Honda Freed 2015

AutonetMagz.com – Sejak Honda Prospect Motor menghentikan penjualan Stream, mereka langsung menggantikan posisi MPV andalan mereka dengan Freed yang merupakan pengembangan dari Honda Jazz. Beberapa tahun sejak diluncurkan, Freed menjadi primadona baru, terutama dengan King & Queen Seat dan Dashboard berkonsep Open Cafe yang menjadi andalannya, terutama setelah mengalami facelift pertamanya.

Honda Freed 2013 Dashboard

Ketika Mobilio mulai muncul, Freed sedikit terusik dengan kehadiran saudaranya itu, namun masih bisa bertahan berkat perbedaan harga yang mencolok. Namun, ketika Mobilio RS hadir, penjualan Freed mulai tergoyahkan, sebab Mobilio RS yang memiliki zona harga diatas 200 juta merupakan varian ultimate, sementara dengan selisih harga beberapa puluh juta saja, sudah bertengger Freed tipe A yang merupakan varian paling standar, sehingga tak sedikit konsumen yang tadinya berniat untuk membeli Freed, namun setelah munculnya Mobilio RS, mereka berpikir bahwa membeli Mobilio RS jauh lebih worth daripada Freed tipe A, karena mereka mendapatkan desain baru, gengsi sebuah varian ultimate, dan fitur yang bisa dibilang mirip-mirip. Terlebih lagi, Freed dan Mobilio sama-sama merupakan MPV 1.5 liter penggerak roda depan.

Honda Freed 2013 Interior hitam

Jadi, apa saja yang harus diubah oleh Honda untuk mempertahankan Freed? Pertama, perombakan eksterior sepertinya jadi syarat mutlak, apalagi tak semua orang menilai Freed adalah mobil yang enak dilihat. Jazz generasi ketiga pun sudah hadir, jadi tak ada alasan untuk menunda pengembangan Freed. Kedua, penggunaan mesin baru sepertinya juga jadi PR untuk Honda. Mungkin bisa mengambil mesin 1.8 liter atau 2 liter milik Civic jika tidak ingin membuat mesin baru dan menghemat ongkos, agar tidak berebut dengan Mobilio yang sama-sama bermesin 1.5 liter. Ketiga, penambahan ruang kabin juga akan menjadi kebutuhan mutlak untuk menegaskan bahwa Freed adalah sebuah MPV. Bila kabin Jazz baru saja sudah cukup luas menurut kami, bayangkan, seberapa luas Honda Freed baru jika Honda ingin mengembangkannya.

Honda Freed Hybrid Inside

Apakah anda punya saran apa saja yang harus diperbaiki dari Freed agar makin keren? Sampaikan saran anda di kolom komentar di bawah ini.

Tags : Honda Prospect Motor, Honda Indonesia, honda freed, honda freed baru, honda jazz,