Mau Membangun Mobil Balap Sirkuit? Beli Saja Subaru BRZ dan Toyota 86 Versi Kosongan!

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Mau Membangun Mobil Balap Sirkuit? Beli Saja Subaru BRZ dan Toyota 86 Versi Kosongan!
0  komentar
Toyota-86-RC

AutonetMagz.com – Mobil sport biasanya harganya mahal, belum lagi biaya modifikasinya dan biaya jika ingin dibuat untuk balapan sirkuit resmi. Selain itu, akan rugi kalau kita terpaksa membuang komponen standar saat membuat mobil balap, seperti membuang AC, audio, dan lain-lain. Solusinya, ini dia Subaru BRZ RA dan Toyota 86 RC yang merupakan varian termurah dari kedua mobil sport kembar ini.

Sebelum dijelaskan, sepertinya kita sudah bisa menebak kenapa bisa murah. Lihat saja eksteriornya, Toyota 86 RC punya bumper plastik warna hitam dan spion plastik yang juga berwarna hitam, namun Subaru BRZ hanya spionnya saja yang terbuat dari plastik. Hal yang sama antara keduanya adalah sama-sama tak punya spoiler dan sama-sama memakai pelek kaleng. Lho kok malah culun begini ya?

Subaru-BRZ-RA

Tenang, ini semua ada alasannya. Varian 86 RC dan BRZ RA ini menyasar konsumen yang doyan modifikasi atau ingin membuat sebuah mobil balap yang serius. Makannya, semua hal yang pasti akan dirombak oleh pembelinya diturunkan speknya sampai serendah-rendahnya, seperti bumper yang pasti akan diganti dengan yang lebih keren dan pelek yang akan diganti dengan pelek aftermarket yang lebih ringan dan keren. Ibarat MPV, bisa dibayangkan seperti Daihatsu Xenia Mi yang sangat-sangat terondolan.

Interior-Toyota-86-RC

Demikian juga dengan interior. Kedua mobil sport versi kosongan ini tak punya AC, tak punya audio dan tak punya bahan penutup trimming dashboard. Alasannya ya sama, karena jika ingin dibuat jadi mobil balap sejati, tak perlu ada sistem audio ataupun AC. Penutup dashboard juga dihilangkan untuk mempermudah pemiliknya memasang berbagai macam switch yang bisa kita temui di mobil balap.

Satu-satunya yang tidak diturunkan speknya oleh Subaru dan Toyota adalah tenaga mesinnya. Mesin boxer 2.000 cc dengan 200 hp dan 205 Nm ini tak ada ubahan dari versi standarnya. Karena meski mengganti mesin untuk sebuah mobil balap bukanlah hal yang haram, masih ada kemungkinan kalau pemiliknya akan mengulik mesin aslinya dengan suku cadang mesin berspek balap.

Subaru-BRZ-GT300

Harga untuk BRZ dan 86 standar di Jepang adalah sekitar 320 juta rupiah, sementara untuk varian kosongan ini cukup 260 juta rupiah saja lho. Jadi jika harga BRZ dan 86 standar di Indonesia sekitar 700 juta, mungkin harga varian kosongan ini di Indonesia tak akan sampai 560 juta rupiah.

Hemat hampir 100 juta lebih tuh. Coba bayangkan, 100 juta lebih bisa untuk membuat body kit, beli pelek racing bermerek, beli turbo kit dan lain-lain. Tentu saja kalau ingin membuat mobil balap pun jadi tak rugi karna tak ada komponen mahal yang terpaksa dibuang seperti AC dan audio.

Bagaimana menurut anda tentang duo mobil sport terondolan ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: