Nissan Maxima 2016 Bertenaga 300 hp Gebrak New York Auto Show

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Nissan Maxima 2016 Bertenaga 300 hp Gebrak New York Auto Show
0  komentar
Nissan-Maxima-2016

AutonetMagz.com – Sedan Nissan Maxima yang merupakan big brother dari Nissan Altima (Nissan Teana di Indonesia) kini sedang mejeng di New York Auto Show. Sedan yang dijuluki Nissan sebagai sedan sport 4 pintu ini langsung mencuri perhatian karena bentuknya yang keren. Terlepas dari desainnya, sebenarnya layak tidak sih sebutan “sedan sport 4 pintu” untuk Nissan Maxima ini? Nanti akan kita cari tahu bersama.

Dari eksterior, nampaknya Nissan telah berhasil membentuk Maxima menjadi sedan yang eye-catching. Banyak detail-detail ciamik seperti aksen floating roof layaknya mobil MINI Cooper, headlamp boomerang dan V-Motion Grille khas Nissan. Jika dilihat dari samping dan belakang, sungguh, mobil ini sangat sedap dipandang.

Nissan-Maxima-2016-samping

Lah, kok samping dan belakang saja, memangnya tampilan depannya kenapa? Ya tidak apa-apa sih, masih cukup keren, hanya saja bingkai gril hexagonal-nya agak mirip dengan mobil-mobil Hyundai zaman sekarang, tapi karena ini mereknya Nissan, kami malah ingat gril LCGC Datsun GO Panca yang bentuknya juga hexagonal. Tapi ya sudahlah, secara keseluruhan desain, kami acungkan jempol kok untuk Maxima baru ini.

Sementara di kabinnya, Nissan memilih gaya bespoke saat mendesain interior Maxima baru ini, dan hasilnya cukup menjanjikan, terkesan naik level dibanding sedan-sedan sekelasnya. Jika desainnya sudah bagus, tentu harus canggih juga dong. Lalu apakah Nissan Maxima ini canggih seperti sedan modern pada umumnya?

Interior-Nissan-Maxima-2016

Mari kita runut fitur-fiturnya. Mulai dari keamanan, Maxima punya sistem Predictive Forward Collision Warning, Intelligent Cruise Control, Forward Emergency Braking, Rear Cross Traffic Alert dan Blind Spot Monitoring, belum lagi Rear View Monitor yang akan tampil di layar head unit 8 incinya.

Tapi yang menarik, layaknya mobil-mobil di film sci-fi, Nissan Maxima bisa dinyalakan mesin dan AC-nya dari jarak jauh hanya dengan memencet tombol di remote. Keren juga nih, standarnya saja sudah ada fitur yang biasanya baru muncul di mobil merek premium. Ckckck..

setir-Nissan-Maxima-2016

Selain canggih, Nissan berusaha mendesain Maxima agar interaktif dengan pengendaranya melalui sistem Driver Attention Alert di varian platinum. Dengan membaca tingkah pengemudi dari caranya menggerakkan setir, sistem akan mengenali cara berkendara sang supir dan mengaktifkan peringatan saat kita sedang lengah atau lalai. Canggih kan?

Nah, sekarang soal jantung pacunya. Di paragraf pertama, kami bertanya apakah layak sebutan “sedan sport 4 pintu” untuk Maxima? Sepertinya layak-layak saja, mengingat mesin Maxima bukan mesin sembarangan. Mesinnya adalah mesin 3.500 cc V6 berkode VQ35DE dengan lebih dari 60 % komponennya adalah komponen baru. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga 300 hp lebih dengan konsumsi BBM 12,8 km/liter.

Nissan-Maxima-SR-2016

Bukan karena faktor tenaganya saja, tapi kode mesin ini sangat familiar untuk kami. Bagi penggemar mobil sport, khususnya buatan Nissan, kode mesin Nissan Maxima ini sama persis dengan Nissan 350Z atau Fairlady Z yang memang mobil sport ikonik buatan Nissan, dan mesin ini terkenal punya grafik powerband yang lebih baik dibanding sportcar sejenis. Jadi rasanya performanya tak perlu diragukan lagi.

Nissan Maxima tersedia dalam tipe SL, SR dan Platinum dan akan dijual pertengahan tahun 2015 dengan harga jual mulai 32.410 dollar AS atau sekitar 420 juta Rupiah. Memang sih, kami yakin Maxima tak akan masuk Indonesia, tapi kami harap Nissan Teana generasi berikutnya bisa sekeren kakaknya ini. Bagaimana menurut anda? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: