LiveWIRE Concept, ini Motor Listrik Pertama dari Harley-Davidson

LiveWIRE Concept, ini Motor Listrik Pertama dari Harley-Davidson
0  komentar

Motor listrik dari Harley-Davidson bernama LiveWIRE#AutonetMagz – Sadar tidak sadar, bahan bakar alam makin lama akan habis dan mobil serta motor berbahan bakar listrik adalah salah satu cara untuk menghadapi makin berkurangnya bahan bakar alam di masa depan. Namun jika ada satu merk kendaraan yang menentang perubahan itu mungkin datang dari motor legendaris asal Amerika, yaitu Harley-Davidson.

Bayangkan, nantinya pengendara Harley-Davidson tidak akan merasa gagah karena tidak bisa lagi memamerkan raungan khas suara mesin V-Twin nya, jika menggunakan motor listrik.

LiveWIRE nama motor listrik dari Harley-Davidson

Eitts,..tapi tunggu dulu, jika anda lihat foto motor diatas yang bernama Project LiveWIRE, itu adalah motor listrik pertama dari Harley-Davidson yang seluruh tenaganya dihasilkan dari motor listrik. Nah ternyata Harley pun sebagai salah satu merk motor tertua yang legendaris, mau tidak mau harus mengikuti perubahan jaman.

Harley sadar betul bahwa untuk mempertahankan eksistensi sebuah perusahaan bukan hanya sekedar berbekal nama legendaris. Maka dari itu mereka mencoba masuk ke segmen yang lebih muda dan modern. Jadi motor listrik Harley-Davidson LiveWIRE ini bukan saja ditawarkan kepada konsumen loyal mereka, namun Harley berusaha untuk mencari celah pembeli baru dari kalangan lain dengan produk baru yang sama sekali beda.

Wallpaper HD Harley-Davidson LiveWIRE

“Kami melihat ini sebagai motor yang cocok untuk daerah perkotaan, dan suatu hal baru yang menarik bagi kalangan yang bukan menjadi sasaran penjualan Harley sebelumnya. Tapi tenang saja, kami masih mempertahankan DNA dan ciri utama dari produk kami” ujar Jeff Richlen, Chief Engineer Harley-Davidson.

Harley-Davidson LiveWIRE digerakan oleh motor listrik berkekuatan 55 kW yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 75 hp dan torsi 52 lb.-ft yang dapat di gaspol hingga 96,5 Km/jam hanya dalam waktu kurang dari 4 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya hingga 148 Km/jam.

LiveWIRE motor bermesin listrik pertama dari Harley-Davidson

Yang unik sistem pengereman di roda belakang motor ini dapat menangkap tenaga listrik dan diolah untuk mengisi ulang baterai selama proses pengereman, hingga motor ini dapat dipakai berjalan sejauh 85 Km.

“Tapi tunggu dulu, angka-angka di atas belum fix, atau dapat berubah di kemudian hari, karena motor ini belum di produksi masal dan masih berbentuk konsep” lanjut Richlen. Beberapa unit Harley-Davidson LiveWIRE akan di uji coba dengan tur keliling Amerika kemudian menuju ke Eropa. Tujuannya tak lain untuk melihat kekuatan motor ini berjalan jauh, melihat respon konsumen, menanggapi berbagai masukan apa yang harus diubah jika motor ini masuk jalur produksi massal.

Pihak Harley-Davidson berkata bahwa orang-orang yang nantinya akan mencoba motor ini bakal dibuat takjub, karena betapa ringan dan gesitnya motor ini. Beberapa diantaranya mungkin akan berpendapat serasa mengendarai mobil golf, namun dengan suara seperti pesawat jet.

Bukan perkara mudah memang untuk mengedukasi dan meyakinkan para fanatik Harley dengan ciri khas yang sudah dibanggakan berpuluh tahun yaitu mesin V-Twin dengan suaranya yang menggelegar. Buktinya laman resmi facebook Harley-Davidson sudah mulai dihujani komentar bernada kesal. Btw, tapi ini keren lho! Lihat videonya dibawah ini.

Read Prev:
Read Next: