Test drive Ford EcoSport AutonetMagz di Kelok 44 Padang Sumatera BaratSumatera Barat, AutonetMagz – Kali ini AutonetMagz berkesempatan menguji The New Ford EcoSport bersama 27 jurnalis lainnya di Kota Padang dan Bukit Tinggi. Namun tidak hanya mencoba layaknya mobil-mobil biasa pada umumnya, karena kami menjajal mobil ini mengarungi Kelok 44 yang terkenal dengan medannya yang sangat berat.

Ibu Lea Indra Ford Motor Indonesia

Hari pertama, setelah kami tiba di Airport, kami melanjutkan perjalanan ke Danau Maninjau dan istirahat untuk makan siang sejenak, setelah itu kami mendapatkan sedikit briefing untuk keamanan sebelum menempuh perjalan ke Kelok 44. Pada saat melewati Kelok 44, kami mendapatkan giliran ke-2 dengan Ford EcoSport Titanium AT 6-speed Dual Clutch 1.500 cc. Tiap mobil berisikan 3 jurnalis dan mendapatkan interval selama 5 menit antar mobil, sehingga kami bisa merasakan langsung performa mobil ini tanpa harus membuntuti mobil peserta lainnya di depan kami.

Jalan Kelok 44

Masuk ke dalam Kelok 44, ternyata jalannya lebih sempit dari yang kami bayangkan. Tanjakannya terjal, tikungannya patah, bahkan seperti layaknya tempat untuk memutar balik. Jarang sekali kami menemukan truk atau mobil kecil yang melewati jalan ini kecuali jalan menurun. Penamaan Kelok 44 juga bukan sekedar omong kosong, karena tiap kelokan diberikan penomoran dari 1 hingga 44.

sync

Awalnya kami mencoba menaklukan Kelok 44 menggunakan transmisi D tanpa pindah ke mode S. Tenaga dan torsinya masih kuat dan cukup untuk menaklukan tanjakan dan kelokan, namun cukup menggemaskan karena transmisi mobil ini meskipun di jalan menanjak cenderung untuk menahan putaran mesin demi menghindari redline. Sehingga mesin terasa sedikit ngeden meskipun masih kuat untuk menanjak. Maklum, mode “D” memang ditujukan untuk efisiensi bahan bakar dan perjalanan normal.

Ford Ecosport Review

Setelah beberapa kelokan, kami mencoba untuk mengeksplor mobil ini lebih jauh, pindahkan transmisi ke posisi S, maka kita dengan mudah memainkan transmisi menjadi mode manual. Selain bisa dipindahkan giginya secara manual, respon pedal gas mobil ini juga menjadi lebih galak, sentuh pada pedal sedikit, akselerasi mobil akan bergerak lebih cepat dibandingkan mode S. Dan benar saja, torsi mobil ini jauh lebih terasa dan sangat nikmat melahap tanjakan dan tikungan di Kelok 44.

Peta GPS Kelok 44

Sebelum berbelok dan menaiki tanjakan, kami mencoba melakukan downshifting lebih awal sebelum dibutuhkan (medan menanjak), hal ini sengaja dilakukan agar kami tidak perlu menurunkan gigi ketika mobil mulai kehilangan torsi di tanjakan. Dengan cara ini, tenaga mesin selalu merasa terisi terus tanpa kehabisan nafas.

Ford Ecosport Test Drive

Meskipun postur tubuhnya tinggi dengan ground clearance 200 mm dan water wading 550 mm, mobil ini memiliki handling yang sangat baik untuk mobil sekelasnya, body roll terasa sangat minim tanpa harus mengorbankann kenyamanan, memang suspensi ini cukup kaku (stiff), namun travel suspensinya panjang, sehingga ketika melewati lubang dan polisi tidur masih dapat diredam dengan baik.

ecosport

Sampai di kelok 27, kami mendapatkan spot yang baik untuk memfoto mobil ini dan mulai mengeksplor angle terbaik. Dari sini kita bisa melihat keindahan Danau Maninjau dengan latar belakang Ford Ecosport Titanium. Foto-foto lainnya dapat dilihat disini.Tikungan Kelok 44

Setelah puas memotret compact crossover baru dari Ford di Kelok 27 tadi, kami melanjutkan perjalanan ke titik temu di ujung Kelok 44. Tikungan setelah kelok 27 nampak lebih bersahabat dibandingkan dari kelokan pertama, kami menemukan beberapa jalan menikung ringan yang tidak dimasukan ke dalam salah satu kelokan.

Ford Ecosport Abu-abu

Satu hal yang menarik ketika mendaki Kelok 44 menggunakan Ford EcoSport, kami tidak menemukan ban depan berdecit karena spinning saat menanjak di tikungan, fitur Traction Control mobil ini menjaga agar mobil dengan penggerak FWD ini tidak mengalami kehilangan traksi saat menanjak. Menaklukan Kelok 44 dengan EcoSport terasa terlalu mudah jika dibandingkan dengan mobil sekelasnya berkat teknologi yang dibekali di dalamnya.

Ford Ecosport Range

Akhirnya, kami sampai juga di puncak Kelok 44 dengan selamat bersama dengan 8 mobil lainnya yang ikut dalam rombongan, sungguh pengalaman yang tidak akan terlupakan mendaki kelok 44 menggunakan Ford EcoSport, apalagi panorama yang disuguhkan dari Kelok 44 sangatlah priceless, beruntung kami dapat menikmatinya meskipun tidak terlalu lama. Sampai di meeting point, cuaca terasa lebih dingin karena ketinggian yang signifikan bila dibandingkan dengan titik awal start di danau Maninjau. Nantikan video first impression kami terhadap New Ford EcoSport ini di channel YouTube AutonetMagz.!

Album foto test drive Ford EcoSport di Kelok 44 dapat dilihat disini.

Ford, Sync: Menguji Kemampuan Ford EcoSport di Kelok 44 Sumatera BaratFord, Ecosport: Menguji Kemampuan Ford EcoSport di Kelok 44 Sumatera BaratFord, Peta GPS Kelok 44: Menguji Kemampuan Ford EcoSport di Kelok 44 Sumatera BaratFord, Jalan Kelok 44: Menguji Kemampuan Ford EcoSport di Kelok 44 Sumatera BaratFord, Tikungan Kelok 44: Menguji Kemampuan Ford EcoSport di Kelok 44 Sumatera BaratFord, Ford Ecosport Range: Menguji Kemampuan Ford EcoSport di Kelok 44 Sumatera BaratFord, Ford Ecosport Review: Menguji Kemampuan Ford EcoSport di Kelok 44 Sumatera BaratFord, Ford Ecosport Test Drive: Menguji Kemampuan Ford EcoSport di Kelok 44 Sumatera BaratFord, Ibu Lea Indra Ford Motor Indonesia: Menguji Kemampuan Ford EcoSport di Kelok 44 Sumatera BaratFord, Ford Ecosport Padang: Menguji Kemampuan Ford EcoSport di Kelok 44 Sumatera BaratFord, Ford Ecosport Abu abu: Menguji Kemampuan Ford EcoSport di Kelok 44 Sumatera BaratFord, Test Drive Ford EcoSport AutonetMagz Di Kelok 44 Padang Sumatera Barat: Menguji Kemampuan Ford EcoSport di Kelok 44 Sumatera Barat

Tags : ecosport discovery padang, EcoSport, Ford EcoSport, ford ecosport test drive, test drive Ford EcoSport,