Membandingkan Harga Honda City Dengan Kompetitor

by  in  Ford & Honda & Komparasi
Membandingkan Harga Honda City Dengan Kompetitor
0  komentar
2014 Honda City wallpaper

Jakarta, AutonetMagz – Harga Honda City yang baru saja diluncurkan di Indonesia dibanderol dengan harga yang terlampau mahal dan mengubah peta persaingan small sedan di Indonesia. Lantas apakah memang Honda City terbaru yang dibanderol dengan harga 321 Juta Rupiah ini memang pantas diberikan harga yang sedemikian mahal? Mari kita cari tahu melalui harga banderol asli Honda City di Thailand.

Harga Honda City versi SV+ tertinggi yang memiliki spesifikasi sama dengan Honda City tipe E versi Indonesia, di Thailand dijual dengan harga 749 ribu Baht atau 268 juta Rupiah. Sedangkan Toyota Vios tipe S AT yang memiliki spesifikasi sama dengan tipe G AT versi Indonesia dibanderol dengan harga 734 ribu Baht atau setara 262 juta Rupiah. Namun untuk Toyota Vios di Thailand belum dilengkapi dengan head unit dengan layar touch screen, lengkap dengan bluetooth dan internet browser seperti versi Indonesia.

Di Thailand, Honda City menjadi sedan yang fenomenal, karena selain dibanderol dengan harga yang lebih mahal sedikit dibandingkan dengan Toyota Vios, meskipun edisi sebelumnya terlihat sedikit ketinggalan dibandingkan Vios yang sudah dilengkapi dengan Smart Entry with Push Start Stop Engine Button dan head unit canggih, kini Honda City selain sudah disamakan fiturnya. City kini memiliki kelengkapan seperti Cruise Control, VSA (sama dengan ESP atau ESC), 6 airbags, Paddle Shift, Eco Assist dan Rear AC Vent.

Dengan kelengkapan yang demikian lengkap, Honda City membuat Toyota Vios menjadi overpriced meskipun sudah dilengkapi dengan projection headlamp.

Secara harga, di Thailand harga Honda City sangat kompetitif karena hanya berbeda 6 juta Rupiah dengan Toyota Vios. Namun di Indonesia perbedaannya mencapai 40 juta Rupiah dengan Toyota Vios yang dibanderol dengan harga 281 juta dan Honda City sebesar 321 juta Rupiah. Meskipun Honda City diimpor langsung dari Thailand dan Vios merupakan mobil CKD. Rasanya angka perbedaan harga 10 juta adalah angka yang paling pas jika melihat perbandingan harga mobil CBU Thailand dan CKD, seharusnya Honda City diberikan harga 290 juta Rupiah jika dibandingkan dengan versi Thailand.

Namun jika kita melihat harga Ford Fiesta Sedan Ecoboost dengan mesin yang fenomenal, Tentunya harga Honda City menjadi sangat overpriced!

Di Thailand, Ford Fiesta sedan Ecoboost dibanderol dengan harga 779 ribu Baht atau 279 juta Rupiah atau lebih mahal 11 juta Rupiah dibandingkan dengan Honda City. Maklum, selain mesin yang lebih baik, Ford Fiesta dilengkapi dengan kelengkapan yang lebih mutakhir mulai dari ESP dengan Traction Control, 6 speed dual clutch powershift transmission, Hills Start Assist, Puddle Lamp, Auto Lamp, Rain Sensor, Ambient Light, Leather Seat, Follow me home light, Microsoft Sync Audio dan tentu saja mesin Ecoboost yang memenangkan 2 kali engine of the year berturut-turut. Kelemahan mobil ini dibandingkan dengan Honda City ada pada Rear AC Vent, Cruise Control dan 6 Airbags.

Namun di Indonesia Ford Fiesta sedan Ecoboost yang sama-sama diimpor dari Thailand oleh Ford seperti Honda City justru dibanderol sangat terjangkau di angka 280 juta Rupiah. Hal ini membuktikan bahwa mobil CBU sebenarnya bisa dibanderol lebih murah dibandingkan dengan mobil CKD, dan untuk memasukan mobil CBU tidak perlu mahal. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa meskipun dibekali fitur yang banyak, ternyata harga sebenarnya tidak lebih dari 2 juta dari varian tertinggi Toyota Vios. Bahkan lebih di negara tempat mobil ini diproduksi mobil ini lebih murah dibandingkan dengan Ford Fiesta Sedan Ecoboost yang dibanderol lebih mahal di Thailand.

Daftar Harga Thailand:
Honda City SV+ 749 K Baht
Toyota Vios S AT 734 K Baht
Ford Fiesta Sedan Ecoboost Titanium 779 K Baht

Daftar Harga Indonesia:
Honda City E CVT 321 Juta Rupiah
Toyota Vios G AT 281 Juta Rupiah
Ford Fiesta Sedan Ecoboost Titanium 280 juta Rupiah

baca juga dalam bahasa Inggris:

Comparing New Honda City Price with Its Competitor in Indonesia

Read Prev:
Read Next:
  • aled

    Ekobus sih bagus tapi belum tau ketahanannya kalo digeber2 dikasih premium seumur hidup hehehe

    • alvin

      makanya jangan dikasih premium mas, namanya aja ecoboost, udah pasti WAJIB dikasih yang eco juga

  • anto

    Hhmm Honda dari dulu memang terkenal mahal…

  • mr muscle

    paling main diskon gede, kaya jamane city generasi sebelumnya yang hargane 260 juta, tiba2 beberapa bulan kemudian langsung diskon 40 juta…. strateginya gitu, overpirced tapi over discount

  • Henson

    teknologi honda kelampau mahal dan over pede…ga make sense mobil bgini 321jt

  • diyno

    New city mantep sih tp ada 1 yg mengganjal menurut saya sbg pengamat otomotip yaitu masalah rem belakang knp menjadi seperti downgrade memakai drum/tromol kembali seperti jaman city gd8 idsi sedangkan yang versi sebelumnya vtec/i-vtec rem belakang sudah mengaplikasikan cakram. Selain itu juga kena tipe paling tertinggi yaitu ES tidak ada varian manual transmisi nya?

  • heso

    salut sih buat fiturnya tapi come on ini 300 juta lebih dan rem masih tromol ??? wtf jonfissssssss ini sedan oiii bukan truk

  • Idan

    kalo dibandingin lebih mending ford fiesta hatchback ecoboost atau new honda city dari sisi performa dan kenyamanan dan perawatan lebih baik yg mana ? karena untuk harga juga tidak terlalu jauh

  • alvin

    gue salut sama fitur-fiturnya, tapi harga dan fitur kayaknya gausah berlebihan deh, kayak 6 airbag, cruise control, dll yang ujung”nya down grade-_-. giliran big/mid sedan-nya (accord/civic) aja gaada tuh 6 airbag, AC touch panel. jangan emte dong ngasih fitur!

    • dev

      bener banget, tapi dia gabisa ngasih audio sehebat vios (ada internet & navigation) ato fiesta (sync). dan harusnya dengan harga segitu ada modal dikit kek buat ngasih rear camera. honda cuman menang tenaga. harga paling mahal-_-

  • joe

    Honda???
    Makhluk apaan sih tuh?
    (Ga kenal karena selalu overpriced dgn fitur yg tidak terlalu bikin WOW effect)

  • carlovers

    jadi males beli merek H tegak. harga paling mahal, ato kalo ada yang lebih mahal, honda pasti MINIM FITUR. coba bandingin CR-V 2.0 prestige lawan nissan x-trail 2.0 AT, mazda CX-5 2.0, ato KIA sportage platinum. harga emang mirip (415 jt-420 jt). tapi mana yang paling minim fitur??? monggo dijawab loh