First Impression Review Honda Mobilio RS by AutonetMagz

First Impression Review Honda Mobilio RS by AutonetMagz
0  komentar

Body-Kit-Honda-Mobilio-RS-reviewJakarta, AutonetMagz – Honda Mobilio RS akhirnya diluncurkan di Indonesia dengan harga 203,5 juta Rupiah untuk varian manual dan 214 juta Rupiah untuk varian CVT automatic. Dengan perbedaan sebesar 25 juta Rupiah dibandingkan dengan varian Honda Mobilio E CVT, apakah ubahan yang dilakukan Honda terhadap mobil ini cukup worthed? Mari kita simak First Impression Review AutonetMagz terhadap Mobilio RS ini.

Projector Head Lamp Honda Mobilio RS

Perbedaan paling menarik pada Honda Mobilio RS ini ada pada headlamp barunya yang kini memiliki projetor headlight yang diletakan sedikit tersembunyi, selain projector headlight, Honda Mobilio RS juga sudah dilengkapi LED stripe yang berada di dalam headlightnya yang membentuk huruf L, detailing dari headlight mobil ini juga sangat futuristik dan modern yang menurut kami menjauhkan image Honda Mobilio dari versi hatchback LCGC-nya yaitu Honda Brio Satya.

Foto Honda Mobilio RS warna merah

Selain headlamp-nya yang futuristik dengan LED stripe, Honda Mobilio tipe RS juga memiliki perbedaan pada grille baru lebih besar dengan dua lengkungan ke atas dan kebawah, tetap dengan material chrome finishing serta bumper baru yang lebih sporty dan berprofil rendah karena adanya front skirt. Jujur saja ubahan ini membuat Honda Mobilio RS semakin sporty dibandingkan dengan versi standarnya.

Fog lamp baru Honda Mobilio RS

Di bagian bumper depan mobil ini, Honda Mobilio RS juga mendapatkan aksen chrome pada bagian bawah rumah foglamp. Namun berbeda dengan tipe Prestige yang meliputi seluruh rumah foglamp, di Mobilio RS ini aksen chrome-nya wajar saja dan tidak terlalu besar, dan jika kita perhatikan desain rumah lampu kabut pada Mobilio RS baru lho, disesuaikan dengan desain bumper baru yang berbeda dari versi sebelumnya.

Mesin Honda Mobilio RS

Sayangnya Honda Mobilio RS dari sisi finishing engine bay-nya belum mengalami perbaikan, kita akan menemukan ruang mesin yang masih terlihat kurang rapih seperti yang AutonetMagz temukan pada review Honda Mobilio sebelumnya. Padahal kami berharap di varian RS akan mengalami perbaikan mengingat harganya yang berbeda 25 juta Rupiah dibandingkan dengan tipe E CVT. Soal mesin, tidak ada ubahan.

Upper Finisher Honda Mobilio RS roof rail

Di bagian atap Honda Mobilio RS, kita akan menemukan sebuah silver lining seperti pada Outlander Sport dengan ukuran yang cukup besar untuk memberikan kesan bahwa mobil ini lebih kokoh, kami pikir ini adalah roof rail, ternyata setelah kami lihat lebih dekat, kita tidak akan diberikan slot untuk menaruh rak atau barang bawaan diatasnya. Di gambar ini kita juga akan melihat bahwa kualitas pengerjaan Honda Mobilio masih kurang begitu baik, lihat saja celah yang terlalu besar pada kaca dan bodi untuk sebuah mobil berharga lebih dari 200 juta-an.

Velg baru Honda Mobilio RS 2014

Velg Honda Mobilio RS menggunakan model baru yang tetap memiliki ukuran sama 15 inchi. Desainnya mungkin tidak selera semua orang, namun sepertinya akan terlihat menarik ketika berputar di jalan raya. Ban yang digunakan kini berganti dari GT Radial menjadi Dunlop SP Sport 300 yang masih berada di kelas yang sama dengan ban sebelumnya.

Side skirt Honda Mobilio RS

Pada bagian samping bawahnya, kita tidak akan menemukan side body moulding chrome seperti yang digunakan pada Honda Mobilio Prestige. Sebagai penggantinya, di Honda Mobilio RS ini diberikan side skirt yang mempunyai desain cukup menarik karena memiliki lekukan di bagian tengahnya.

Wallpaper New Honda Mobilio RS 2014 Indonesia

Dari belakang, kita akan melihat sebuah sayap besar atau rear upper wing pada Honda Mobilio RS, bumper belakangnya juga dibuat lebih landai dan dibekali dengan exhaust finisher chrome yang lebih tebal. Tidak ada garnish chrome yang terletak diatas plat nomer seperti pada Mobilio Prestige, karena ini lebih mencirikan aura sport. Tanpa diberikan body kit, sebenarnya Honda Mobilio dilihat dari belakang sudah ganteng sih… Hehehe….

Logo Honda Mobilio RSTidak seperti lampu depannya yang mendapat ubahan signifikan, lampu belakangnya masih menggunakan model yang sama dengan Honda Mobilio standar. Yang menjadi pembeda, dibawah lampu belakang sebelah kanan kita akan menemukan logo RS seperti Honda Jazz diatas logo i-VTEC.

Bumper belakang baru Honda Mobilio RS

Ini dia bentuk bumper belakang Honda Mobilio RS jika dilihat dari dekat. Bentuk bumper belakangnya di desain baru dan memiliki lekukan yang tidak biasa karena terlihat meruncing. Coba perhatikan lampu reflektor/mata kucing yang merah itu ternyata posisinya dibalik dibanding (lihat insert), dan garnish hitam tempat reflektor tersebut bentuknya sedikit berbeda dengan Mobilio standar, selain itu tanpa tekstur honeycomb alias polos. Sebagai pemanis diberikan chrome lining pada bidang hitam tersebut. Namun sayangnya kita tidak menemukan sensor parkir dan muffler cutter terlihat sedikit malu-malu untuk menampakan dirinya keluar.

Rear Spoiler Honda Mobilio RS

Bentuk sayap belakangnya jika dilihat dari dekat terlihat sangat sporty, tidak seperti kompetitor yang terlihat malu-malu dan terkesan menyatu dengan desain bodi. Di sayap belakang ini juga sudah terdapat high mounted stop lamp di bagian atas untuk meningkatkan keselamatan berkendara bagi pengemudi belakang.

Honda Mobilio RS Dasbor

Masuk ke dalam interior, kita akan disuguhkan dengan paduan warna baru yang kini menjadi full black seperti Honda Brio Amaze versi sedan. Mulai dari dashboard, door trim dan kursi-kursi semuanya dibuat menghitam. Head unitnya masih sama dengan tipe Prestige yang sudah dilengkapi dengan rear camera dan DVD player, namun belum dilengkapi dengan Bluetooth dan navigasi.

Honda Mobilio RS Tweeter

Honda Mobilio tipe RS ini juga mendapatkan 2 buah tweeter yang diletakan di kedua pintu depannya. Penambahan tweeter ini akan memperbaiki tata suara audio Honda Mobilio yang bermain pada nada middle berdasarkan review kami sebelumnya pada audio Honda Mobilio Prestige disini.

Honda Mobilio RS DashboardHonda Mobilio RS ini mendapatkan tambahan chrome pada bagian ring AC dan shift knob-nya untuk menamberikan kesan mewah di interior yang berwarna hitam ini. Selain itu, mobil ini kini juga dilengkapi dengan Speed Sensing Lock System pada pintunya yang akan mengunci otomatis ketika mobil sudah melaju.

Honda Mobilio RS door handle

Door trim mobil ini tidak semata-mata dibuat sekedar hitam saja, karena Honda Mobilio RS juga dibekali dengan door handle berwarna silver yang membuatnya terlihat lebih manis dan tidak monoton. Penggunaan warna hitam ini juga sedikit menutupi kualitas pengerjaan interior yang kurang rapi.

Honda Mobilio Audio Control

Selain penambahan tweeter pada audio mobil ini, Honda Mobilio RS juga telah dilengkapi dengan Steering Switch Control seperti varian Honda Brio Amaze di Thailand dan India. Ini yang sulit ditiru oleh Honda Mobilio standar untuk memodifikasi Mobilio mereka menjadi seperti Honda Mobilio RS.

Honda Mobilio RS India

Dengan perbedaan harga 25 juta dibandingkan dengan Honda Mobilio tipe E, apakah mobil ini worthed? Menurut AutonetMagz tentunya kami akan berkata “Yes”. Namun jika anda adalah orang yang senang dengan modifikasi, rasanya dengan uang 25 juta Rupiah anda bisa berkreasi lebih dari ini untuk mempercantik Honda Mobilio tipe E milik anda, karena umumnya aksesori mobil Honda dapat dibeli terpisah. Hanya saja beberapa bagian seperti warna interior dan steering swtich control akan sulit anda modifikasi sendiri.

What we like :
– Lampu depan yang futuristik
– Body kit sporty dan dinamis
– Fitur steering switch control dan tweeter

We don’t :
– Model velg dan ukurannya yang sama
– Kualitas pengerjaan yang tidak membaik

Read Prev:
Read Next:
  • demang paijo

    Velgnya india bingitz, mungkin kalo pake velg jazz RS lbh cakep

  • Jimmy

    percuma kalo kualitas gak membaik, mnding gw bli ertiga drpd ini

  • Samuel

    boleh jg tuh kl dipasang di brio, bag moncong nya kan sama..

  • Overall yg ane suka dr mobilio cmn bagian belakang nya doank hehehe

  • boim

    “sporty dan dinamis” xD

  • dino

    sbnrnya uda perfect c tp syg bgt FWD coba kalo RWD duo kaleng kembar bs TKO tuh

    • carlovers

      kalo RWD emang mantep banget buat ngebut dan nanjak, sedangkan FWD lebih ngirit dan gaada suara” aneh dari mesin. tapi FWD sekarang juga bisa nanjak, RWD sekarang bisa ngirit bbm. ya ada + dan – nya lah

  • Sonchan

    Gak ada lagi sensor parkir karena kalo gak salah udah diganti dengan rear camera

  • Farrel

    Wah,mantep Mobilio jadi makin keren.

  • msh menggunakan dashboard legendaris, jok juga msh pke yg tipis biar di bilang ruangan kabin paling lega di kelasnya

  • ganang

    Desain velgnya jelas persis punya oddysey.. Luxury dan sporty banget… Konsumsi bbmnya juga irit polll

  • Shin

    Dashbor, Trim, Kursi perlu diganti yang lebih elegan + nyaman plus yang lebih moderen dijadiin RSZ

  • Ane baru ambil kmrn tgl 23 yg e prestige… Miris bgt ane baru tau klo ada yg RS setelah ambil yg prestige.. Sangat2 menyedihkan.. Hiks hiks

    • Andi

      Sama gan, ane juga bli yg prestige tgl 5 Juni tp ane malah seneng krn menurut ane lbh seneng liat versi prestige dibandingin rs

  • Ryan

    Masih mahal mending ertiga ada yg lebih murah dibawah 162jt dari harga termurah mobilio sama2 irit

    • carlovers

      tapi masih lebih irit & cepet mobilio. kalo soal mesin mobilio paling mantep diantara semua LMPV. btw bukannya harga ertiga udah sampe 220 juta ya?

  • oby

    Sejujurnya gw jatuh cinta saat liat nih mobil dari luar. Tapi pas masuk kedalam..huft…lngsung putus cinta gw..

  • Luthfi Kurniawan

    Entahlah, rasanya ga ada yang spesial dari seri RS ini. Kalau mau cari desain yang bagus, Kia All New Carens jauh lebih mantap, kokoh dan rapi.

    • dui

      yah, mobil 200 jt lebih dikit di bandingin ama mobil yang 250 jt lebih.

  • carlovers

    menarik di luar dan dalam (walaupun menurut orang nobody likes it). lebih menarik lagi ngerasain mesin dengan tenaga paling gede dan makan bbm paling dikit. cuman agak susah nyari roof monitor/headrest monitor buat mobilio (yang cuman dikasih karet buat menaruh monitor di headrest.)

    • Andi

      Udah ada kok gan jualannya.

  • Ini Budi

    Untuk urusan mesin n design TOP banget, cuman di quality material nya aja yg bkin banyak pertimbangan.
    Ane pernah bawa yg E CVT malem2, kenapa kaca depan nya nge-blur yak klo kena cahaya (lampu rem dsb), apakah semua mobilio begitu ??

  • asep gumelar

    Honda memang mantap insa allah tambah unit ah

  • Arief

    Ane pengguna Mobilio RS matic. Secara perfomance mesin cukup OK. Bolehlah diajak ngebut dan terbilang masih cukup nyaman dgn kecepatan tinggi. Konsumsi BBM dapat 1:9/10L
    Sisi negatif yg tidak akan Anda ketahui kalau bukan pengguna sehari-hari.
    1. Power Windows bagian driver hanya bisa Auto Down, tidak bisa Auto Up. Konyol ga tuh? Padahal tertulis Auto di tombolnya. Jadi hati2 buat Anda yg menggunakannya. Jangan kaget.
    2. Rear Cameranya agak cembung dan tidak punya garis pemandu seperti yg ada di Mobilio Prestige. Entah kenapa kog di RS kualitas standarisasinya beda? Dijamin Anda mabuk dan bakal nabrak mobil sebelah Anda kalo parkir hanya ngandalin rear camera. Padahal sangat bermanfaat untuk kondisi malam hari,
    3. Firmwarenya entah kenapa ga bisa diupdate semua, padahal sudah ikutin petunjuknya. Dibawa ke Honda malah hanya direset saja. Masalah tetap tidak solved.
    4. Kualitas regulator power windowsnya sptnya kurang bagus, entah yg lain alami dan menyadari tidak. Ane punya baru 1.000KM sudah bunyi (pas turunkan/naikkan) kaca jendela ada suara seperti nyamgkut sesuatu, setelah dibawa ke Honda saat servive 1.000KM dinyatakan Regulatornya rusak dan akan digantikan dan indent sebulan. Untung masih garansi, jadi tunggu aja diganti.
    5. Spionnya tidak bisa dilipat otomatis
    6. RS keluaran ini belum dipasangkan Filter AC. Membingungkan padahal harga tidak seberapa.
    7. Tombol2 steering switch control, tombol2 power windows dsn power mirror, lock/unlock tidak ada pencahayaan sama sekali di setiap tombol tsb. Dijamin meraba2 bagi yg menggunakannya di malam hari.

    Semiga bermanfaat.

  • Baruno

    untung HRV udah di launching.
    mending nambahin puluhan jeti dapet HRV dengan feature lebih oke

  • Dodo

    Wah kalo gitu mending ertiga aja ya. Sy berharap di RS ini yg dibenahi sektor interiornya, tp rupanya fokusnya ke eksterior lagi, padahal sektor eksterior mobilio standarpun sdh cukup bagus dan menggoda.

  • kasynamidt

    Gan saya punya mobilio rs meti, mau nanya nih kenalpotnya suaranya agak bet bet gitu yaa kaya ada airnya gitu, itu kenapa tuh

  • Fahmi

    Test drive honda mobilio rs dong. Mau tau di videonya