Perodua Alza MPV 7 seaterJakarta, AutonetMagz –  Kehadiran LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) berpenggerak roda depan seperti Suzuki Ertiga, Honda Mobilio dan Nissan Grand Livina tentu saja membuat Avanza semakin tergerus penjualannya, meskipun masih menjadi yang nomor 1 di kelasnya, Toyota sepertinya harus menyiapkan strategi lain.

Kami sempat mendengar dari salah satu media yang mengatakan bahwa PT Toyota Astra Motor akan ikut membuat MPV murah dengan penggerak roda depan untuk menghajar kompetitor, namun mobil itu tetap tidak bisa dijadikan pengganti Avanza, karena bagaimanapun juga Indonesia masih membutuhkan mobil RWD tangguh untuk diajak bekerja keras.

Dalam pembuatan sebuah mobil, tentunya setiap pabrikan masa kini melakukan platform sharing antara satu model dengan model lainnya. Paling mudah kita bisa melihat platform sharing antara Honda Brio Satya dan Honda Mobilio, begitupula dengan Avanza – Xenia, Toyota Kijang Innova dengan Fortuner dan Hilux atau contoh lebih ekstrim dapat kita lihat dari Ford Fiesta dan EcoSport.

Mobil MPV 7 penumpang baru dari Toyota

Platform sharing tentunya dilakukan untuk menghemat biaya research and development, sangat sulit untuk menciptakan sebuah kendaraan yang hanya di desain khusus untuk Indonesia kecuali penjualannya sangat fantastis seperti Toyota Avanza. Nah jika Toyota benar akan mencoba membuat LMPV FWD (Front Wheel Drive) mobil apakah yang akan dijadikan basis platformnya?

Tentunya Toyota tidak akan menggunakan platform mobil LCGC seperti Honda dengan Mobilionya, ada beberapa kandidat yang dapat dijadikan platform sharing, sebut saja Toyota Etios, Toyota Yaris atau Daihatsu Sirion, atau jika ingin lebih ekstrim lagi Toyota Wish juga bisa masuk ke dalam daftar meskipun harganya terlampau mahal.

MPV baru 7 penumpang Perodua Alza

Seru membahas mobil Low MPV di Indonesia, karena sekarang penjualannya sedang naik daun. Mari kita bahas satu persatu, Toyota Etios kemungkinan besar tidak akan digunakan, karena basis mobil ini dikembangkan di India dan penjualannya tidak begitu bagus, apalagi perombakan untuk menjadi MPV adalah PR yang sangat besar bagi Toyota. Lalu ada All-new Toyota Yaris, mobil ini sangat memungkinkan untuk menjadi platform MPV baru Toyota, mulai dari mesin yang bandel dan mudah untuk dipanjangkan karena wheelbase-nya yang paling panjang dikelasnya. Namun jika mengambil basis Toyota Yaris, harga mobil tentunya akan terdongkrak.

Sedangkan untuk Toyota Wish, sepertinya agak sulit untuk memasukan mobil tersebut ke Indonesia dengan harga terjangkau, jika diberikan mesin 1.500 cc pun rasanya tidak mungkin bisa menyetuh harga dibawah 200 juta. Tapi soal kualitas dan penampilan jangan ditanya, mobil ini sangat mengesankan.

Perodua Alza Interior
Paling masuk akal jika Toyota menggunakan basis Daihatsu Sirion sebenarnya, mobil ini tidak jelek kok, hanya penjualannya sekarang merosot setelah digempur mobil-mobil city car yang lebih gress. Di Malaysia, Sirion juga memiliki kembaran dengan nama Perodua Alza yang memiliki 3 baris kursi dan mesin 1.500 cc FWD. Sehingga jika Toyota ingin membuat MPV murah FWD, Toyota tinggal mengubah sedikit penampilan Perodua Alza menjadi yang lebih Toyota banget.

Namun selagi menjadi misteri, ada baiknya kita menunggu langkah Toyota ke depan untuk mengusir kompetitor yang mulai ketagihan bermain di segmen yang 10 tahun ini telah dihuni oleh Avanza tanpa pesaing cukup berarti. Semoga saja kabar Toyota FWD MPV ini bukan Hoax!

Nasional, Perodua Alza: Jika Toyota Siapkan LMPV FWD Pesaing Mobilio Mungkin Saja Basisnya Perodua AlzaNasional, Perodua Alza Interior: Jika Toyota Siapkan LMPV FWD Pesaing Mobilio Mungkin Saja Basisnya Perodua AlzaNasional, Perodua Alza MPV 7 Seater: Jika Toyota Siapkan LMPV FWD Pesaing Mobilio Mungkin Saja Basisnya Perodua AlzaNasional, MPV Baru Perodua Alza 7 Seater: Jika Toyota Siapkan LMPV FWD Pesaing Mobilio Mungkin Saja Basisnya Perodua AlzaNasional, Mobil MPV 7 Penumpang Baru Dari Toyota: Jika Toyota Siapkan LMPV FWD Pesaing Mobilio Mungkin Saja Basisnya Perodua AlzaNasional, MPV Baru 7 Penumpang Perodua Alza: Jika Toyota Siapkan LMPV FWD Pesaing Mobilio Mungkin Saja Basisnya Perodua Alza

Tags : low mpv baru toyota indonesia, mobil keluarga baru toyota indonesia, perodua, perodua alza, mpv baru toyota penggerak roda depan, toyota mpv baru 2015,