Pembalap F1 Minta Mobil Balap Dengan Kokpit Berpelindung Hadir Secepatnya

by  in  Berita & International & Motorsports
Pembalap F1 Minta Mobil Balap Dengan Kokpit Berpelindung Hadir Secepatnya
0  komentar
mercedes-benz-halo-style-cockpit

AutonetMagz.com – Para pembalap F1 kini punya hal yang lebih penting daripada menggubris ucapan bos F1 yang bilang balapan F1 sekarang payah, yakni soal perhatian keselamatan mobil F1 yang mereka kendarai di tiap seri balapan. Tentu saja,di setiap balapan mereka harus menjinakkan mobil yang melaju lebih dari 200-300 km/jam, butuh perangkat keselamatan lengkap selain doa yang dipanjatkan dari orang terdekat kepada Yang Mahakuasa.

Untuk sekarang, para pembalap minta perlindungan di sektor kepala ditingkatkan, karena helm saja tidak cukup. Itu terlepas dari perubahan rancangan mobil yang mencakup kokpit juga, dengan perubahan sektor pelindung samping hingga 20 mm dan penguatan area untuk menahan tekanan atau benturan sebesar 50 kilonewton, naik dari angka 15 kilonewton pada mobil F1 versi tahun lalu.

mercedes-benz-halo-style-cockpit-mekanisme

Pemicunya jelas, pasca wafatnya almarhum Jules Bianchi yang meninggal pasca mengalami luka serius di kepala, waktu mobil F1-nya harus balapan menembus hujan dan nasib naas membuatnya menabrak crane. Sebulan setelahnya, mantan pembalap F1 Justin Wilson juga meninggal akibat luka fatal di kepalanya saat mengalami kecelakaan di balapan Indy Car.

Mantan pembalap F1 yang kini menjadi bos Grand Prix Driver’s Association (GDPA), Alex Wurz menyampaikan kepada BBC bahwa rasanya tidak ada alasan bagi F1 untuk menunda-nunda pengenalan kokpit dengan kanopi pelindung secepat mungkin, harus sudah muncul tahun 2017. Soal desain dan engineering, tidak usah sok bingung, karena Mercedes Benz dan McLaren sudah pernah memperkenalkan konsep mobil F1 dengan kokpit tertutup.

mclaren mp4-x

Dengan penutup itu, diharapkan bisa mengurangi potensi luka yang mengancam kepala jika terjadi kecelakaan. Pokoknya, kami harap jangan ada akuntan yang merancang sistem keselamatan mobil F1 tahun 2017, nanti takutnya pas F1 facelift tahun 2017 malah ABS dihilangkan, dan baru kalau pembalap protes, muncul versi dress up dengan ABS yang kembali. Biarkan engineer dan desainer melakukan tugasnya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: