Bagaimana Menurutmu Jika Kaca Mobil Masa Depan Terbuat Dari Gorilla Glass?

by  in  Berita & Hi-Tech & International
Bagaimana Menurutmu Jika Kaca Mobil Masa Depan Terbuat Dari Gorilla Glass?
0  komentar
acura-nsx-2017

AutonetMagz.com – Empat merek mobil ternama, yakni Ford, Honda, Toyota dan VW sudah bergabung dalam riset untuk menciptakan bahan carbon fiber yang kuat, ringan namun murah. Itu dilakukan karena material eksotis ini sekarang mahal harganya, sehingga yang memakainya paling hanya supercar kelas wahid. Jika proyek ini nanti sukses besar, nanti jangan kaget kalau Honda Mobilio atau Toyota Agya pakai sasis berbahan carbon fiber (meski rasanya mustahil untuk sekarang).

Urusan material ringan bagi sasis dan bodi mobil sudah diurus, tapi ada bagian lain yang diperhatikan juga oleh para ilmuwan, yakni kaca mobil. Kaca yang sekarang dinilai sudah jadul teknologinya dan harus segera digantikan dengan bahan yang lebih canggih. Karena tak mungkin membuat kaca mobil dari serat karbon, maka produsen akan mempertimbangkan bahan yang sama dengan smartphone mahal milik anda sekarang : Gorilla Glass.

ford-GT-2017

Automotive News mengatakan, merek mobil seperti Ford sudah mulai serius untuk mempertimbangkan penggunaan Gorilla Glass – khususnya buatan Corning – untuk mobil massalnya. Kelebihan Gorilla Glass sangat banyak, yakni lebih tahan goresan, kuat dan ringan, dan hal itu menarik minat para produsen mobil untuk bekerja sama supaya Corning mau menyediakan kaca canggih itu untuk mobil mereka, tapi memangnya mereka mau?

Ya tentu mau-mau saja, apalagi pasti setiap mobil di seluruh dunia kan punya kaca, pasti jumlah permintaannya menjanjikan. Tinggal satu masalah klasik, yakni dana. Ongkos produksi Gorilla Glass sangat mahal dibandingkan membuat kaca biasa. Mungkin itulah salah satu faktor kenapa harga BMW i8 mahal, mengingat ia adalah contoh mobil yang kacanya sudah menggunakan Gorilla Glass untuk mengurangi bobot, dan bobot ringan artinya performa lebih baik dan konsumsi BBM lebih irit.

BMW i8 HD Wallpaper

PR bagi produsen mobil dan kaca canggih ini adalah : mereka harus menemukan metode pembuatan yang bakal menghasilkan kaca yang memiliki kelebihan seperti Gorilla Glass, cocok digunakan sebagai kaca mobil dan tidak terlalu mahal produksinya. Cara yang kini dipertimbangkan adalah pencampuran dengan material lain untuk menekan ongkos produksi.

So, besok-besok jangan heran ya kalau kaca mobilmu sudah berteknologi anti gores seperti smartphone. Apa pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: