Ini Dia Suzuki Vitara 2015 Versi Produksi

by  in  Mobil Baru & Paris Motor Show & Suzuki
Ini Dia Suzuki Vitara 2015 Versi Produksi
0  komentar

Suzuki Vitara tahun 2015Paris, AutonetMagz – Suzuki Grand Vitara kini tidak lagi diteruskan oleh Suzuki dan berganti menjadi Suzuki Vitara tanpa embel-embel “Grand”. Penghilangan nama “Grand” ini sekaligus menandakan bahwa mobil ini kini memiliki kelas baru yang tidak lagi bersaing dengan Honda CR-V ataupun Nissan X-Trail. Namun Suzuki Vitara terbaru akan bersaing dengan compact SUV lain seperti Nissan Juke, Ford EcoSport dan Honda HR-V.

Compact SUV atau kelas Compact Crossover yang sedang menjadi tren hampir di seluruh belahan dunia ini rupanya membuat Suzuki lebih tertarik untuk mengembangkan adik Grand Vitara ini. Secara eksterior, bentuknya sangat kompak dengan panjang 4.175 mm, lebar 1.775 mm, tinggi 1.610 mm dan wheelbase sebesar 2.550 mm.

2015 Suzuki Grand Vitara

Dengan ukuran yang kompak tersebut, sebenarnya mobil ini mungkin akan berebut pasar dengan Suzuki S-Cross yang memiliki tinggi lebih rendah.

Dibandingkan dengan varian konsepnya yang diberikan oleh Suzuki beberapa saat lalu dengan nama Suzuki iV-4, versi produksinya yang ternyata penerus Vitara yang dulu booming di tahun 90-an ini tampil lebih proporsional. Wujud asli yang anda lihat pada foto-foto ini merupakan versi produksi massal yang siap dijual awal tahun 2015

Bentuk desain Suzuki Vitara baru 2015

Untuk bersaing di kelas compact crossover yang memiliki desain radikal berkat sang pelopor Nissan Juke, Suzuki mencoba memberikan beberapa detail baru terhadap mobil ini yang membuatnya tampak unik. Contohnya seperti penggunaan warna two tone yang terdiri dari warna atap dan warna bodi yang berbeda, beberapa detailing pada bumper depan dan bentuk dashboard klasik dengan panel sewarna bodi.

Namun usaha Suzuki memberikan tampilan sedikit radikal di mobil ini rasanya sia-sia karena menurut kami masih kurang greget jika dibandingkan dengan compact SUV dan crossover lain seperti Nissan Juke, Honda HR-V dan Renault Captur.

Suzuki Vitara 2015 dashboard two tone interior

Namun meskipun kurang begitu unik dan berani dalam mendesain Suzuki Vitara 2015, menurut kami sebenarnya mobil ini sudah cukup trendy layaknya SUV masa kini, walaupun memang secara desain masih sedikit kurang radikal dibanding kompetitor sekelas.

Spesifikasi mesin Suzuki Vitara akan menggunakan mesin 1.600 cc bertenaga 120 Ps dan torsi 156 Nm. Mesin 1.600 cc diesel juga tersedia dengan output tenaga 120 Ps dan torsi 320 Nm. Cukup menjanjikan untuk varian diesel dibandingkan dengan bensin, sayangnya varian diesel hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual 6 percepatan, varian bensin tersedia dalam pilihan transmisi automatic 6 percepatan.

All New Suzuki Vitara 2015

Untuk pasar Indonesia, kemungkinan besar Suzuki akan memberikan varian mesin 1.400 cc yang digunakan oleh Suzuki Swift dan Ertiga untuk mengurangi pajak kendaraan dibandingkan dengan mesin 1.600 cc. Jika mobil ini memiliki harga setara dengan Daihatsu Terios, mungkin Suzuki Vitara 2015 baru mampu mendulang sukses Suzuki Indonesia di pasar small SUV.

Lantas bagaimana jika dibandingkan dengan Ford EcoSport? Tenang, Suzuki Vitara baru 2015 juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih setara EcoSport, bahkan varian tertingginya dilengkapi dengan Panoramic Sunroof.

Fitur Suzuki Vitara baru model tahun 2015

Hanya saja untuk pasar Indonesia apakah mobil ini akan mendapatkan sunatan fitur seperti mobil lain pada umumnya? Hmm… Sepertinya terlalu dini untuk berspekulasi.

Di Eropa mobil ini akan mulai dijual tahun depan, kami berharap semoga di IIMS 2015 mobil ini akan hadir untuk mewarnai pasar compact SUV di Indonesia. Bagaimana pendapat anda tentang wajah baru Vitara ini?

Read Prev:
Read Next: