sensor parkir mobil Ford EcoSport

Oke, mari kita mulai dari sensor. Ford EcoSport sudah dilengkapi dengan sensor parkir dengan visualisasi jarak di layar utama yang menunjukan jarak dari 4 titik sensor di bagian bumper belakang. Sensor lainnya adalah rain sensor yang secara otomatis mengaktifkan wiper depan ketika hujan dan auto light sensor yang dapat menyalakan lampu secara otomatis ketika berada di dalam terowongan atau di malam hari. Sensor terakhir adalah rear parking mirror atau spion mundur (tengah) yang dilengkapi dengan auto dimming, sehingga ketika mendapatkan sorot lampu besar dari mobil yang ada di belakang, maka kaca spion akan meredup secara otomatis agar pengemudi tidak terasa silau.

Fitur Electronic Stability Programme ESP mencegah gejala understeer pada Ford EcoSport

Kedua adalah pengendalian. Ford EcoSport sudah dilengkapi dengan Electronic Stability Programme (ESP) yang merupakan fitur standar keselamatan di Eropa. Mungkin terdengar sepele, namun fitur ini sangat penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan di kecepatan tinggi. ESP akan bekerja secara otomatis mencegah terjadinya understeer sehingga pengemudi masih dapat mengontrol kendaraannya jika terjadi keadaan bahaya, maka tidak heran jika untuk melakukan drifting atau slalom, fitur ini harus dimatikan terlebih dahulu.

Traction Control juga menjadi salah satu fitur di EcoSport, fitur ini mencegah ban kehilangan traksi ketika dipacu dari keadaan diam atau ketika berakselerasi. Ford sengaja memberikan traction control agar mobil ini tetap bisa diajak melewati rintangan dengan permukaan jalan yang kurang baik meskipun menggunakan penggerak roda depan.

Fitur Hill Start Assist mencegah mundur di tanjakan pada Ford EcoSport

Hill Start Assist membantu mobil agar tidak mundur ketika pengendara memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas dalam keadaan diam saat di tanjakan. Dan tentu saja fitur-fitur seperti rem dengan ABS, EBD dan dual airbags sudah tersedia di mobil ini.

Bagaimana dengan teknologi di dalam interiornya? Mari kita mulai dari Keyless Entry dengan Push Start/Stop Engine Button. Namun sayangnya EcoSport tidak dilengkapi dengan retractable mirror dan auto folding mirror seperti pada Fiesta, sehingga ketika kita mengunci pintu, spion tidak melipat secara otomatis. Namun tidak masalah karena Ford memberikan kompensasi dalam bentuk Sunroof yang jarang sekali kita temukan di mobil-mobil dengan harga kurang dari 300 juta.

Sunroof mobil Ford EcoSport

AC EcoSport juga sudah dilengkapi dengan digital display dan fitur Auto Climate Control, sehingga ketika menekan tombol auto, AC secara elektronik akan menjaga suhu interior sesuai dengan derajat temperatur yang dibutuhkan dan tertera dalam display.

Tombol pengaturan AC mobil Ford EcoSport

Pada sistem audio, Ford EcoSport memiliki audio yang terintegrasi dengan on board computer sehingga semua pengaturan mesin, pengendalian dan Bluetooth akan tertera di sebuah layar. Kita sudah membahas Ford SYNC™ pada paragraf sebelumnya di bagian intrerior, maka dari itu mari kita membahas kualitas audio. Output suara yang dihasilkan oleh EcoSport tidak ubahnya seperti Ford Fiesta yang bisa dibilang terbaik di kelasnya.

Ground clearance dan water wading Ford EcoSport

Fitur unggulan dari Ford EcoSport ada pada sunroof yang dapat dibuka. Fitur lain yang tidak dapat disebutkan sebagai perangkat tambahan juga menjadi kunci utama penjualan Ford EcoSport, seperti misalkan ground clearance 200 mm dan water wading 550 mm tentunya membuat mobil ini bisa menjangkau berbagai medan berat.

Agar lebih jelas, AutonetMagz telah membuat review eksterior dan interior Ford EcoSport ini dalam format video, dapat ditonton di bawah ini.

Read Prev:
Read Next:
  • arul

    berharap ford ecosport ecoboost masuk ke indonesia 😀

  • GTR

    Sama kyk Autonetmagz, sy jg liat mobil ini di jalan jauh lbh kecil presence aslinya drpd dr foto2nya. Mnrt sy lbh baik ban serep ditaruh dlm, krn dg dimensi mobil sekecil ini dg ban serep luar malah kyk memaksakan diri seakan ‘SUV gede’.Tp krn dimensi yg kecil, jdnya malah ‘awkward’ alias wagu kl bhs jawanya.Mending serep dalam,bag belakang jd clean,bukaan ke atas lbh praktis.

  • Suherman

    Ada yang jual pintu belakangnya gak ya?
    atau tuh pintu kalo ban serepnya dibuka, mulus tanpa coakan??

    Info ya klo ada yg tau

  • Juanda

    kapan yg tipe Titanium ini ada diskon yaaaa,,,,
    mau jual Terios dulu ah 😀

  • rizki

    Handel pintu belakang ada disebelah kanan karena mobil ini berbasis Fiesta yang awalnya hanya ada versi setir kiri, dimana mobil setir kiri berjalan di jalur kanan, sehingga kalau membuka ke kanan akan terasa aneh

  • michael

    Kenapa nggak di tes sekalian water wadingnya, bener nggak tuh bisa 550 mm? soalnya mobil yang pake elektronic canggih gitu lebih rentan kelistrikannya

    Kalau Rush dia SUV sejati, kelistrikannya simpel jadi lebih kuat kena banjir, saya sudah tes sendiri waktu banjir besar kemarin

    • adeodatus

      saya juga udah coba water wading nya..aman aman aja

    • febr

      wkwkwk Rush SUV sejati karena fiturnya yang “Basic” wkwk

  • roysuryo

    indennya lama banget, nggak jadi ah…

  • alvin

    ecosport masih kurang:
    -Fitur audio yang ada + DVD player, touchscreen, kamera belakang
    -Lampu mundur dobel (truk/pickup aja nyediain lampu mundur dobel)
    -Retractable mirror
    -Projector headlight + DRL
    -mesin ecoboost kalo bisa juga pakein

  • fakhanzaa D.

    Review ny mendalam. Video nya bagus. .. Review jg dunk rival sekelasny.. Misal ny terios.. Oh ya… Terios. Review dunk daihatsu terios

  • Baruno

    yang masih mengganjal dihati dan satu2nya bikin deg2an tuh kelistrikan sensor2 yg ada kira2 masa pemakaian nya berapa tahun atau berapa jam?

    trus cara perawatan sensornya bagaimana supaya bisa awet dipake?

    menurutsaya pribadi justru teknologi yg tinggi yg menjadikan sebuah mobil aftersales nya jatuh karena tidak diimbangi informasi lebih dalam mengenai perawatan elektronik yg ada.

    sebagai contoh: sekitar tahun 2009-2010 banyak importir memasukan Truk jepang CBU yg memiliki teknologi lebih bagus. tapi apa jadinya disini banyak sopir2 truk dan mekanik yg tidak mengerti perbaikan dan perawatan teknologi tersebut dan hasil nya semua elektrik truk CBU dipaksa dirubah manual.

    Kedepan nya Semoga AutonetMagz juga memberikan tips perawatan DIY pada mobil2 dengan segudang feature canggih.

  • okisyauqi

    Kemarin udah coba ini mobil. Enak banget, kedap, suara mesinya keren, finishing sangat rapi, jok nyaman, audio ciamik, performa juga oke. Tapi kayaknya soal tanjakan & banjir si kembar lebih jago, karena pas temen saya nyoba jalan nanjak ban depan bolak balik spin. Padahal xenia & apv bisa melewatinya dgn mudah

  • tedi pratama

    Minum bbm matic nya brapa? Hehehe…
    ada yg tau engga??? Junur yahhh….