Ini Dia Wujud All New Toyota Prius, Bentuknya Mirip Toyota Mirai

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Ini Dia Wujud All New Toyota Prius, Bentuknya Mirip Toyota Mirai
0  komentar
spy-shot-toyota-prius

AutonetMagz.com – Menurut kalender Toyota, Prius generasi teranyar baru boleh menampakkan dirinya secara resmi pada tanggal 8 September mendatang, alias minggu depan di Frankfurt Motor Show. Tapi rupanya foto-foto dari Prius Club Malaysia ini bisa menyampaikan banyak hal untuk kita lebih dulu sebelum Toyota sendiri, dan mungkin bakal banyak yang terkejut dengan wujud mobil hybrid andalan Toyota ini.

“Kok mirip Toyota Mirai ya?” Kira-kira begitulah isi otak kami saat menyimak foto-foto Toyota Pirus baru ini yang diklaim difoto di sebuah pesawat kargo, mungkin dalam perjalanan menuju Frankfurt. Overall, terutama dari sektor setengah bodi ke belakang, Prius baru ini memang Mirai banget, dan bagian moncongnya yang mengerucut ke tengah ditemani oleh nafas desain global Toyota. Futuristik, tapi sepertinya orang belum tentu bisa langsung suka dalam sekali lihat.

Jauh di dalam bentuknya yang nyeleneh ini, ada platform baru bernama Toyota New Global Architecture (TNGA), sebuah platform modular all new yang didesain tidak hanya lebih ringan, tapi juga lebih kaku dan memiliki center of gravity yang lebih rendah dibanding platform lawas. Kami yakin, nanti platform ini bakal dipakai untuk mobil-mobil baru Toyota lainnya.

spy-shot-toyota-prius-belakang

Soal jantung hybrid-nya, Toyota belum berkomentar banyak. Mereka hanya bilang kalau sistem hybrid terbaru akan berukuran lebih kecil dan efisien dalam penggunaan daya, dipadu motor listrik baru dan sebuah mesin bensin yang diprediksi berkapasitas 1.800 cc. Untuk menyalurkan semua tenaga dan torsinya ke roda depan, transmisi CVT jadi andalan, karena halus dan efisien.

Menurut Toyota, Prius baru 10% lebih irit BBM dibanding Prius lama, dan bersamaan dengan Prius baru ini, varian baru plug-in hybrid bakal muncul juga. Jika jarak tempuh baterai Toyota Prius sekarang yang hanya 17,6 kilometer itu jelek di mata anda, Toyota janji Prius baru bisa berjalan lebih jauh dari itu tanpa menggunakan setetes pun bensin. Bagaimana menurutmu tampang Toyota Prius baru ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: