Nissan Note Akan di Produksi di Thailand Untuk Pasar Asia Tenggara, Apa Akan Masuk Indonesia?

by  in  Mobil Baru & Nasional
Nissan Note Akan di Produksi di Thailand Untuk Pasar Asia Tenggara, Apa Akan Masuk Indonesia?
0  komentar

Nissan Note Indonesia 2015Jakarta, AutonetMagz – Salah satu sahabat jurnalis otomotif dari Thailand yang pernah bertemu kami di Bangkok Motorshow mengabarkan kepada kami bahwa Nissan Note akan masuk ke lini produksi di Thailand sebentar lagi. Mobil ini akan mengisi pasar antara Nissan March dan Nissan Pulsar di Thailand.

Namun produksi di Thailand tersebut tidak semata-mata untuk pasar Thailand saja, kita tahu bahwa mobil-mobil di Asia Tenggara memiliki pusat produksi di Thailand belakangan ini. Tidak sulit untuk menemukan produk rakitan Thailand meskipun beberapa APM besar sudah mulai melakukan produksi sendiri di dalam negeri.

Nissan Note belakang

Nissan Note produksi Thailand sudah di konfirmasi akan di ekspor ke beberapa negara seperti Malaysia, Singapore dan Vietnam. Bahkan beberapa website sudah mendapatkan gambar spyshot Nissan Note di negara mereka masing-masing yang sedang menjalan uji coba.

Dalam beberapa kesempatan kami berbincang dengan pihak Nissan Motor Indonesia, mereka pun tidak membantah kalau sedang melakukan studi terhadap Nissan Note di Indonesia, namun belum memutuskan apakah akan memasukan mobil ini ke Indonesia atau tidak, mengingat ketatnya persaingan sub compact hatchback di Indonesia.

Nissan Note dashboard

Di kelas sub-compact hatchback sendiri, kami melihat selain fitur dan teknologi yang menjadi jargon penjualan, nama besar merek dan ruang interior merupakan hal penting untuk masuk ke dalam pasar ini. Contohnya saja meskipun Ford Fiesta dan Mazda2 SkyActiv memiliki segudang fitur dan teknologi yang sangat canggih, masih tidak mampu menggusur Toyota Yaris dan Honda Jazz yang memiliki citra sangat kental dengan brand mereka yang kuat serta keunggulan pada kabin mereka yang lapang. Padahal teknologi yang ada di dalamnya bisa dibilang sangat ketinggalan jika dibandingkan dengan dua mobil yang telah kami sebutkan diatas.

Cukup sulit untuk menempatkan Nissan Note di Indonesia melihat 2 kubu sub compact hatchback yang terdiri dari kubu fitur dan teknologi melawan kubu brand dan interior besar. Namun sebenarnya terdapat celah yang dapat di ambil oleh Nissan untuk memposisikan Nissan Note terbaru ini sebagai penengah meskipun tidak begitu besar target pasarnya.

Nissan Note Interior

Secara fisik, Nissan Note memiliki interior yang sangat lega, bahkan lebih lega dari Yaris dan Jazz terbaru sekalipun. Saking leganya Nissan Note terbaru memiliki kursi belakang sliding yang dapat digeser untuk menambah ruang kaki atau ruang bagasi, ini adalah fitur yang hanya dimiliki oleh Nissan Note dikelasnya. Ruang bagasinya pun sangat luas seperti halnya Nissan Livina XR.

Kendala terbesar mungkin pada tampilan eksterior dan interiornya yang kurang sporty dibandingkan dengan kompetitor, bahkan terlihat sedikit aneh dari belakang untuk beberapa orang. Apalagi orang Indonesia saat ini cenderung mempersoalkan tentang wajah kendaraan yang harus di desain se-sporty mungkin. Toyota mencoba mengaplikasikan hal tersebut terhadap Yaris baru dan terbukti sukses besar meskipun tampilannya over untuk beberapa kalangan termasuk saya.

Nissan Note speedometer

Dari segi teknologi, untuk pasar Eropa mobil ini cukup menjanjikan karena sudah dilengkapi dengan teknologi terkini seperti Traction Control, Stability Control, Automatic Headlight dan Automatic Wiper seperti halnya di Ford Fiesta dan Mazda2 SkyActiv. Namun Nissan Note juga memiliki fitur unggulan seperti Birds Eye View Camera seperti Nissan X-Trail dan Glass Roof yang tidak akan anda temukan di kompetitornya.

Jika Nissan Note terbaru diberikan fitur yang lengkap dan harga yang tepat, mungkin saja Nissan Note bisa menjadi produk yang bisa diperhitungkan untuk menggerogoti pasar Jazz dan Yaris. Sekedar saran untuk Nissan Indonesia jika jadi menjual Note disini, jangan hilangkan fitur Around View Monitor dan Glass Roof,, karena kedua fitur tersebut bisa menjadi point of sales. Setuju?

Read Prev:
Read Next: