MINI Recall Cooper Generasi Lama Akibat Kesalahan Sistem Airbag

by  in  Berita & International & Merek Mobil
MINI Recall Cooper Generasi Lama Akibat Kesalahan Sistem Airbag
0  komentar
MINI-cooper-s-lama

AutonetMagz.com – Apakah anda pemilik MINI Cooper dan Cooper S lama yang berkode R50 dan R53? Atau anda kenal seseorang yang memiliki mobil tersebut? Jika iya, ada baiknya mobil hatchback itu segera diperiksakan ke bengkel resmi MINI, karena kami baru saja mendengar kabar bahwa ada recall yang diperuntukkan bagi mobil tersebut dari BMW Group.

Recall ini diperkirakan menimpa 91.800 mobil, termasuk MINI Cooper dan Cooper S tahun 2005-2006 serta Cooper dan Cooper S versi atap terbuka (convertible) tahun 2005-2008, tapi tak dijelaskan di negara mana saja yang unitnya kena recall, jadi ada kemungkinan unit di Indonesia tak luput dari recall.

MINI-Cooper-lama

Entah kebetulan atau tidak, masalah yang dialami MINI Cooper sehingga harus di-recall mirip dengan masalah pada investigasi NHTSA kepada Subaru Impreza, yakni airbag depan bisa keliru mendeteksi penumpang depan. Ada kemungkinan sistem tak bisa membedakan antara anak kecil atau orang dewasa, sehingga bisa meningkatkan risiko luka akibat airbag yang seharusnya mati tapi malah nyala atau sebaliknya.

Sebenarnya, hal ini juga pernah terjadi pada BMW di tahun 2008 silam, dan unit yang diduga harus diperbaiki mencapai 320.000 unit di seluruh dunia, dan semua model kena recall, mulai dari 1-series sampai 7-series. Waktu itu, MINI tidak diperiksa karena desain sensornya berbeda dengan milik BMW.

MINI-Cooper-s-convertible-lama

Namun penyelidikan lanjutan pada tahun 2014 menemukan kekurangan dalam beberapa komponen model MINI, dan akhirnya menyebabkan recall saat ini. BMW Group mengklaim telah menerima hanya satu laporan dari cedera penumpang ringan yang diduga berhubungan dengan cacat komponen yang dimaksud.

Berarti, recall ini baru dilakukan setelah 7-10 tahun lewat masa produksi. Hm, kami jadi ingat ada juga merek yang baru melakukan recall di Indonesia terhadap sedan miliknya akibat masalah airbag setelah 10 tahun sedan tersebut dibuat. Ya sudahlah, yang penting ada pengumuman recall, dan jangan lupa periksakan MINI Cooper dan Cooper S-nya ke bengkel resmi terkait recall ini.

Read Prev:
Read Next: