Nama BMW M4 Versi Kencang Sedang Dipertimbangkan Antara CSL atau GTS

by  in  Berita & BMW & International
Nama BMW M4 Versi Kencang Sedang Dipertimbangkan Antara CSL atau GTS
0  komentar
BMW-M4

AutonetMagz.com – Setelah menimbang-nimbang penggunaan water injection pada mobil jualannya seperti yang bisa kita temukan di BMW M4 MotoGP Safety Car, BMW sekarang sedang berusaha membuat M4 yang lebih kencang dari versi standarnya. Namun sepertinya BMW sedang bingung akan penamaan M4 versi greget ini, antara nama CSL atau GTS.

Tentu saja nama ini tak akan dipermasalahkan kalau tak ada makna khusus. Pada 11 tahun yang lalu, nama CSL menjadi terkenal sejak munculnya BMW M3 E46 CSL (Coupe Sport Leichtbau, artinya kupe sport ringan). Dibanding M3 biasa, ia lebih ringan 110 kg, lebih bertenaga 17 hp dan 5 Nm, dan mobil ini dijejali banyak teknologi dari tim F1 BMW.

BMW-M3-CSL

BMW M3 CSL hanya dibuat sebanyak 1.400 unit, tidak dijual di Amerika Utara dan hanya ada 2 pilihan warna, Silver Grey Metallic dan Black Sapphire Metallic, maka wajar kalau mobil ini masih jadi incaran kolektor, terutama fanatik BMW. Di Indonesia, ada 1-2 unit BMW M3 CSL asli yang terdeteksi dan masih dalam kondisi standar.

BMW-M3-GTS

Sementara nama GTS hadir di BMW M3 E92, generasi di mana pertama kalinya M3 mengandalkan mesin V8. Dibanding versi CSL, M3 GTS tampil lebih sangat dengan seperangkat aero kit, spoiler belakang, mesin 444 hp yang artinya 24 hp lebih besar dari M3 E92 biasa dan bobot 136 kg lebih ringan. BMW M3 E92 GTS hanya dibuat 135 unit dan sempat dijual di Indonesia.

Nah, banyak yang merumorkan kalau M4 baru nanti akan dinamai M4 GTS, tapi tak sedikit juga yang memprediksi M4 CSL. Terlepas dari apa namanya nanti, spesifikasinya sudah bisa diungkap. BMW akan membuat M4 menjadi lebih ringan 100 kg lebih dengan beberapa ubahan, misalnya jok depan berbahan carbon fiber dan membuang jok belakang.

BMW-M4-safety-car-motogp-2015

Soal mesin, BMW akan menambahkan water injection pada mesin 3.000 cc 6 silinder twin turbo milik M4 di samping beberapa “sentilan” engineer untuk meningkatkan tenaganya. Diprediksi, mesinnya akan punya 500 hp dan 600 Nm yang siap dilecutkan kapan saja. Sejumlah opsional akan ditawarkan kepada pembelinya, termasuk roll cage jika ingin meningkatkan keselamatan dan gaya ala mobil balap.

Jika anda bisa memilih antara dua nama itu, bagusnya diberi nama apa? BMW M4 GTS atau BMW M4 CSL? Berikan komentar anda!

Read Prev:
Read Next: