Ford Ranger Direncanakan Kembali Dijual Di Amerika Serikat

by  in  Ford & International
Ford Ranger Direncanakan Kembali Dijual Di Amerika Serikat
0  komentar
ford-ranger-wildtrak-2015-depan

AutonetMagz.com – Ford Ranger memang menjadi double cabin yang melambangkan ciri khas mobil asal amerika karena tampil besar, berotot, mempunyai bak dan bisa memuat 4 orang. Yah mirip-mirip dengan full size truck yang dijual di Amerika Serikat memang. Namun tahukah anda sudah 4 tahun Ford Ranger tidak hadir di Amerika Serikat?

Sebenarnya Ford Ranger yang kita jumpai di Indonesia ini adalah Ford Ranger hasil garapan RnD Ford Australia dan tentu saja berbagi sasis dengan Mazda B-series. Namun bila di Amerika Serikat tampilan Ford Ranger sangatlah berbeda, umumnya Ford Ranger disana adalah single cabin dan imagenya serupa dengan Isuzu Panther kalau di Indonesia. Wajar sebab mobil tambang atau mobil yang diperuntukkan untuk medan sadis ya mereka menggunakan full size truck seperti Ford F-150. Ford Ranger USDM akhirnya discontinue pada tahun 2011.

ford-ranger-2015-depan

Tampilan Ford Ranger USDM pun berbeda dengan Ford Ranger yang diproduksi di Australia, tampil lebih spartan dan kurang berciri khas. Saat Ford Ranger USDM menghentikan produksi pada tahun 2011, Ford Ranger Austraila masih jalan terus dan saat ini masih dijual di Australia, beberapa negara Asia seperti Indonesia dan Eropa. Mesin 2.5 liter diesel yang digunakan Ranger Indonesia pun serupa dengan Ford Escape dan Ford Fusion Australia.

Namun kabar terbaru dari The Detroit News adalah Ford berencana untuk mengembalikan pickup Ranger, yang sudah dijual di asia, dalam pabrik perakitan Wayne, Michigan pada tahun 2018. Bersamaan dengan planning bulid Ranger, Ford Focus dan Ford C-Max Hybrid dan PHEV direncanakan pindah pabrik perakitan di Meksiko. Tapi sepertinya masih harus ada persetujuan antara United Auto Workers dengan Ford untuk mengesahkan Ranger diproduksi kembali di Wayne.

ford-ranger-2015-interior

Sebenarnya penyebab kembalinya Ranger di Amerika ini simpel saja, baru baru ini General Motors meluncurkan Chevrolet Colorado baru dan GMC Canyon di Amerika. Pada tahun 2016 Toyota juga berancang-ancang me-redesign Toyota Tacoma dan Nissan juga berencana memboyong Nissan Fronter alias Navara yang akan dijual tahun 2018. Yap mereka semua adalah double cabin yang sekelas dengan Ranger dan disaat Ranger tidak ada, pelanggannya lari ke produk sebelah.

Sepertinya sih Ford Amerika tidak tega penjualannya selama ini ditikung haha. Toh memang Ford Ranger versi Australia tampilannya sudah bagus dan gahar tidak terlalu nge-flat seperti dulunya. Ya udah bagi yang ingin berkomentar monggo dibawah ini ya.

Read Prev:
Read Next: