2014 Honda City wallpaper

Jakarta, AutonetMagz – Harga Honda City yang baru saja diluncurkan di Indonesia dibanderol dengan harga yang terlampau mahal dan mengubah peta persaingan small sedan di Indonesia. Lantas apakah memang Honda City terbaru yang dibanderol dengan harga 321 Juta Rupiah ini memang pantas diberikan harga yang sedemikian mahal? Mari kita cari tahu melalui harga banderol asli Honda City di Thailand.

Harga Honda City versi SV+ tertinggi yang memiliki spesifikasi sama dengan Honda City tipe E versi Indonesia, di Thailand dijual dengan harga 749 ribu Baht atau 268 juta Rupiah. Sedangkan Toyota Vios tipe S AT yang memiliki spesifikasi sama dengan tipe G AT versi Indonesia dibanderol dengan harga 734 ribu Baht atau setara 262 juta Rupiah. Namun untuk Toyota Vios di Thailand belum dilengkapi dengan head unit dengan layar touch screen, lengkap dengan bluetooth dan internet browser seperti versi Indonesia.

Di Thailand, Honda City menjadi sedan yang fenomenal, karena selain dibanderol dengan harga yang lebih mahal sedikit dibandingkan dengan Toyota Vios, meskipun edisi sebelumnya terlihat sedikit ketinggalan dibandingkan Vios yang sudah dilengkapi dengan Smart Entry with Push Start Stop Engine Button dan head unit canggih, kini Honda City selain sudah disamakan fiturnya. City kini memiliki kelengkapan seperti Cruise Control, VSA (sama dengan ESP atau ESC), 6 airbags, Paddle Shift, Eco Assist dan Rear AC Vent.

Dengan kelengkapan yang demikian lengkap, Honda City membuat Toyota Vios menjadi overpriced meskipun sudah dilengkapi dengan projection headlamp.

Secara harga, di Thailand harga Honda City sangat kompetitif karena hanya berbeda 6 juta Rupiah dengan Toyota Vios. Namun di Indonesia perbedaannya mencapai 40 juta Rupiah dengan Toyota Vios yang dibanderol dengan harga 281 juta dan Honda City sebesar 321 juta Rupiah. Meskipun Honda City diimpor langsung dari Thailand dan Vios merupakan mobil CKD. Rasanya angka perbedaan harga 10 juta adalah angka yang paling pas jika melihat perbandingan harga mobil CBU Thailand dan CKD, seharusnya Honda City diberikan harga 290 juta Rupiah jika dibandingkan dengan versi Thailand.

Namun jika kita melihat harga Ford Fiesta Sedan Ecoboost dengan mesin yang fenomenal, Tentunya harga Honda City menjadi sangat overpriced!

Di Thailand, Ford Fiesta sedan Ecoboost dibanderol dengan harga 779 ribu Baht atau 279 juta Rupiah atau lebih mahal 11 juta Rupiah dibandingkan dengan Honda City. Maklum, selain mesin yang lebih baik, Ford Fiesta dilengkapi dengan kelengkapan yang lebih mutakhir mulai dari ESP dengan Traction Control, 6 speed dual clutch powershift transmission, Hills Start Assist, Puddle Lamp, Auto Lamp, Rain Sensor, Ambient Light, Leather Seat, Follow me home light, Microsoft Sync Audio dan tentu saja mesin Ecoboost yang memenangkan 2 kali engine of the year berturut-turut. Kelemahan mobil ini dibandingkan dengan Honda City ada pada Rear AC Vent, Cruise Control dan 6 Airbags.

Namun di Indonesia Ford Fiesta sedan Ecoboost yang sama-sama diimpor dari Thailand oleh Ford seperti Honda City justru dibanderol sangat terjangkau di angka 280 juta Rupiah. Hal ini membuktikan bahwa mobil CBU sebenarnya bisa dibanderol lebih murah dibandingkan dengan mobil CKD, dan untuk memasukan mobil CBU tidak perlu mahal. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa meskipun dibekali fitur yang banyak, ternyata harga sebenarnya tidak lebih dari 2 juta dari varian tertinggi Toyota Vios. Bahkan lebih di negara tempat mobil ini diproduksi mobil ini lebih murah dibandingkan dengan Ford Fiesta Sedan Ecoboost yang dibanderol lebih mahal di Thailand.

Daftar Harga Thailand:
Honda City SV+ 749 K Baht
Toyota Vios S AT 734 K Baht
Ford Fiesta Sedan Ecoboost Titanium 779 K Baht

Daftar Harga Indonesia:
Honda City E CVT 321 Juta Rupiah
Toyota Vios G AT 281 Juta Rupiah
Ford Fiesta Sedan Ecoboost Titanium 280 juta Rupiah

baca juga dalam bahasa Inggris:

Comparing New Honda City Price with Its Competitor in Indonesia

Tags : harga honda city vs fiesta, Honda City indonesia, honda city 2015, honda city 2014, hodan city 2014 indonesia, harga honda city vs vios,