Banyak Keluhan Konsumsi Oli Boros, Honda Perpanjang Garansi CR-V dan Accord Lama

by  in  Berita & Honda & International
Banyak Keluhan Konsumsi Oli Boros, Honda Perpanjang Garansi CR-V dan Accord Lama
0  komentar
Honda-CR-V-2008

AutonetMagz.com – Bagi anda pemilik Honda CR-V tahun 2010-2011 dan Accord tahun 2008-2011, ada baiknya menyimak berita ini. Honda global baru saja menyatakan mereka akan menambah masa garansi bagi pemilik sedan dan SUV tersebut, dikarenakan ada banyak komplain mengenai konsumsi pelumas yang cenderung boros. Jika masalah seperti ini terjadi pada mobil anda, Honda akan memperbaikinya secara gratis.

Menurut Consumer Reports, garansi mesin Accord dan CR-V akan diperpanjang hingga 8 tahun atau 125.000 mil. Memangnya apa sih penyebab borosnya penggunaan oli Accord dan CR-V? Penyebabnya adalah akibat kotoran mesin alias deposit yang menumpuk di bagian piston ring alias cincin piston.

honda-accord-mesin

Para teknisi Honda sudah dilatih untuk menguji konsumsi oli mesin, dan jika memang borosnya keterlaluan, Honda akan mengganti komponen pistonnya, bahkan kalau perlu, blok mesinnya akan sekalian diganti jika memang sudah rusak juga akibat kotoran yang menempel.

Kondisi seperti ini sebenarnya jarang terjadi, tapi jika memang ada kasusnya, kotoran bisa disebabkan dari cara perawatan dan berkendara pengguna. Jika oil control rings mulai terkena efek buruk kotoran, pelanggan bisa sering komplain tentang konsumsi oli yang di luar batas kewajaran,” demikian yang tertulis di service bulletin Honda.

Honda-Accord-V6

Lalu, apakah isu boros oli akibat kotoran-kotoran ini sepenuhnya salah manufaktur? Tidak juga, sebab menurut Honda, ini juga bisa karena konsumen teledor yang tidak bisa merawat mobilnya. Jika jadwal penggantian oli tidak rutin, suka berakselerasi keras, jarang memanaskan mesin dan gemar pakai bensin berkualitas jelek dari jaman batu, itu bisa memperpendek usia komponen mesin dan meningkatkan jumlah kotoran.

Nah, bagaimana, apa ada yang merasa mobilnya boros oli? Jangan keburu menyalahkan mobilnya, bisa jadi anda kurang perhatian sama mobil anda. Ini berlaku untuk semua mobil, tak hanya Accord dan CR-V saja. Pacar saja kalau kurang diperhatikan jadi ngambek, apalagi mobil. Bagaimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: